Comscore Tracker

5 Alasan Pentingnya Percaya pada Keputusan yang Kamu Ambil

Kuncinya adalah yakin dan percaya!

Siapa pun pasti pernah berada di situasi dimana kita dituntut untuk mampu mengambil sebuah keputusan. Entah itu untuk hal yang sifatnya sepele, atau bahkan yang bersifat sangat penting dan memberi pengaruh besar dalam hidup kita ke depannya.

Tentunya, ini bukanlah hal yang mudah. Akan ada banyak pertimbangan yang membuat kita galau dan dipenuhi rasa dilema. Kekhawatiran yang besar membuat kita bisa saja menghindari membuat keputusan atau malah menjerumuskan kita pada keputusan yang keliru.

Padahal, ketika sudah berada pada situasi dimana kita harus memutuskan sesuatu, intinya kita hanya harus percaya bahwa keputusan yang kita ambil adalah pilihan yang paling tepat. Kenapa begitu? Ini nih beberapa alasannya. 

1. Apa pun hasilnya kamu bisa menerima dengan lapang dada

5 Alasan Pentingnya Percaya pada Keputusan yang Kamu Ambililustrasi orang merenung (pexels.com/Stefan Stefancik)

Saat kita sudah yakin dengan keputusan yang dibuat, kita jadi bisa menerima hasilnya dengan lapang dada. Meskipun mungkin hasilnya gak akan seperti yang kita inginkan, akan tetap ada rasa penerimaan yang besar dari dalam diri kita. Ini karena kita sudah yakin bahwa keputusan kita itulah yang paling tepat.

2. Kamu lebih mudah belajar dari pengalaman

5 Alasan Pentingnya Percaya pada Keputusan yang Kamu Ambililustrasi wanita tersenyum (Pexels.com/Dominika Roseclay)

Meyakini keputusan yang diambil juga akan membuat kita melihat segalanya melalui sudut pandang yang berbeda. Gak ada lagi rasa ragu yang membuat kita menyalahkan orang lain ketika hasilnya gak sesuai dengan yang dibayangkan. Kita jadi mampu memetik hikmah atau pelajaran dari pengalaman dalam mengambil keputusan tersebut. 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Kurang Menghargai Keputusan yang Kamu Buat Sendiri

3. Meski nantinya terjadi kesalahan, kamu bisa bertanggung jawab penuh atas hal itu

5 Alasan Pentingnya Percaya pada Keputusan yang Kamu Ambililustrasi orang bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pastinya, gak semua hal akan berjalan mulus seperti yang kita inginkan. Terkadang, ada aja kendala atau kesulitan yang membuat semuanya sedikit berantakan. Saat keputusan yang kita ambil ternyata mendatangkan masalah, kita yang sudah yakin pun jadi bisa mempertanggungjawabkan hal itu dengan sepenuh hati. 

4. Jika hasilnya baik, kamu patut dan pantas untuk membanggakannya

5 Alasan Pentingnya Percaya pada Keputusan yang Kamu Ambililustrasi orang bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Siapa bilang merasa bangga pada pencapaian diri sendiri itu dilarang? Gak ada yang salah dengan hal itu apalagi jika semua itu memang murni hasil kerja kerasmu. Begitu pun dalam hal pengambilan keputusan. Saat apa yang kamu putuskan menghasilkan sesuatu yang baik, maka kamu bisa membanggakan hal tersebut.

5. Kepercayaan dirimu akan semakin terasah dan terus bertambah

5 Alasan Pentingnya Percaya pada Keputusan yang Kamu Ambililustrasi pasangan bahagia (Pexels.com/mentatdgt)

Keyakinan dalam mengambil keputusan juga erat kaitannya dengan rasa percaya diri yang kamu miliki. Setiap kali kamu memutuskan sesuatu dengan yakin, maka saat itulah kamu sebenarnya sedang meningkatkan kepercayaan dirimu. Seiring berjalannya waktu, jika kamu membiasakan hal ini, maka kamu juga jadi semakin bisa mengandalkan dirimu dan mempercayai apa pun yang kamu putuskan serta lakukan.

Mungkin, rasa ragu akan menghampirimu setiap kali sebuah keputusan harus kamu buat. Terutama jika hal itu merupakan sesuatu yang sifatnya krusial dan penting. Tapi, cobalah mengingat lima poin di atas agar kamu bisa meyakinkan diri untuk mengambil keputusan tanpa rasa bimbang. Siap mencoba?

Baca Juga: 5 Tips dalam Menyikapi Keputusan Hidupmu yang Diremehkan Orang Lain

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya