Comscore Tracker

Ini 5 Tanda Kamu Sahabat yang Egois, Suka Memaksakan Kehendak!

Suka meminta sahabat membenci orang yang kamu benci?

Dalam menjalin persahabatan, seringkali kita lupa pada batasan-batasan tertentu karena saking dekatnya. Kita merasa gak masalah untuk meminta sahabat melakukan hal-hal yang kita minta karena tau mereka gak akan pernah marah. Hayo, kalau kamu selalu begini, bisa-bisa kamu masuk kategori sahabat yang egois, lho.

Gak cuma itu aja, ada tanda-tanda lain yang menunjukkan kalau kamu sahabat yang egois nih. Yuk cek bareng-bareng poinnya berikut ini. Apa kamu punya salah satu tandanya?

1. Kamu ingin sahabatmu hanya berteman sama kamu aja

Ini 5 Tanda Kamu Sahabat yang Egois, Suka Memaksakan Kehendak!unsplash.com/Becca Tapert

Membatasi pertemanan sahabatmu adalah tanda pertama bahwa kamu memang sahabat yang egois banget. Kamu gak ingin sahabatmu dekat dengan orang lain selain dirimu karena kamu gak suka kalau dia gak punya waktu sama kamu. Padahal, kamu jelas-jelas tahu kalau dia sebenarnya punya hak untuk berteman sama siapa aja yang dia suka.

2. Saat kamu membenci seseorang, sahabatmu juga harus membenci orang tersebut

Ini 5 Tanda Kamu Sahabat yang Egois, Suka Memaksakan Kehendak!unsplash.com/Gemma Chua-Tran

Jenis persahabatan di mana kamu meminta sahabatmu membenci orang yang kamu benci jelas-jelas menunjukkan betapa egoisnya dirimu. Masalah yang kamu punya dengan orang tertentu, gak selalu berhubungan dengan sahabatmu. Kalau kamu gak suka sama seseorang, gak perlu memaksa sahabatmu ikutan menjaga jarak dari orang tersebut juga dong.

3. Saat berantem, kamu gak pernah minta maaf duluan walaupun tahu bahwa kamu salah

Ini 5 Tanda Kamu Sahabat yang Egois, Suka Memaksakan Kehendak!pexels.com/Gautam

Gengsi yang tinggi dan keenggananmu untuk meminta duluan saat terlibat kesalahpahaman juga pertanda bahwa kamu sahabat yang egois. Apalagi kalau kamu jelas-jelas tahu bahwa kamulah yang salah. Bukankah sebenarnya kamu juga gak ingin kehilangan sahabatmu? Kenapa mesti gengsi segala sih?

Baca Juga: 5 Ciri Menandakan Kamu Berada di Lingkungan Persahabatan yang Positif

4. Kamu akan marah jika sahabatmu gak berbagi rahasianya

Ini 5 Tanda Kamu Sahabat yang Egois, Suka Memaksakan Kehendak!pexels.com/Lisa Fotios

Semua orang punya rahasia yang ingin dia simpan dari orang lain, bahkan sahabatnya sendiri gak perlu tahu rahasia tersebut. Kalau kamu sampai marah saat sahabatmu menyimpan sebuah rahasia darimu, bisa dipastikan kamu memang egois banget. Hargailah privasi sahabatmu. Dia bukan boneka yang bisa kamu atur sepuasnya setiap saat.

5. Kamu selalu ingin dimengerti tapi gak pernah mau mengerti sahabatmu

Ini 5 Tanda Kamu Sahabat yang Egois, Suka Memaksakan Kehendak!pexels.com/Elojah O'Donnell

Saat meminta tolong, sahabatmu harus selalu menolongmu. Saat kamu ingin curhat, sahabatmu harus selalu punya waktu untukmu. Saat kamu sedang memperjuangkan sesuatu, sahabatmu harus mendukungmu mati-matian.

Tapi saat sahabatmu yang membutuhkan itu semua, kamu malah gak pernah mau tau dan gak pernah melakukannya dengan sukarela. Fix banget sih kamu egois kalau begini, guys.

Sahabatmu bukan benda mati yang bisa kamu perlakukan seenaknya. Jika kamu terus menerus bersikap egois dan mementingkan diri sendiri, bisa-bisa dia gak betah tuh bersahabat sama kamu. Gak mau kan? Makanya, yuk perbaiki sikap dan perilaku kita mulai sekarang ya!

Baca Juga: 12 Potret Persahabatan Jojo, Ihsan, dan Ginting, Siapa yang Kangen?

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya