Comscore Tracker

Atur Budget, Pertimbangkan 5 Hal Ini Saat Keinginan Belanja Datang

Apakah harus dibeli sekarang?

Jiwa konsumtif kadang memang susah banget untuk dilawan. Kita jadi sulit mengendalikan diri ketika keinginan untuk berbelanja ini datang menyerang. Yang paling penting adalah kita perlu punya pengetahuan soal diri sendiri bahwa kita adalah seorang yang konsumtif. Kalau kita sendiri sudah sadar, maka langkah selanjutnya tentu akan lebih mudah.

Nah, buat kalian yang tau bahwa diri kalian adalah seorang yang konsumtif dan kebiasaan itu mulai berbahaya bagi keamanan finansial kalian, ada beberapa tips nih bahan pertimbangan yang bisa kalian ingat sebelum kebablasan belanja. Yuk simak.

1. Apakah barang tersebut masuk daftar kebutuhan atau keinginan

Atur Budget, Pertimbangkan 5 Hal Ini Saat Keinginan Belanja Datangunsplash/freestocks.org

Seringkali, kita belanja tanpa tau apakah barang tersebut adalah sebuah kebutuhan atau hanya sekadar keinginan aja. Ini nih yang bisa bikin kita disematkan sebagai seorang yang konsumtif. Hayo, mulai sekarang wajib punya pertimbangan yang satu ini sebelum beli sesuatu ya.

2. Jika kamu gak membelinya apa yang akan terjadi?

Atur Budget, Pertimbangkan 5 Hal Ini Saat Keinginan Belanja Datangunsplash/Joshua Rawson-Harris

Bahan pertimbangan berikutnya yang cukup penting adalah dengan memikirkan jika kamu gak membeli barang tersebut, kerugian apa yang akan kamu alami? Jika jawabannya hanya sekadar soal penilaian orang lain terhadapmu, atau bahwa kamu akan kepikiran barang tersebut selama berbulan-bulan, itu sih berarti masih belum urgent banget.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Menghilangkan Kebiasaan Belanja Berlebihan 

3. Daripada membelinya, bisakah kamu membuatnya?

Atur Budget, Pertimbangkan 5 Hal Ini Saat Keinginan Belanja Datangunsplash/Jasmin Schreiber

Pertanyaan selanjutnya adalah daripada membeli barang itu, bisa gak kamu membuatnya? Jika itu seputar makanan mahal yang lagi viral, atau barang-barang DIY yang bisa mempercantik dekorasi rumah, pastinya masih bisa kamu buat sendiri kan? Lebih baik asah kreatifitasmu di rumah, siapa tau bisa dijual dan malah mendatangkan keuntungan.

4. Berapa persen keuanganmu yang tersisa untuk dibelanjakan?

Atur Budget, Pertimbangkan 5 Hal Ini Saat Keinginan Belanja Datangunsplash/Green Chameleon

Dari penghasilan yang didapat selama satu bulan, kita harus punya anggaran. Berapa persen yang perlu untuk ditabung, berapa persen untuk membeli kebutuhan, dan berapa persen yang bisa digunakan untuk berbelanja barang-barang lain.

Nah, ingat-ingat lagi anggaran tersebut saat kamu ingin membeli sesuatu yang bukan kebutuhan pokok. Apakah anggarannya masih mencukupi?

5. Ingat juga apakah ada barang lain yang lebih kamu butuhkan

Atur Budget, Pertimbangkan 5 Hal Ini Saat Keinginan Belanja Datangpexels/Christina Morillo

Terakhir, yang cukup penting nih dan biasanya dilupakan banyak orang adalah apakah kamu punya barang lain yang justru lebih kamu butuhkan? Biasanya, kita akan teringat benda satu ini ketika sudah terlanjur membeli barang lain. Duh, jadi double deh pengeluarannya.

Berbelanja memang jadi sebuah aktivitas yang menyenangkan. Ini berlaku bagi siapa aja tanpa terkecuali lho. Namun, bukan berarti naluri untuk berbelanja tersebut bisa kita salurkan terus menerus tanpa henti. Nanti bisa-bisa kita jadi orang yang boros. Saat keinginan berbelanja datang, pertimbangkan dulu lima poin di atas ya. Siap mencoba?

Baca Juga: 5 Cara Efektif Menghilangkan Kebiasaan Belanja Impulsif, Patut Dicoba!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya