Comscore Tracker

Hati-hati Sombong, Ini 5 Tanda Kamu Merasa Lebih Hebat dari Orang Lain

Sepele sih, tapi jarang disadari

Ketika kita sudah mencapai titik tertentu dalam hidup, entah itu jenjang pendidikan yang tinggi, hidup yang mapan, keluarga yang bahagia, atau lainnya, sangat mungkin muncul perasaan berbangga diri. Rasa bangga ini bisa sekali menimbulkan perasaan lebih hebat dibanding orang lain. 

Sayangnya, kebanyakan dari kita seringkali gak sadar ketika memiliki perasaan ini. Padahal, tandanya cukup jelas kok, seperti di antaranya adalah lima tanda berikut nih.

1. Sering berbicara, jarang mendengar

Hati-hati Sombong, Ini 5 Tanda Kamu Merasa Lebih Hebat dari Orang Lainunsplash/NeONBRAND

Selalu membicarakan soal pencapaian diri, pengalaman yang sudah dialami, dan berbagai hal tentang diri sendiri, bisa menjadi salah satu pertanda bahwa kamu tengah merasa lebih hebat dibanding orang lain lo. Jika memang bertujuan untuk memotivasi, kamu tentu boleh saja melakukannya. Namun ingat, kadarnya harus pas, jangan sampai terlalu berlebihan ya.

2. Tidak bisa menerima kritik

Hati-hati Sombong, Ini 5 Tanda Kamu Merasa Lebih Hebat dari Orang Lainunsplash/Icons8 team

Orang yang sudah merasa hebat dibanding orang lain biasanya tidak terima ketika diberi kritik. Dia merasa semua orang gak lebih baik dari dirinya dan gak pantas mengomentari hidupnya. Padahal, bisa jadi kritik yang datang tersebut bertujuan baik dan bukan untuk menjatuhkan.

Baca Juga: 5 Gestur Tubuh Ini Bikin Kamu Kerap Dinilai Sombong, Hati-Hati Dijauhi

3. Selalu memandang remeh orang lain

Hati-hati Sombong, Ini 5 Tanda Kamu Merasa Lebih Hebat dari Orang Lainunsplash/Icons8 team

Tanda paling jelas bahwa kamu merasa lebih baik adalah selalu memandang remeh orang lain. Apapun yang dikerjakan orang lain selalu kamu pandang sebelah mata dan seolah gak bisa sehebat dirimu. Gak cuma sombong, sifat congkak juga akan mengintai orang yang memiliki sifat ini.

4. Lupa bahwa di atas langit masih ada langit

Hati-hati Sombong, Ini 5 Tanda Kamu Merasa Lebih Hebat dari Orang Lainunsplash/Ethan Sykes

Ketika kita lupa bahwa ada orang lain yang jauh lebih hebat dibanding kita, maka itu adalah pertanda bahwa kita merasa hebat. Perasaan lebih hebat ini menyebabkan kita merasa sebagai satu-satunya orang yang paling berharga di dunia ini. Dengan mudahnya kita merendahkan orang lain tanpa sadar bahwa ada banyak orang yang lebih hebat dibanding kita.

5. Pilih-pilih teman dan senang mengkotak-kotakkan orang lain

Hati-hati Sombong, Ini 5 Tanda Kamu Merasa Lebih Hebat dari Orang Lainunsplash/Alexis Brown

Ketika kita merasa sebagai yang paling hebat, kemungkinan untuk mengkotak-kotakan orang lain juga muncul ke permukaan. Kita juga jadi lebih pilih-pilih dalam berteman dan enggan berbaur dengan orang yang dirasa gak se-level sama kita. Jangan sampai jadi orang yang seperti ini ya. 

Gak peduli seberapa banyak penghasilan kita, seberapa ahli kita dalam suatu bidang, semua itu hanyalah sementara. Maka, tetaplah rendah hati dan hindari merendahkan orang lain. Setuju?

Baca Juga: 6 Kesombongan yang Tanpa Disadari Bisa Membuatmu Kehilangan Teman

Desy Damay Photo Community Writer Desy Damay

part time writer, half time teacher, and full time daughter. you can kindly send me an email to: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You