Comscore Tracker

Hati-hati, Bangga Berlebihan Bikin Kamu Punya 5 Sifat Buruk Ini

Ingat, di atas langit masih ada langit!

Mencapai suatu hal tentu mendorong kita untuk memiliki rasa bangga dalam diri. Rasa bangga ini adalah hal yang datang dalam diri kita dan tentu saja berada di bawah kendali kita. Jangan sampai yang terjadi malah sebaliknya.

Karena ketika kita memiliki rasa bangga yang berlebihan, kita akan memiliki 5 sifat buruk yang nantinya akan merugikan kita sendiri lho. Ini, nih 5 sifat buruk tersebut.

1. Suka pamer

Hati-hati, Bangga Berlebihan Bikin Kamu Punya 5 Sifat Buruk Iniunsplash/freestocks.org

Saat kita merasa pencapaian yang kita miliki adalah sesuatu yang luar biasa, hati-hati, sifat suka pamer bukan gak mungkin akan menyerang kita. Tanpa kita sadari, kita akan mulai membicarakan pencapaian tersebut kepada orang lain. Itu bisa membuat orang lain merasa iri dan bahkan merasa muak dengan kita, lho. Gak mau kan kalau sampai hal itu kejadian?

2. Suka merendahkan orang lain

Hati-hati, Bangga Berlebihan Bikin Kamu Punya 5 Sifat Buruk Iniunsplash/Priscilla Du Preez

Rasa bangga yang sudah menyelimuti diri dengan kapasitas yang berlebihan, kamu mungkin akan memandang rendah orang lain. Kamu merasa bahwa gak ada yang lebih hebat darimu dan apa pun yang orang lain lakukan seolah gak semembanggakan pencapaianmu. Merendahkan orang lain seperti ini bisa membuat kamu tumbuh menjadi orang yang sombong.

Baca Juga: Ingin Lebih Percaya Diri, 5 Cara ini Bisa Kamu Lakukan 

3. Merasa sebagai yang paling benar

Hati-hati, Bangga Berlebihan Bikin Kamu Punya 5 Sifat Buruk Iniunsplash/NeONBRAND

Akibat rasa banggamu yang terlalu besar pada diri sendiri, kamu juga mungkin sekali akan merasa sebagai yang paling benar. Padahal, kita semua tahu bahwa sebagai manusia kita tentu gak lepas dari salah dan khilaf. Jika terus menerus merasa sebagai yang paling benar, kita akan dicap jelek oleh orang sekitar.

4. Gak terima saat mengalami kegagalan

Hati-hati, Bangga Berlebihan Bikin Kamu Punya 5 Sifat Buruk IniPexels/ Vireshstudio photographer

Orang yang memiliki rasa bangga berlebihan dalam dirinya akan sangat terpuruk ketika mengalami kegagalan. Ruginya, rasa terpuruk ini bisa saja membuat kamu gak mau mencoba kembali dan takut menghadapi kegagalan yang sama lagi. Ketika dihadapkan pada kegagalan, seseorang seperti ini akan kehilangan semangat hidupnya dan seolah gak ingin melakukan apa pun lagi.

5. Ego yang semakin tinggi

Hati-hati, Bangga Berlebihan Bikin Kamu Punya 5 Sifat Buruk Iniunsplash/Alex Mihai C

Pencapaian yang semakin banyak, karier yang semakin menanjak, kesuksesan yang berada tepat di depan mata memang sangat membutakan dan bisa saja membuat kita memiliki rasa bangga yang berlebihan. Rasa inilah yang akan menarik kita semakin dalam ke jurang egoisme yang akan sulit dilepas begitu saja.

Makanya wajib banget bagi kita semua untuk menghindarkan diri dari perasaan bangga yang terlalu berlebihan. Bangga saat berhasil mencapai sesuatu memang gak salah untuk dirasakan. Selama, gak berlebihan dan kemudian mendorong kita untuk mencapai hal lain dalam hidup tanpa merendahkan orang lain.  

Baca Juga: 5 Hal Positif yang Akan Kamu Rasakan Ketika Mencintai Diri Sendiri

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya