Comscore Tracker

Selain Biaya, 7 Hal Ini Harus Kamu Perhatikan Saat Memilih Kos-kosan

Harus cerdas saat memilih kos, ya

Kost adalah rumah kedua bagi anak perantau baik yang kuliah maupun bekerja. Nantinya, kost ini akan menjadi tempatmu melakukan kegiatan yang sering kamu lakukan di rumah, seperti beristirahat, makan, memasak, mencuci, dan lainnya. Oleh karena itu, kamu gak bisa sembarangan memilih tempat kost, lho. Salah-salah, nanti kamu merasa gak nyaman dan jadi gak betah.

Makanya beberapa poin dibawah ini sangat perlu kamu pertimbangkan saat mulai memilih kost-kostan. 

1. Keamanan lingkungan di sekitar kost

Selain Biaya, 7 Hal Ini Harus Kamu Perhatikan Saat Memilih Kos-kosanunsplash/@brazofuerte

Siapa sih yang nyaman kalau tinggal di tempat yang sering terjadi tindakan kriminal seperti pencurian dan lainnya? Makanya, keamanan merupakan faktor penting yang harus kamu pertimbangkan. Caranya, kamu perlu menanyakan kepada orang sekitar atau kepada penghuni kost sebelumnya.

2. Kebersihan lingkungan

Selain Biaya, 7 Hal Ini Harus Kamu Perhatikan Saat Memilih Kos-kosanunsplash/@bundo

Kebersihan lingkungan, terutama area sekitar kost. Kamu juga gak bisa menilai begitu saja dengan sekali datang berkunjung. Karena biasanya pemilik kost sudah membersihkan kostnya sebelum kamu datang. Lakukan kunjungan beberapa kali jika memungkinkan tanpa memberi tahu pemilik kostnya maka kamu akan bisa melihat seberapa bersih tempat tersebut.

3. Akses menuju kost

Selain Biaya, 7 Hal Ini Harus Kamu Perhatikan Saat Memilih Kos-kosanunsplash/@florenciapotter

Akses atau jalan menuju kost-an haruslah gak menyulitkan kamu nantinya sebagai penghuni baru disitu. Jalan yang sulit ditempuh dan gampang bikin tersesat mungkin akan menyulitkanmu. Walaupun biasanya kost-an yang seperti ini agak lebih murah dibanding kost yang letaknya dekat jalan raya.

Baca Juga: 10 Makanan yang Tahan Lama Tanpa Masuk Kulkas, Cocok buat Anak Kost!

4. Jam malam

Selain Biaya, 7 Hal Ini Harus Kamu Perhatikan Saat Memilih Kos-kosanunsplash/@yoelpetterson

Saat melihat-lihat kost, kamu mungkin gak akan diberi tahu oleh pemilik kost bahwa ada jam malam yang diterapkan. Kamu harus menanyakan hal ini terlebih dahulu. Meskipun demi alasan keamanan, beberapa orang ada yang merasa terganggu dengan adanya jam malam. Jika kamu gak keberatan, maka boleh-boleh saja kamu menempati kost yang memiliki jam malam.

5. Pemilik kost

Selain Biaya, 7 Hal Ini Harus Kamu Perhatikan Saat Memilih Kos-kosanunsplash/@waldemarbrandt67w

Keramahan dan sikap pemilik kost juga akan menjadi salah satu faktor yang membuat kamu betah disitu atau gak. Hal ini bisa kamu nilai dari kesan pertama atau setelah beberapa kali kunjungan ke situ. Bisa juga kamu tanyakan pada penghuni kost tersebut. 

6. Teman satu kost

Selain Biaya, 7 Hal Ini Harus Kamu Perhatikan Saat Memilih Kos-kosanunsplash/@designecologist

Teman satu kost juga memberikan pengaruh kenyamanan, lho. Kamu mungkin akan berpapasan dengan beberapa dari mereka saat melihat-lihat kost itu. Nah dari situ kamu bisa lihat bagaimana respon mereka menghadapi kamu yang merupakan calon teman kost mereka.

7. Sirkulasi udara di kamar kost

Selain Biaya, 7 Hal Ini Harus Kamu Perhatikan Saat Memilih Kos-kosanunsplash/@annetran

Gak sedikit kamar kost yang membuat saluran udara yang sangat minim untuk penghuninya. Hal ini bisa mempengaruhi kelembaban ruangan dan tentu akan berimbas pada nyaman tidaknya kamu nanti di kamarmu sendiri. Jadi, saat melihat-lihat kamar kost, kamu perlu mengecek hal ini juga ya.

Semoga bisa dapetin kamar kost yang sesuai keinginan dan sesuai di kantong juga ya.

Baca Juga: Anak Kost, Inilah 10 Cara Tidur Pakai Kipas Angin yang Benar dan Sehat

Desy Damay Photo Verified Writer Desy Damay

part time writer, full time daughter..,, you can kindly email me: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You