Comscore Tracker

5 Macam Reaksi Seseorang Ketika Diberi Saran, Ada yang Marah!

Ada juga yang dikasih saran malah ngambek

Ketika kita melakukan sesuatu untuk orang lain, jelas orang itu bebas memberikan respon apa pun. Termasuk juga dalam hal memberikan saran. Meski niat kita baik dan sama sekali gak ada maksud apa pun, ketika memberi saran akan ada aja berbagai respon yang muncul dari si yang bersangkutan. 

Respon ini bisa yang bersifat positif maupun negati. Semua respon tersebut harus bisa diterima. Sebab, niat kita ketika memberi saran bukan semata-mata untuk diterima dengan baik dan mendapat pujian, kan? Nah, ketika memberi saran, harus siap-siap sama lima macam respon orang berikut ini, deh.

1. Menerima dengan senang hati saran yang didapat dan berusaha mengaplikasikannya

5 Macam Reaksi Seseorang Ketika Diberi Saran, Ada yang Marah!ilustrasi mengobrol (pixabay.com/candid_shots)

Respon paling positif yang akan muncul dari seseorang ketika menerima saran adalah senang dan mengapresiasi orang yang memberinya saran. Bagi orang ini, saran yang dia terima merupakan bentuk kepedulian dan bahwa dia benar-benar diperhatikan. Sehingga, saran tersebut akan berusaha dia aplikasikan ke depannya. 

Terlebih, jika saran yang diterima memang bentuknya membangun dan sama sekali gak bertujuan menjatuhkan. Juga, disampaikan dengan cara yang baik dan gak bikin malu. Respon memang sangat berkaitan dengan cara pemberian saran tersebut.

2. Memilih untuk memikirkannya lagi berulang-ulang

5 Macam Reaksi Seseorang Ketika Diberi Saran, Ada yang Marah!ilustrasi merenung (unsplash.com/Luca Tacinelli)

Reaksi kedua adalah menerima dan memikirkannya hingga berulang-ulang. Orang yang sering memberikan respon seperti ini saat diberi saran biasanya memang suka overthinking dan dipenuhi kekhawatiran.

Dia takut kalau-kalau saran tersebut justru membuatnya melakukan kesalahan. Alhasil, berbagai pikiran pun membuat orang ini dipenuhi keraguan dan jadi gelisah. Saran memang bisa bikin orang seperti ini jadi banyak pikiran.

Baca Juga: 5 Bahaya Menyampaikan Kritik Destruktif, Rawan Konflik!

3. Membuat berbagai alasan yang sebenarnya merupakan penolakan atas saran tersebut

5 Macam Reaksi Seseorang Ketika Diberi Saran, Ada yang Marah!ilustrasi orang bicara (pexels.com/SHVETS production)

Selalu menolak saran yang diberikan dengan cara membuat alasan ini itu juga merupakan respon yang sebenarnya cukup negatif. Alih-alih langsung berkata, dia gak bisa menerima saran tersebut, orang yang suka memberi respon semacam ini justru senang mengelak dan membuat si pemberi saran jadi serba salah. 

Apa pun yang disarankan ditolak secara halus. Harusnya, bilang aja dari awal bahwa dirinya sedang gak membutuhkan saran. Dengan begitu orang lain jadi gak perlu merasa gak enak. 

4. Tersinggung dan marah

5 Macam Reaksi Seseorang Ketika Diberi Saran, Ada yang Marah!ilustrasi teman bertengkar (pexels.com/Liza Summer)

Respon negatif berikutnya adalah tersinggung dan marah saat mendapat masukan. Siapa pun yang berusaha memberikan saran akan dia jadikan daftar orang yang gak disukai. Orang semacam ini biasanya punya pemikiran bahwa saran yang datang merupakan bentuk kritik dan hinaan yang diperhalus. 

Padahal, saran biasanya diberikan demi kebaikan dirinya juga. Hanya saja hatinya sudah tertutup oleh fakta tersebut dan lebih suka mengambil kesimpulan sendiri. 

5. Cuek dan cenderung mengabaikan

5 Macam Reaksi Seseorang Ketika Diberi Saran, Ada yang Marah!ilustrasi cuek (freepik.com/benzoix)

Nyatanya, bersikap cuek dan mengabaikan saran yang datang juga merupakan respon negatif, lho. Orang yang memberi saran bisa aja merasa diacuhkan dan jadi tersinggung atas respon semacam ini. Padahal mereka sudah berusaha meluangkan waktunya untuk memberi perhatian, tapi malah diabaikan begitu aja. 

Meski respon yang ditunjukkan saat menerima saran adalah hak masing-masing orang, tapi jangan lupa tetap jadi orang yang positif, ya. Berusaha melihat segalanya dari sudut pandang yang baik dan bahwa saran tersebut merupakan bentuk kepedulian. 

Meski terkadang kita harus menerima kenyataan bahwa apa yang sudah dihasilkan atau lakukan, ternyata masih kurang di mata orang lain. Namun, saran yang diberikan adalah demi kebaikan kita juga agar nantinya bisa menjadi lebih baik. Kalau kamu, suka memberi respon seperti apa saat diberi saran, nih? 

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Meninjau Ulang Masukan dan Saran yang Diterima

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya