Comscore Tracker

Ingat 5 Hal Ini Sebelum Keinginan untuk Mengeluh Muncul dalam Dirimu

Mengeluh bikin capek, kan?

Kebiasaan mengeluh tampaknya sudah jadi budaya dalam masyarakat kita yang cukup sulit untuk dihilangkan. Gak jarang, bahkan ketika mendapat sebuah keberuntungan pun kita jadi mengeluh. Kalimat seperti, aduh, kerjaanku kok banyak banget, atau aduh, rumahku kok besar banget, jadi capek deh bersihinnya, dan keluhan-keluhan lain seperti ini justru jadi tanda bahwa kita amat kurang bersyukur.

Parahnya, ketika terbiasa mengeluh, kita jadi sering melakukan hal ini berulang-ulang dan gak merasa tindakan itu sebagai sesuatu yang salah. Wah, gawat banget 'kan? Sebagai pengingat, yuk renungkan kembali lima hal berikut ini setiap kali kamu ingin mengeluh.

1. Ada banyak orang yang ingin berada di posisimu saat ini

Ingat 5 Hal Ini Sebelum Keinginan untuk Mengeluh Muncul dalam Dirimupexels.com/rawpixel.com

Saat ini, mungkin kamu merasa ada banyak banget hal yang ingin kamu keluhkan. Beban hidup memang terasa gak ada habis-habisnya. Tapi ingat, ada banyak orang yang ingin berada di posisimu lho. Terutama mereka yang gak lebih beruntung dari kamu. Jadi, ngapain mengeluh?

2. Ingat juga masa-masa suram yang sudah kamu lewati, kamu berhasil 'kan melaluinya?

Ingat 5 Hal Ini Sebelum Keinginan untuk Mengeluh Muncul dalam Dirimupexels.com/Leah Kelley

Saat ini masalah terasa luar biasa berat. Seolah-olah kamu gak akan bisa melaluinya dan rasanya ingin mati aja. Duh, jangan sampai deh kepikiran begini ya. Coba, kamu ingat lagi masa-masa suram yang sudah berlalu. Bukankah saat itu masalahnya juga rerasa seberat sekarang? Tapi kamu berhasil kan melaluinya?

Baca Juga: Tahan, Jangan Sampai Kamu Mengeluh pada 5 Orang Ini! 

3. Apa yang kamu keluhkan itu bisa jadi adalah apa yang ingin orang lain miliki

Ingat 5 Hal Ini Sebelum Keinginan untuk Mengeluh Muncul dalam Dirimufamilysearch.org

Daripada mengeluh, coba deh kamu renungkan, jangan-jangan apa yang ingin kamu keluhkan itu adalah apa yang orang lain inginkan. Anak yang bandel adalah keinginan dari mereka yang belum bisa punya anak, rumah yang reyot adalah apa yang diinginkan oleh mereka yang gak punya rumah, dan lain sebagainya. Mengeluh cuma bikin matamu tertutup dari fakta satu ini, 'kan?

4. Pikirkan lagi apakah mengeluh akan mampu menyelesaikan masalah

Ingat 5 Hal Ini Sebelum Keinginan untuk Mengeluh Muncul dalam Dirimuunsplash/Lacie Slezak

Jika melakukan tiga hal di atas terasa susah karena masalahmu teramat sangat berat dan gak ada pemecahannya. Ingat lagi poin yang satu ini. Apakah mengeluh dan merutuki nasib bisa membuat kamu keluar dari masalah yang ada? Jika memang iya sih silahkan aja dilakukan. Tapi, bukankah jawabannya gak?

5. Daripada mengeluh, bukankah lebih baik bersyukur?

Ingat 5 Hal Ini Sebelum Keinginan untuk Mengeluh Muncul dalam Dirimuunsplash/Fuu J

So, daripada kamu sibuk membuat daftar keluhan semakin panjang setiap harinya, yuk mencoba sesuatu yang lebih bermanfaat. Yaitu dengan menambah panjang daftar hal-hal yang bisa kamu syukuri. Walaupun dengan cara ini masalahmu juga gak bisa selesai, paling gak, ada setitik kebahagiaan yang tumbuh dalam dirimu dan bisa menjadi penyemangat untuk menghadapi hari.

Mengeluh jangan sampai jadi kebiasaan yang kita sepelekan ya. Dampaknya bisa besar banget dalam pola pikir kita dan bagaimana kita menghadapi suatu masalah. Daripada mengeluh, yuk bersyukur aja. Gimana, guys?

Baca Juga: 5 Cara Keliru Menghadapi Rekan Kerja yang Hobi Mengeluh

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya