Comscore Tracker

5 Sisi Positif dari Kebiasaan Overthinking, Harus bisa Dikendalikan!

Karena overthinker selalu penuh persiapan dan perencanaan

Overthinking memang merupakan sesuatu yang negatif dan gak semestinya kita jadikan kebiasaan. Namun, bukan berarti kita jadi harus sepenuhnya menganggap overthinking sebagai kebiasaan buruk yang selalu disalahkan. Karena, terkadang overthinking juga bisa menjadi penolong, lho. 

Jika saat overthinking kita gak melakukan hal-hal yang terlarang, sebenarnya manusiawi banget kok kalau pada saat-saat tertentu kita jadi berlebihan dalam memikirkan sesuatu.

Sadar atau gak, pikiran kita yang terlalu berlebihan ini nyatanya memiliki beberapa sisi positif yang gak boleh kita abaikan. Ini nih lima di antaranya. 

1. Kita jadi bisa mempersiapkan rencana B, C, dan seterusnya

5 Sisi Positif dari Kebiasaan Overthinking, Harus bisa Dikendalikan!ilustrasi orang berpikir (pexels.com/Thegiansepillo)

Saat menghadapi suatu momen tertentu, kita memang jadi gampang banget overthinking. Apalagi jika momen ini benar-benar penting bagi kita. Pasti deh berbagai perencanaan jadi terpikirkan begitu aja. 

Nah, di sinilah kita bisa memanfaatkan sisi positif dari kebiasaan overthinking tersebut. Siapkan rencana B, C, dan seterusnya untuk berjaga-jaga jika rencana A gak berjalan sesuai harapan. 

2. Lebih siap dengan kemungkinan terburuk

5 Sisi Positif dari Kebiasaan Overthinking, Harus bisa Dikendalikan!ilustrasi orang berpikir (pexels.com/Masha Raymers)

Seorang yang sering overthinking pasti akan lebih siap dengan kemungkinan terburuk. Semua hal memang selalu dipikirkan hingga ke akar-akarnya jika overthinking sudah datang menyerang. Meski gak baik, pemikiran ini bisa cukup membantu.

Dengan adanya overthinking ini, kita jadi gak kaget dan kecewa berlebihan saat kemungkinan terburuk tersebut benar-benar kejadian. Yang penting, jangan dipikirkan secara berlebihan sampai membahayakan kesehatan, ya. 

 

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Bikin Mental Makin Rapuh, Hindari Overthinking!

3. Setiap keputusan yang diambil sudah berdasarkan pemikiran yang mendalam

5 Sisi Positif dari Kebiasaan Overthinking, Harus bisa Dikendalikan!ilustrasi orang berpikir (pexels.com/cottonbro)

Namanya juga overthinking, tentu kita sudah memikirkan segala hal sebelum memutuskan sesuatu. Dilihat dari sisi positifnya, kita jadi orang yang gak akan teledor ataupun sembarangan dalam mengambil keputusan. Semua sudah kita pertimbangkan dan perkirakan dengan baik.

Namun ingat, bagaimanapun jangan sampai kita terlalu lama memikirkan sesuatu hingga melewatkan sebuah kesempatan emas yang gak akan kembali dua kali. 

4. Mampu melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang

5 Sisi Positif dari Kebiasaan Overthinking, Harus bisa Dikendalikan!ilustrasi orang berpikir (pexels.com/Julia M Cameron)

Kebiasaan overthinking juga akan membuat kita jadi sosok yang bisa melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang. Gak cuma bikin kita lebih objektif, kebiasaan ini juga akan membuat kita gak gampang menyalahkan orang lain. Jika mampu mengendalikannya dengan baik, terbiasa memikirkan berbagai hal justru ada baiknya juga.

Meski begitu, cobalah untuk gak terlalu memusingkan segala hal secara berlebihan ya. Ada kalanya kita perlu membiarkan sesuatu berjalan apa adanya. 

5. Selalu bisa belajar dari pengalaman pahit yang menimpa

5 Sisi Positif dari Kebiasaan Overthinking, Harus bisa Dikendalikan!ilustrasi orang bekerja (pexels.com/Anna Shvets)

Seorang yang overthinking memang paling susah melupakan kejadian yang sudah berlalu. Terutama jika kejadian tersebut berisi pengalaman pahit. Pastinya, adegan demi adegan akan terus terulang dalam benaknya. 

Meski terdengar seperti menambah beban pikiran yang ada, hal ini juga ada baiknya, lho. Dengan begini, kita justru lebih gampang mengambil pelajaran dari pengalaman pahit tersebut.

Segala hal selalu memiliki sisi positif jika kita mau menelaah lebih dalam. Termasuk juga kebiasaan buruk seperti overthinking. Tapi tetap perlu diingat bahwa kita wajib mengendalikan kebiasaan ini agar jangan sampai mengacaukan aktivitas serta mengganggu kesehatan. Setuju, guys

Baca Juga: Buat Para Overthinker, Ini 5 Cara Terbebas dari Overthinking

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya