Comscore Tracker

5 Pelajaran yang Harusnya Bisa Diambil dari Perbedaan Pendapat

#PanjatPoin Berbeda bukan berarti harus bermusuhan

Ketika bicara soal apa pun yang sedang terjadi atau hal-hal yang erat kaitannya dengan pendapat seseorang, wajar sekali jika kita memiliki pemikiran yang berbeda. Bahkan, jika dikumpulkan seratus orang sekalipun dan membahas satu isu yang sama, maka akan ada seratus pemikiran yang juga berbeda hasilnya. 

Sebenarnya, dari sudut pandang mana pun, tidak ada yang salah dari perbedaan pendapat. Hanya saja, sikap kita menanggapinya lah yang perlu lebih diperbaiki. Apalagi, dalam perbedaan pendapat, ada 5 pelajaran penting yang bisa diambil, nih.

1. Belajar untuk menghargai orang lain

5 Pelajaran yang Harusnya Bisa Diambil dari Perbedaan Pendapatunsplash/Andrea Tummons

Jika semua orang di dunia ini selalu memiliki pemikiran yang sependapat, maka kita gak akan pernah belajar cara menghargai orang lain. Pelajaran yang satu ini, bukan teori yang bisa kita pelajari di bangku sekolah hanya dengan membaca buku. Kita perlu praktik langsung agar benar-benar bisa menghargai pendapat orang lain.

2. Belajar soal perbedaan itu sendiri

5 Pelajaran yang Harusnya Bisa Diambil dari Perbedaan Pendapatunsplash/Anna Vander Stel

Selanjutnya, dari perbedaan pendapat kita tentu belajar soal perbedaan itu sendiri. Dengan mengerti bahwa semua manusia diciptakan berbeda-beda, kita gak akan pernah lagi melakukan bullying atau bahkan body shamming. Semua itu karena kita sudah tau bahwa Tuhan memang menciptakan manusia dengan beragam, baik secara fisik, karakter, maupun cara berpikir.

3. Belajar untuk melihat sesuatu di luar sudut pandang kita sendiri

5 Pelajaran yang Harusnya Bisa Diambil dari Perbedaan Pendapattlnt.com

Melalui adanya perbedaan pendapat, kita jadi mencoba belajar untuk keluar dari pemikiran kita sendiri. Kita akan mendapat sudut pandang lain dari apa yang kita punya. Tapi ingat, hal ini hanya bisa terjadi jika kita berusaha menjadi pendengar yang baik saat ada pendapat yang berbeda dengan kita. 

Baca Juga: Berbeda Pendapat Dengan Orang Tua Dalam Memilih Jurusan? Pahami 6 Tips Ini

4. Belajar menurunkan ego

5 Pelajaran yang Harusnya Bisa Diambil dari Perbedaan Pendapatmedicalxpress.com

Saat ada orang lain yang berbeda pendapat dengan kita, di situl ah kita wajib belajar menurunkan ego yang kita miliki. Memang manusia punya kecenderungan untuk merasa selalu benar. Jadi, saat di mana kita berbeda pendapat dengan orang lain, saat itulah kita punya kesempatan untuk melatih kesabaran dan keegoisan kita yang mungkin masih sangat labil dan mudah goyah ini.

5. Belajar soal kerja sama

5 Pelajaran yang Harusnya Bisa Diambil dari Perbedaan Pendapatmonster.com

Munculnya perbedaan pendapat tentu menimbulkan suatu pergolakan yang sering kali malah dalam skala yang cukup besar. Di sini lah kita dituntut untuk mencari solusinya bersama-sama. Maka gak salah dong kalau salah satu pelajaran yang bisa diambil dari perbedaan pendapat adalah belajar soal kerja sama. Kerja sama untuk menghasilkan suatu kesepakatan yang sama-sama disetujui kedua belah pihak.

Berbeda pendapat adalah hal yang wajar. Justru itu menunjukkan bahwa kita punya pemikiran yang kritis dan gak gampang dipengaruhi orang lain. Hal ini malah mengandung pembelajaran yang seharusnya bisa kita petik dan ambil hikmahnya.

Ingat ya, jangan melihat perbedaan pendapat sebagai pemecah belah, justru kita harusnya bisa belajar bekerja sama. Setuju?

Baca Juga: 5 Tips Merekatkan Persatuan Meski Beda Pendapat di Bulan Puasa

Desy Damay Photo Verified Writer Desy Damay

part time writer, half time teacher, and full time daughter. you can kindly send me an email to: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You