Comscore Tracker

Awas, Ini 5 Tanda Hobi yang Kamu Punya Sudah Membebani Hidup!

Bukannya bikin bahagia, malah jadi tertekan!

Semua orang pasti punya hobi tertentu yang mereka lakukan di waktu luang, entah untuk tujuan kebahagiaan, sekedar mengisi waktu, atau untuk lebih produktif. Apa pun alasannya, menekuni sebuah hobi pastinya bisa mengembalikan semangat dalam menjalani hari.

Tapi, apa jadinya jika hobi yang kita tekuni malah menjadi beban dalam hidup? Bagaimana sih tanda-tandanya? Biar lebih tahu, yuk simak poin berikut agar kamu gak terjebak dalam hobi yang salah.

1. Kamu melakukan banyak pengeluaran untuk hobi tersebut

Awas, Ini 5 Tanda Hobi yang Kamu Punya Sudah Membebani Hidup!pexels.com/EVG Photos

Hobi boleh apa aja. Kuliner ke tempat enak, mengoleksi barang antik, membaca karya-karya sastra, modif motor, dan lain sebagainya. Tapi, jika penghasilanmu gak sesuai dengan hobimu dan malah bikin kamu semakin menguras kantong bahkan hingga bikin tabungan kamu kosong, wah ini sih bahaya banget. Hobinya harus mulai dialihkan nih, kayaknya.

2. Bukannya bahagia, kamu malah semakin tertekan saat menekuninya

Awas, Ini 5 Tanda Hobi yang Kamu Punya Sudah Membebani Hidup!Unsplash.com/Harley-Davidson

Hobi sejatinya dilakukan agar kita bisa menyalurkan potensi diri dan memperoleh kesenangan yang cukup sulit dijelaskan dengan kata-kata, ya. Ada orang yang senang menyanyi karena merasa bebannya terlepas setelahnya, ada juga yang senang bersepeda keliling kota demi bisa menikmati me time dengan lebih berkualitas.

Tapi, jika kamu malah semakin tertekan saat melakukan hobimu, sepertinya perlu pikir-pikir lagi nih untuk melanjutkannya. Gak usah membebani diri untuk hal yang gak penting, ya.

3. Kamu mulai kesulitan membagi waktu

Awas, Ini 5 Tanda Hobi yang Kamu Punya Sudah Membebani Hidup!unsplash.com/Rachael Crowe

Waktu yang dimiliki semua orang itu sama. Sama-sama 24 jam dalam sehari. Untuk bekerja, kamu mungkin sudah menghabiskan 9 jam dalam sehari, belum lagi kamu harus beristirahat, dan lain-lain. Menekuni hobi di hari libur boleh-boleh aja. Tapi, jangan sampai hobimu malah membuat kamu lupa waktu.

Baca Juga: 10 Hobi Unik Ariel NOAH, Anti Bikin Konten Kontroversial

4. Hobi itu membuatmu jauh dari orang terdekat

Awas, Ini 5 Tanda Hobi yang Kamu Punya Sudah Membebani Hidup!unsplash.com/JESHOOTS.COM

Hobi yang membuatmu jauh dari orang terdekat seperti keluarga dan pasangan, juga termasuk hobi yang harusnya dihindari. Jika memang kamu hobi mendaki gunung, tentu gak masalah, selama dilakukan hanya beberapa kali dalam jangka waktu tertentu. Pastikan kamu bisa membagi waktu dan menentukan prioritas, ya guys.

5. Hobi itu malah bikin kamu jadi pribadi yang lebih buruk

Awas, Ini 5 Tanda Hobi yang Kamu Punya Sudah Membebani Hidup!pexels.com/Andrew Neel

Yang pasti, hobi yang membebani hidup adalah hobi yang bikin kamu merugikan diri sendiri. Hobi harusnya meningkatkan potensi diri dan bukan malah sebaliknya, lho. Gak mau kan membuang waktu luangmu yang berharga demi sesuatu yang malah merusak diri sendiri?

Hobi apa pun yang kamu lakukan selama bisa bermanfaat, tentu sah-sah aja. Waktu yang dimiliki pun jadi lebih bisa dimanfaatkan dengan baik. Tapi, jangan sampai hobimu itu malah menjadi beban bagi diri sendiri dan orang lain. Coba deh kamu renungkan lagi sekarang, apakah hobimu sudah tepat atau belum?

Baca Juga: 6 Artis Thailand yang Punya Akun Khusus Hobi Fotografi, Estetis Banget

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya