Comscore Tracker

5 Pikiran Negatif yang Harus Disingkirkan jika Ingin Sukses Berbisnis

Berhenti mencari alasan!

Siapa nih di sini yang punya keinginan untuk mulai berbisnis dan punya usaha sendiri tapi masih diliputi keraguan? Rasa ragu ini bisa muncul dari pikiran sendiri, bisa juga tumbuh karena omongan negatif dari orang sekitar. Apa pun itu, keinginan untuk berbisnis adalah hal yang harusnya gak kita pertimbangkan terlalu lama, lho.

Pasalnya, dalam berbisnis dan membuka usaha, kita hanya perlu niat dan tekad yang kuat. Selebihnya, semuanya bisa dipelajari, dibenahi, dan terus dikembangkan seiring berjalannya bisnis tersebut. Apa aja sih pikiran-pikiran negatif yang harus kita singkirkan agar bisa segera memulai sebuah usaha sendiri? Ini nih poinnya. 

1. Merasa sudah terlalu tua atau masih terlalu muda

5 Pikiran Negatif yang Harus Disingkirkan jika Ingin Sukses Berbisnispexels/Startup Stock Photos

Pertama, buat kalian yang sudah terlalu tua atau bahkan masih terlalu muda dalam memulai sebuah usaha, wajib banget menyingkirkan pikiran gak masuk akal semacam ini. Dalam berbisnis, gak ada yang namanya ketuaan atau kemudaan untuk memulai, lho. Siapa pun boleh masuk dalam jenis pekerjaan satu ini selama punya kemauan. 

2. Gak punya banyak uang untuk modal awal

5 Pikiran Negatif yang Harus Disingkirkan jika Ingin Sukses Berbisnisunsplash/Annie Spratt

Pikiran negatif berikutnya yang juga sering dijadikan alasan adalah ketika merasa gak punya banyak uang untuk modal awal. Guys, hari gini kita bahkan bisa mulai bisnis tanpa modal sama sekali, lho. Semua serba dipermudah oleh teknologi, lalu kenapa kita harus membatasi diri sendiri?

Baca Juga: Hindari 5 Perbuatan Gak Etis Ini Ketika Temanmu Merintis Bisnis

3. Berpikir bahwa gak punya banyak waktu untuk memulai sebuah usaha

5 Pikiran Negatif yang Harus Disingkirkan jika Ingin Sukses Berbisnispexels/Anna Shvets

Gak punya banyak waktu karena sudah sibuk dengan berbagai pekerjaan yang menyita pikiran adalah alasan lain dan pikiran negatif lain yang harus segera disingkirkan. Kita punya 24 jam untuk melakukan banyak hal. Ada banyak orang sukses di luar sana yang waktunya juga sama dengan kita, jadi kenapa waktu dijadikan sebagai alasan?

4. Gak percaya diri karena merasa gak pintar atau pandai dalam berbisnis

5 Pikiran Negatif yang Harus Disingkirkan jika Ingin Sukses Berbisnispexels/Ketut Subiyanto

Merasa gak memiliki keahlian dalam memulai sebuah usaha dan kemudian kamu jadi terus menunda keinginan tersebut? Duh, sayang banget deh kalau begini. Padahal, ilmu soal berbisnis, berdagang, dan lain sebagainya itu sudah ada banyak banget di mana-mana. Kita hanya perlu memiliki keinginan dan tekad kuat untuk mempelajarinya. 

5. Mundur sebelum mencoba karena gak berasal dari keluarga yang berada

5 Pikiran Negatif yang Harus Disingkirkan jika Ingin Sukses Berbisnispexels/Andrea Piacquadio

Pemikiran bahwa kita gak berasal dari keluarga yang berada sehingga gak pantas berbisnis juga perlu untuk disingkirkan. Ini hanyalah pikiran yang akan membuat kita terus berada dalam kemunduran dan diperbudak oleh orang lain. Gak perlu berasal dari keluarga kaya kok untuk menjadi kaya. Justru, buktikan bahwa kamu pun bisa membawa keluarga mu menjadi lebih baik.

Kegagalan mungkin akan kamu rasakan ketika pertama kali berbisnis. Tapi yang tersulit justru bukan bangkit dari kegagalan tersebut, melainkan memutuskan untuk memulai sebuah usaha mandiri di mana kamu adalah pemimpinnya, itulah yang sulit. Yuk, singkirkan pikiran negatif dan kuatkan tekad kemudian mulailah dari sekarang. Siap?

Baca Juga: 5 Aneka Resep Salad Jar, Bisa Jadi Ide Bisnis di Bulan Puasa

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya