Comscore Tracker

Gila Pujian, Mungkin Kamu Punya 5 Sifat yang Wajib Dikoreksi Ini

Jangan-jangan kamu punya rasa sombong!

Mendapatkan suatu pujian, baik soal fisik, kemampuan akademis, kehebatan dalam suatu karya, dan lain sebagainya memang selalu berhasil membuat kita senang. Hal ini wajar adanya, karena terkadang kita memang memerlukan pengakuan dari orang lain bahkan untuk hal-hal yang sebenarnya sudah kita ketahui. Jika perasaan senang muncul ketika kita dipuji, maka jangan lupa untuk tetap rendah hati ya.

Jangan sampai kita menjadi orang yang gila pujian dan selalu melakukan segala hal hanya untuk mendapatkan pengakuan dari pihak luar yang bahkan mungkin gak mengenal kita dengan baik. Karena, seseorang yang gila pujian, kemungkinan punya lima sifat gak baik berikut ini nih. Yuk kita koreksi diri sama-sama.

1. Suka pamer

Gila Pujian, Mungkin Kamu Punya 5 Sifat yang Wajib Dikoreksi Iniunsplash/Julian Schröpel

Seseorang yang gila pujian biasanya memiliki rasa ingin pamer yang berlebihan. Karena mengharapkan apresiasi dari orang lain secara terus menerus, maka dia akan melakukan berbagai cara untuk selalu eksis dan dianggap memiliki berbagai kelebihan dalam hidupnya. Entah itu di dalam kehidupan pribadi, atau pekerjaan, atau bisa juga soal gaya hidupnya.

2. Sombong

Gila Pujian, Mungkin Kamu Punya 5 Sifat yang Wajib Dikoreksi Iniunsplash/Sharon McCutcheon

Membiarkan diri diliputi perasaan gila pujian, akan menjadikan kita sosok yang sombong. Dengan mudahnya, kita memandang orang lain jelek hanya karena kita selalu dipuji cantik atau tampan. Atau, bisa juga kita jadi gampang mengacuhkan orang lain hanya karena kekayaan yang kita miliki melebihi sebagian yang lain. Padahal, semua itu sifatnya gak abadi dan sangat mungkin keadaan tersebut berbalik 180 derajat.

Baca Juga: Jangan Asal Ucap, 5 Hal Ini Bikin Pujian Jauh Lebih Bermakna

3. Tinggi hati

Gila Pujian, Mungkin Kamu Punya 5 Sifat yang Wajib Dikoreksi Iniunsplash/Jonas Kakaroto

Orang yang gila pujian juga memiliki bibit-bibit rasa tinggi hati dalam dirinya. Hasrat berlebih untuk dipandang takjub oleh orang sekitar sangat mungkin membuat kita dengan mudahnya merendahkan siapa saja yang dirasa gak sepadan dengan kita. Duh, jangan sampai kita jadi pribadi yang seperti ini.

4. Merasa orang lain gak sehebat dirimu

Gila Pujian, Mungkin Kamu Punya 5 Sifat yang Wajib Dikoreksi Iniunsplash/Mimi Thian

Memandang sebelah mata pada orang lain juga biasanya ada pada diri orang yang gila pujian. Dia merasa dirinya begitu terhormat dan gak ada yang bisa menandinginya dalam segala hal. Dengan kata lain, orang seperti ini cenderung untuk mencari cela orang lain hanya agar dia merasa lebih baik.

5. Merasa bahwa yang kamu miliki itu abadi

Gila Pujian, Mungkin Kamu Punya 5 Sifat yang Wajib Dikoreksi Iniunsplash/NeONBRAND

Gila pujian juga bisa berasal dari perasaan bahwa yang kita miliki saat ini akan bertahan untuk selama-lamanya. Misal, bagi mereka yang tengah berada di puncak kesuksesan, setelah melakukan berbagai cara untuk selalu dianggap tanpa cela, mereka selalu lupa darimana semua itu berasal dan bahwa gak ada yang abadi di dunia ini.

Kesuksesan, kerupawanan, kekayaan, atau apapun itu yang sifatnya duniawi, sebenarnya hanya sementara. Dan yang pasti, bukan kitalah pemilik segala hal tersebut, tapi Yang Maha Kuasa sedang menitipkannya pada kita.

Makanya, wajib banget untuk kita sadari bahwa seberapa banyak pun pujian yang kita dapatkan gak akan membuat kita bahagia seutuhnya. Justru, ketika kita memberi manfaat bagi sesama, di situlah letak kebahagiaan yang sesungguhnya.

Baca Juga: Gak Usah Canggung, Ini 7 Cara Baik Menerima Pujian dari Orang Lain

Desy Damay Photo Verified Writer Desy Damay

part time writer, half time teacher, and full time daughter. you can kindly send me an email to: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You