Comscore Tracker

Tak Melulu Uang, Ini 5 Jenis Kekayaan yang Bisa Bikin Kamu Bahagia

Pilih kaya hati atau kaya harta?

Di zaman sekarang, harta benda seperti uang menjadi semacam takaran kebahagiaan yang seringkali seolah disembah dan dipuja banyak orang. Gak heran kalau banyak orang berlomba-lomba mengumpulkan harta kekayaan hingga lupa hakikat kebahagiaan yang sebenarnya. Pola pikir semacam ini nih yang perlu banget untuk diubah.

Pasalnya, gak cuma kaya harta kok yang bisa bikin kita bahagia. Ada banyak kekayaan dalam hal lain yang juga sama pentingnya dan memberi kita kebahagiaan yang jauh lebih indah. Apa aja sih? Yuk simak poinnya berikut ini.

1. Kaya ilmu dan kecerdasan

Tak Melulu Uang, Ini 5 Jenis Kekayaan yang Bisa Bikin Kamu Bahagiathisisaustralia.com

Kekayaan yang pertama yang bisa bikin kita bahagia, dan tentunya juga membawa manfaat bagi diri kita dan orang lain adalah kaya ilmu dan kecerdasan. Ketika kita memiliki dua kekayaan ini, kita akan hidup dengan lebih tenang, bijak dalam memandang berbagai permasalahan hidup, dan lebih bisa mengendalikan diri dengan baik dalam situasi seperti apa pun. Kekayaan ini penting banget dan gak semua orang bisa memilikinya, lho.

2. Kaya akan pengalaman hidup

Tak Melulu Uang, Ini 5 Jenis Kekayaan yang Bisa Bikin Kamu Bahagiapexels/Kaique Rocha

Punya harta berlimpah namun hidup bagai dalam sangka dan gak bisa punya pengalaman seru? Wah, kamu pasti akan bosan banget dengan hal itu ya. Makanya, penting banget untuk kaya dalam hal pengalaman. Kamu yang sudah sering melihat dunia luar, sudah terbiasa menjalani hari dengan berbagai kejutan pasti gak akan canggung lagi menghadapi siapa pun dan apa pun. Iya kan?

3. Kaya teman dan sahabat yang baik dan tulus

Tak Melulu Uang, Ini 5 Jenis Kekayaan yang Bisa Bikin Kamu Bahagiaunsplash/@jamesr

Punya harta tapi gak punya teman? Waduh, pasti juga gak asik banget ya. Kamu gak akan bisa benar-benar menikmati semua kekayaan yang kamu punya dong karena gak ada teman untuk diajak berbagi kesenangan tersebut. Makanya, kalau saat ini kamu dikelilingi oleh orang-orang baik, teman-teman yang menyayangimu, dan sahabat-sahabat yang selalu ada untukmu, kamu wajib banget untuk bersyukur.

Baca Juga: Penting untuk Dipahami, Ini 6 Cara Gampang Bikin Hidup Lebih Bahagia

4. Kaya secara agama dan tenang secara batin

Tak Melulu Uang, Ini 5 Jenis Kekayaan yang Bisa Bikin Kamu Bahagiaunsplash/Utsman Media

Kaya hati adalah definisi lain dalam menggambarkan orang yang kaya secara agama dan batinnya juga selalu diliputi ketenangan. Gak gampang lho untuk memiliki kekayaan yang satu ini. Bahkan, orang yang hartanya berlimpah aja belum tentu bisa memiliki hati yang kaya.

Orang seperti ini juga biasanya akan selalu dikelilingi energi positif yang membuat siapa pun nyaman berada di sekitarnya. Mau begini juga gak?

5. Kaya dalam hal pola pikir

Tak Melulu Uang, Ini 5 Jenis Kekayaan yang Bisa Bikin Kamu Bahagiaunsplash/ You X Ventures

Terakhir tapi juga jadi poin yang cukup penting nih, yaitu kaya secara pola pikir. Kalian tau kan kalau kita semua memiliki pola pikir masing-masing yang menjadi semacam kelebihan yang membedakan kita satu sama lain. Pola pikir ini terbentuk karena faktor didikan orang tua, lingkungan, kebiasaan, dan lain sebagainya. Sehingga, setiap individu memiliki keunikan dalam cara berpikir.

Jika saat ini kalian dianugerahi pola pikir yang lebih kritis, lebih maju, lebih pandai membaca peluang, kalian perlu banget memanfaatkan itu dengan sebaik mungkin. Karena, kekayaan secara pola pikir ini bisa membawa kalian pada kesuksesan yang gak disangka-sangka. Yang penting, asah terus cara berpikir kalian, dan teruslah mencoba.

Kaya secara harta belum tentu akan membuat kita bisa meraih kebahagiaan yang seutuhnya. Justru, 5 jenis kekayaan di atas itulah yang akan sangat berpengaruh dengan cara kita melihat dunia. Kalau kalian, lebih memilih kaya dalam hal apa nih?

Baca Juga: 5 Langkah yang Harus Dilakukan Agar Masa Depanmu Dipenuhi Kebahagiaan

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya