Comscore Tracker

Sumber Ketidakbahagiaan adalah Pikiran Sendiri, Ini 5 Penjelasannya!

Kendalikan pikiranmu sendiri!

Pernah gak sih kalian begitu merasa depresi karena amat susah untuk bahagia? Berbagai hal sudah kalian lakukan, berbagai hiburan sudah kalian coba, tapi rasanya gak ada satu pun yang benar-benar bisa membuat kalian bahagia. Coba deh selami lagi perasaan kalian sendiri dan ubahlah pola pikir kalian, maka perlahan tapi pasti kebahagiaan itu akan datang.

Kenapa begitu? Karena, pada dasarnya sumber dari ketidakbahagiaan adalah pikiran kita sendiri. Selama ini, kita dipermainkan oleh pikiran dan sudut pandang kita sendiri tanpa kita pahami. Untuk lebih jelasnya, simak nih lima poin berikut.

1. Gak ada yang bisa bikin kita merasakan suatu emosi negatif jika tidak kita izinkan

Sumber Ketidakbahagiaan adalah Pikiran Sendiri, Ini 5 Penjelasannya!pexels.com/Daria Shevtsova

Coba deh kita pikirkan kembali, selama ini, berbagai emosi yang kita rasakan entah itu positif ataupun negatif berasal dari pikiran kita. Betul kan? Jadi, sebenarnya gak ada hal lain di luar diri kita yang benar-benar bisa mempengaruhi perasaan kita. Karena semua itu berasal dari diri kita sendiri, guys.

2. Kita punya kendali kok untuk mengatur respons yang sesuai dengan situasi yang terjadi

Sumber Ketidakbahagiaan adalah Pikiran Sendiri, Ini 5 Penjelasannya!pexels.com/Bruce mars

Apakah kamu pernah gak ketawa ketika temanmu melucu? Atau, pernah gak menangis meski sedang menonton film yang sangat sedih? Nah, sebenarnya ini adalah bukti bahwa kita punya kendali untuk memilih respons seperti apa yang ingin kita tunjukkan terhadap suatu kejadian. Begitu pun dalam memilih untuk bahagia atau gak. 

Baca Juga: 5 Hal Ini Nyatanya Bisa Menuntun Kalian Pada Ketidakbahagiaan Abadi

3. Cara kita memandang sesuatu akan menjadi tolak ukur soal hal tersebut

Sumber Ketidakbahagiaan adalah Pikiran Sendiri, Ini 5 Penjelasannya!pexels.com/MinAn

Pikiran kita juga erat kaitannya dengan sudut pandang yang kita ambil dalam melihat sesuatu. Misal, ketika melihat kejadian yang menyentuh hati dan perasaan, kita tentu akan tersentuh dan terharu. Tapi, kita juga bisa jadi gak merasakan apa-apa ketika pikiran kita mengatakan bahwa semua kejadian itu hanya rekayasa. Intinya, pikiran kitalah yang mengatur perasaan tersebut.

4. Kebahagiaan akan datang jika kita selalu berpikir positif, coba aja!

Sumber Ketidakbahagiaan adalah Pikiran Sendiri, Ini 5 Penjelasannya!unsplash/Fuu J

Saat masalah datang, coba deh tetap berpikir positif. Seberat apa pun masalah tersebut, arahkan pikiranmu untuk tetap melihat sisi baiknya. Maka, meski kamu mungkin akan merasa pusing dan terbebani, tapi gak akan seberapa dibanding jika kamu memilih untuk terpuruk karena masalah tersebut. Coba aja kalau gak percaya!

5. Pikiran kita punya andil penuh dalam menentukan emosi yang kita rasakan

Sumber Ketidakbahagiaan adalah Pikiran Sendiri, Ini 5 Penjelasannya!pexels/Ivan Samkov

Pikiran kita akan menentukan bagaimana emosi yang kita tunjukkan kepada orang lain. Pikiran kita juga punya kendali untuk memilih antara ingin menikmati hari dengan kebahagiaan atau kesedihan. Itulah kenapa bahagia itu gak ada hubungannya dengan uang yang banyak, karir yang sukses, atau hal-hal eksternal lainnya. 

Ingat, faktor eksternal hanya lah alat bantu, intinya, semua tetap berasal dari pikiran kita sendiri. Jadi, sekarang kamu punya waktu untuk merenungkan pilihan mana yang ingin diambil setiap harinya. Apakah ingin merasa bahagia, atau memilih untuk gak bahagia? 

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Orang yang Terlihat Bahagia Belum Tentu Bahagia

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya