Comscore Tracker

5 Cara Agar Semakin Bertambah Usia Kamu Juga Semakin Dewasa

Dewasa gak cuma soal jumlah umur!

Seiring berjalannya waktu, tentu bertambah juga usia kita. Dari tahun ke tahun, pertambahan usia mengantarkan kita dari status bayi, balita, anak-anak, remaja, dewasa, hingga tua. Sayangnya, masih banyak orang yang sebenarnya sudah berada di rentang usia dewasa namun gak jadi dewasa dari segi pola pikir dan sikap.

Mereka merasa selalu remaja, atau yang parah adalah sebagian dari mereka justru selalu merasa masih anak-anak. Ada beberapa hal nih yang perlu kita praktikkan pada diri sendiri agar semakin bertambah usia, kita juga jadi semakin dewasa. 

1. Belajar dari setiap kesalahan yang dilakukan

5 Cara Agar Semakin Bertambah Usia Kamu Juga Semakin Dewasaunsplash/Antonino Vinsalli

Dalam hidup, tentu gak selamanya yang kita lakukan itu benar. Terkadang, kita melakukan kesalahan-kesalahan yang membuat kita merasakan dampak dari kesalahan tersebut baik secara langsung maupun gak.

Nah, hal yang wajib kita lakukan adalah membuat catatan dalam diri untuk gak mengulangi kesalahan yang sama. Karena bagaimanapun juga, cuma orang gak dewasa lah yang terus melakukan kesalahan tanpa belajar dari pengalaman.

2. Selalu menerima kritik dengan lapang dada

5 Cara Agar Semakin Bertambah Usia Kamu Juga Semakin Dewasaunsplash/Yolanda Sun

Jika kamu ingin berubah menjadi lebih baik, ingin menjadi pribadi yang terus berproses ke arah yang lebih positif, maka salah satu caranya adalah tentu dengan terbuka pada kritik yang kamu dapatkan. Kritik gak selalu bersifat menjatuhkan kok, terkadang, ada juga kritik yang justru membangun dan membuat kamu tau apa yang baik dan gak baik untuk dirimu.

Baca Juga: 5 Manfaat Bermain Game bagi Orang Dewasa, Bisa Memperlambat Penuaan

3. Belajar mengurangi sifat egois dalam diri

5 Cara Agar Semakin Bertambah Usia Kamu Juga Semakin Dewasaunsplash/Priscilla Du Preez

Sedari kecil, kita mungkin punya respons untuk menangis ketika mainan direbut. Beranjak remaja, kita juga merasa sedih ketika sahabat kita mulai berteman dengan orang lain. Nah, dari semua hal tersebut, harusnya ketika bertambah dewasa kita berusaha untuk mengurangi rasa egois yang ada dalam diri. Keegoisan itu mestinya kita tinggalkan di masa lalu kita dan gak lagi kita bawa di kehidupan sekarang.

4. Lebih banyak menyerap hal-hal yang bermanfaat dari lingkungan sekitar

5 Cara Agar Semakin Bertambah Usia Kamu Juga Semakin Dewasaunsplash/Omar Lopez

Jika ingin menjadi lebih dewasa, kita perlu banget untuk lebih cerdas dalam membedakan hal yang baik dan gak. Mengambil segala hal yang memiliki manfaat dan meninggalkan semua yang berisi banyak mudarat.

Meski akan ada beberapa kesalahan yang mungkin masih kita lakukan, namun jangan menyerah untuk terus belajar memilah dan memilih hal-hal yang ingin kita masukkan dalam daftar kehidupan kita.

5. Belajar menerima tanggung jawab

5 Cara Agar Semakin Bertambah Usia Kamu Juga Semakin Dewasaunsplash/olga serjantu

Terakhir tapi juga merupakan kunci utama kedewasaan nih, yaitu tanggung jawab. Siapa pun yang sudah bisa mengemban tanggung jawab dengan baik, bisa dibilang sudah mulai melangkah menuju tingkat kedewasaan dalam hidup. Baik itu tanggung jawab terhadap diri sendiri, pekerjaan, hingga yang jenjangnya lebih serius seperti membina rumah tangga.

Usia yang bertambah memang sangat tidak terasa. Hari berganti, tahun berlalu, hingga kita sampai di usia yang sudah gak bisa lagi dibilang sebagai anak-anak.

Usia memang gak menggambarkan kedewasaan yang ada. Tapi kamu mau kan untuk terus belajar menjadi dewasa secara pola pikir dan sikap secara seutuhnya?

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Tak Mudah Patah Hati, Paling Dewasa Saat Putus Cinta

Desy Damay Photo Verified Writer Desy Damay

part time writer, half time teacher, and full time daughter. you can kindly send me an email to: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You