Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Berada di Lingkaran Pergaulan yang Positif

Bukan sekadar nasihat kosong!

Memiliki teman dan sahabat yang menyenangkan, nyambung, dan asyik adalah impian semua orang. Kamu juga wajib bersyukur jika teman-temanmu selama ini adalah mereka yang setia dan selalu menemani saat suka maupun duka. Namun, sudahkah kamu melihat lebih dalam dan bertanya pada diri sendiri, apakah lingkunganmu itu sudah positif?

Apakah mereka yang ada dalam lingkaran pergaulanmu merupakan orang-orang yang bisa memberikan dampak baik dan bukannya dampak buruk kepadamu? Kenapa sih kita harus mempermasalahkan hal itu? Ini nih jawabannya.

1. Karena salah satu yang membentuk kepribadianmu adalah lingkungan

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Berada di Lingkaran Pergaulan yang Positifunsplash/Priscilla Du Preez

Kamu pasti tahu dong kalau kepribadianmu selama ini salah satunya terbentuk dari lingkungan sekitar. Seiring bertambahnya usia, lingkungan pergaulan menjadi salah satu faktor utama yang membentuk sikap dan cara kita berinteraksi dengan orang lain.

Sejak masa-masa sekolah, kita sudah mulai menghabiskan waktu lebih sering dengan teman dibanding dengan orangtua kita di rumah, begitu pula saat kita memasuki masa kuliah, hingga dunia kerja.

2. Pola pikir dan cara kita mengatasi masalah juga seringkali berasal dari teman dan sahabat

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Berada di Lingkaran Pergaulan yang Positifunsplash/Alex Alvarez

Frekuensi waktu bersama sahabat dan teman yang begitu sering, tentu menciptakan pola pikir tersendiri dan cara unik untuk melihat suatu hal. Ketika lingkungan kita positif , kita juga jadi terbiasa melihat segala hal dengan pola pikir yang lebih positif. Dalam menghadapi masalah pun, kita jadi lebih tenang dan gak langsung mencari jalan pintas.

3. Bersama orang yang positif, pasti akan menular pada kita juga

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Berada di Lingkaran Pergaulan yang Positifunsplash/Kylie Haulk

Seperti halnya energi negatif yang mudah tertular, energi positif pun juga sama. Jadi, jangan kaget jika kita menjadi orang yang lebih baik, lebih sabar, lebih peduli, dan lebih-lebih lainnya dalam hal yang positif jika kita terbiasa bergaul dan berteman dengan orang-orang yang positif.

Baca Juga: 5 Dampak Positif Ketika Kamu Memiliki Sifat Jujur, Gak Bakal Rugi! 

4. Sehingga, gak peduli seberapa pelik masalah hidup, selalu ada teman positif untuk berbagi

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Berada di Lingkaran Pergaulan yang Positifunsplash/Omar Lopez

Berteman dengan orang-orang yang positif, membuat kamu merasa aman. Ketika memiliki masalah, misalnya, kamu tetap bisa yakin bahwa kamu punya teman untuk berbagi. Dan, yang paling penting adalah, serumit apa pun masalah tersebut kamu pasti akan menemukan solusi terbaik dari teman-temanmu itu. Iya gak?

5. Kamu akan lebih mudah menyebarkan energi positif pada mereka

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Berada di Lingkaran Pergaulan yang Positifunsplash/Trung Thanh

Tentu gak selamanya orang yang memiliki energi positif akan selalu positif dalam segala hal. Inilah yang menyebabkan kita memerlukan teman-teman di sekitar kita. Ketika ada yang mulai dipenuhi emosi tidak baik dan berlebihan, misalnya, maka akan ada teman lain yang mengingatkan. 

Memilih-milih teman tentu diperlukan, apalagi jika kita adalah orang yang mudah terpengaruh. Mencari teman dan berkumpul dengan mereka yang memiliki energi positif akan menghasilkan sesuatu yang positif pula. Seberapa positif lingkunganmu selama ini? 

Baca Juga: Pertemanan Merenggang di Usia 25 Tahunan Itu Wajar, Kok!

Desy Damay Photo Verified Writer Desy Damay

part time writer, half time teacher, and full time daughter. you can kindly send me an email to: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You