Comscore Tracker

5 Pikiran Negatif yang Bikin Kamu Takut Bertambah Dewasa, Wajar, kok!

Kamu gak sendirian, lho!

Masa depan yang belum jelas serta kesuksesan yang entah akan diraih atau gak, membuat banyak orang begitu khawatir dan bimbang. Ketakutan akan masa depan ini kemudian menjadi momok yang susah diatasi terutama bagi mereka yang mulai memasuki usia 20-an. Ini adalah masa ketika beban tanggung jawab mulai terasa saat sebelumnya hidup terasa indah-indah aja. 

Berbagai ketakutan seperti lima hal berikut pun sering membuatmu gampang menyerah dan merasa terombang-ambing. Padahal, gak cuma kamu yang merasakan kekhawatiran tersebut. Sebab, semua orang juga gak tau masa depannya akan seperti apa.

Kekhawatiran itu pun membuat kamu memiliki lima piliran negatif berikut ini. Alhasil, kamu pun kerap kali merasa takut untuk terus bertambah dewasa.

1. Gak punya keinginan dan impian

5 Pikiran Negatif yang Bikin Kamu Takut Bertambah Dewasa, Wajar, kok!ilustrasi merenung (Pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Merasa gak punya impian, cita-cita, atau keinginan yang spesifik di masa depan membuat kebanyakan orang jadi takut. Banyak yang takut harus menghadapi kegagalan nantinya sehingga impian pun terpaksa diciptakan untuk sekedar ikut-ikutan atau karena takut pada masa depan. Padahal, justru impian yang gak murni dari hatimu sendiri seperti ini akan rentan mendatangkan kegagalan. 

Tenang aja, jika saat ini kamu belum  punya impian. Kamu gak sendirian, ada banyak orang yang sepertimu. Cukup jalani hidup ini dengan versi terbaikmu, lambat laun mimpi itu akan tercipta dengan sendirinya. 

2. Merasa gak punya kelebihan

5 Pikiran Negatif yang Bikin Kamu Takut Bertambah Dewasa, Wajar, kok!ilustrasi merenung (Pexels.com/Yan Krukov)

Kedua adalah ketakutan karena merasa gak punya kelebihan. Setiap kali melihat orang lain berhasil mencapai sesuatu dalam hidupnya, kamu jadi insecure karena merasa gak akan mencapai apa-apa. Sebab, ketika orang lain sibuk mengasah kelebihan dan potensi dirinya, sedangkan kamu masih kebingungan apakah punya kelebihan atau gak. 

Sebenarnya, memikirkan hal semacam ini sampai berlebihan dan overthinking justru bikin kamu gagal mengetahui kelebihan yang dimiliki. Sebaliknya, lebih baik kamu fokus menjalani hari dengan positif. Kelebihanmu pun akan terlihat seiring bagaimana kamu melakukan dan mencoba berbagai hal baru. 

Baca Juga: 7 Sikap yang Bisa Jadi Indikasi Bahwa Dirimu Telah Bertambah Dewasa

3. Menganggap diri ini gak bisa melakukan apa pun

5 Pikiran Negatif yang Bikin Kamu Takut Bertambah Dewasa, Wajar, kok!ilustrasi merenung (pexels.com/Budgeron Bach)

Merasa punya sangat banyak kekurangan dan gak bisa melakukan apa-apa juga menjadi ketakutan tersendiri terutama bagi generasi milennial di zaman ini. Masa depan terasa buram dan gelap karena gak ada hal yang bisa mengantarkan mereka pada kesuksesan. 

Sekali lagi, ingatlah bahwa kamu gak sendiri. Perasaan semacam ini dimiliki oleh siapa aja bahkan oleh mereka yang dimatamu terlihat sangat sempurna. Cobalah untuk menghalau pikiran negatif seperti ini dan tantanglah dirimu setiap harinya untuk keluar dari zona nyaman dan mencoba banyak hal baru. 

4. Merasa gak punya privilege di mana pun

5 Pikiran Negatif yang Bikin Kamu Takut Bertambah Dewasa, Wajar, kok!ilustrasi saling bertatapan (Pexels.com/cottonbro)

Memang, ada beberapa orang yang berhasil meraih kesuksesan di usia muda berkat privilege yang dimiliki. Entah itu karena berasal dari keluarga kaya, karena good looking, dan lain sebagainya. Namun, ini bukan sesuatu yang patut dikhawatirkan. Karena hanya sekian persen orang yang demikian. 

Selebihnya, meraih kesuksesan itu perlu usaha dan kerja keras. Gak semua orang bisa melakukan dua hal tersebut dengan sungguh-sungguh. Jika kamu mampu, urusan privilege bukanlah sesuatu yang bisa bikin kamu takut bertambah dewasa. 

5. Masa depan yang masih gak tertebak

5 Pikiran Negatif yang Bikin Kamu Takut Bertambah Dewasa, Wajar, kok!ilustrasi orang sibuk (Pexels.com/Sora Shimazaki)

Ketakutanmu akan usia yang terus bertambah gak akan membuat kedewasaan itu semakin menjauh. Sebab bagaimanapun juga, kamu tetap akan berada di fase tersebut dan gak bisa menghindarinya.

Meski masa depan memang gak bisa ditebak, tapi setidaknya kamu bisa mengusahakannya. Teruslah berbuat baik dan melakukan hal yang baik. Apa yang kamu tanam di hari ini, akan dipetik di hari esok. 

Takut bertambah dewasa menjadi sesuatu yang umum dirasakan generasi muda. Beban tanggung jawab yang semakin besar, tekanan batin dan mental yang semakin kuat, tuntutan serta ekspektasi dari banyak pihak, semuanya memang butuh energi yang besar untuk dihadapi. Tapi tenang aja, semua pasti bisa kamu lalui, kok. Percaya, deh!

Baca Juga: 5 Cara Kreatif Atasi Pikiran Negatif yang Kerap Hampiri

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya