Comscore Tracker

Berlebihan dalam Bekerja, Ini 5 Tanda yang Mungkin Gak Kamu Sadari

Bekerja sewajarnya aja, ya

Bekerja dan mengumpulkan pundi-pundi rupiah untuk masa depan yang lebih cerah rasanya sudah menjadi aktivitas sehari-hari. Fase kehidupan yang satu ini begitu dinanti oleh sebagian orang, tapi juga dihindari oleh sebagian lainnya. Suka atau gak, bekerja memang harus dilakoni oleh siapa aja.

Siapa yang gak senang saat berhasil memperoleh gaji atau pemasukan dari pekerjaannya? Pasti bakal lebih semangat bekerja jika pendapatan tersebut ternyata sepadan dengan lelah yang didapat saat bekerja, betul?

Namun, berlebihan dalam bekerja ternyata juga gak baik, lho. Sebab kamu bisa jadi melupakan banyak hal yang harusnya diprioritaskan. Inilah lima tanda kamu sudah berlebihan dalam bekerja. 

1. Gak pernah punya waktu untuk diri sendiri

Berlebihan dalam Bekerja, Ini 5 Tanda yang Mungkin Gak Kamu SadariIlustrasi liburan (unsplash.com/@belart84)

Bekerja itu penting, tapi dirimu juga lebih penting lagi. Kamu punya kebutuhan yang gak bisa diselesaikan dengan uang hasil dari bekerja. Seperti misalnya kebahagiaan dan kesehatan mental. 

Sesekali, luangkan waktu untuk me time dan mengistirahatkan diri. Mau sampai kapan kamu diperbudak pikiran sendiri untuk terus bekerja? 

2. Kesehatan jadi terabaikan

Berlebihan dalam Bekerja, Ini 5 Tanda yang Mungkin Gak Kamu Sadariilustrasi sakit kepala (pexels.com/Ron Lach)

Tanda kedua yang menandakan kamu terlalu berlebihan dalam bekerja adalah ketika kesehatanmu mulai terabaikan. Kamu sudah jarang berolahraga dan selalu melewatkan waktu makan karena pekerjaan yang gak bisa ditinggalkan. 

Akhirnya, berbagai keluhan penyakit pun mulai kamu rasakan. Kalau sudah begini, siapa yang akan menanggung risikonya kalau bukan kamu sendiri? 

Baca Juga: 6 Langkah Sederhana Menemukan Tujuan Hidup, Gak Sulit Kok

3. Keluarga dan orang terdekat jadi terlupakan

Berlebihan dalam Bekerja, Ini 5 Tanda yang Mungkin Gak Kamu Sadariilustrasi keluarga (pexels.com/cottonbro)

Terlalu sibuk dalam bekerja juga menjadikan kita orang yang lupa pada apa pun, termasuk keluarga, sahabat, dan pasangan. Ini disebabkan oleh hari-harimu yang disibukkan dengan pekerjaan. Bahkan di hari libur sekalipun kamu tetap berkutat dengan masalah kerjaan. 

Ingat, waktu untuk bersama dengan orang terkasih itu gak bisa diganti dengan apa pun. Sementara, pekerjaan masih bisa dilakukan di lain waktu. 

4. Gampang emosi dan selalu merasa tertekan

Berlebihan dalam Bekerja, Ini 5 Tanda yang Mungkin Gak Kamu Sadariilustrasi stres (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Secinta apa pun kamu dengan pekerjaan saat ini, berkutat dengannya berjam-jam tentu akan bikin kamu stres. Namanya pekerjaan, pasti akan menguras tenaga atau pikiran.

Jadi, jangan heran kalau kamu malah depresi dan stress serta gampang emosi jika bekerja terlalu lama. Jika sudah berada di tahap ini, pekerjaan apa pun gak akan bisa kamu selesaikan dengan maksimal. Lebih baik singkirkan pekerjaanmu dan beristirahat untuk beberapa waktu. 

5. Waktu terus berlalu tanpa kamu sadari

Berlebihan dalam Bekerja, Ini 5 Tanda yang Mungkin Gak Kamu Sadariilustrasi bekerja (pexels.com/mentatdgt)

Sibuk bekerja juga akan membuat kamu lupa dengan waktu. Hari berganti, tiba-tiba sudah tahun baru lagi saja. Sementara kamu gak benar-benar menghabiskan tahun itu dengan sesuatu yang membuatmu bahagia. Kamu juga mungkin tidak mengukir kenangan berharga di dalamnya dengan orang-orang tercinta. 

Pekerjaan membuat kamu mendapatkan uang. Namun, apakah uang bisa membeli waktu yang sudah berlalu dan berganti? Jangan sampai kehilangan banyak momen berharga hanya karena sebuah pekerjaan. 

Berdedikasi terhadap apa yang dikerjakan memang harus dan wajib hukumnya. Tapi jangan sampai kamu berlebihan dan terlalu mementingkan pekerjaan.

Baca Juga: 5 Inspirasi Hidup Sehat Saat Musim Hujan biar Gak Gampang Sakit!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya