Comscore Tracker

Gawat, Ini 5 Tanda Kamu Terlalu Bergantung pada Penilaian Orang Lain!

#IDNTimesLife Hidupmu jadi bukan untuk diri sendiri?

Penilaian ataupun pandangan orang lain menjadi sesuatu yang entah kenapa selalu ingin kita dengar. Sayangnya, gak semua penilaian orang terhadap kita itu selalu positif. Gak peduli seberapa sempurna atau seberapa keras pun kita berusaha terlihat baik di mata orang lain, selalu ada aja orang yang gak suka sama kita.

Sebenarnya inilah alasan kenapa kita gak boleh bergantung pada penilaian orang di luar sana. Namun, gak sedikit orang yang masih menggantungkan dirinya pada pendapat orang lain. Apakah kamu salah satunya? Coba kita cek bareng tanda-tandanya berikut ini yuk.

1. Gak pernah benar-benar melakukan sesuatu karena keinginanmu sendiri

Gawat, Ini 5 Tanda Kamu Terlalu Bergantung pada Penilaian Orang Lain!pexels.com/Andrea Piacquadio

Kamu yang bergantung pada penilaian orang lain gak pernah benar-benar melakukan sesuatu karena keinginanmu sendiri. Kamu selalu merasa bahwa apa yang kamu lakukan haruslah berdasarkan pada persetujuan orang sekitar dan haruslah merupakan sesuatu yang disukai orang lain. Urusan apakah kamu menyukai hal itu atau gak, kamu malah menjadikannya sebagai bahan pertimbangan yang kesekian.

2. Menganalisa diri sendiri secara berlebihan

Gawat, Ini 5 Tanda Kamu Terlalu Bergantung pada Penilaian Orang Lain!pexels.com/JESSICA TICOZZELLI

Menganalisis diri dengan cara yang berlebihan dan berdasarkan sudut pandang orang lain juga menjadi tanda lain yang perlu diwaspadai. Kamu jadi gak bebas melakukan apa yang kamu sukai, gak bisa menjadi diri sendiri seutuhnya, dan hanya ingin terlihat baik di mata siapapun. Lama-kelamaan kamu bisa kehilangan dirimu sendiri, lho.

3. Merasa gak nyaman saat harus meminta bantuan

Gawat, Ini 5 Tanda Kamu Terlalu Bergantung pada Penilaian Orang Lain!pexels.com/William Fortunato

Meminta bantuan sama orang lain membuat kamu merasa bersalah dan gak nyaman? Wah, ini sih pertanda bahwa kamu mulai menggantungkan diri pada penilaian orang lain. Kamu merasa orang akan menilai kamu lemah, gak mandiri, dan berbagai penilaian negatif lainnya jika kamu sering meminta bantuan. Hayo, kalau begini terus kamu bakal kerepotan sendiri, lho.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Perlu Insecure dengan Teman yang Tampak Mapan

4. Gak bisa menerima kritik dengan baik

Gawat, Ini 5 Tanda Kamu Terlalu Bergantung pada Penilaian Orang Lain!pexels.com/fauxels

Kritik dan masukan yang kamu terima kamu anggap sebagai bentuk merendahkan dan penghinaan dari orang lain? Waspada, bisa jadi selama ini kamu sudah terlalu bergantung pada penilaian orang lain. Apa yang kamu pikirkan itu terlalu berlebihan, lho. Karena, bisa aja kan orang-orang itu hanya berusaha mengarahkanmu menjadi lebih baik.

5. Senang saat orang lain melakukan kesalahan

Gawat, Ini 5 Tanda Kamu Terlalu Bergantung pada Penilaian Orang Lain!pexels.com/Keira Burton

Parahnya, orang yang mengagungkan penilaian dari lingkungan sekitarnya biasanya senang banget ketika ada orang lain yang melakukan kesalahan. Seolah-olah, inilah saatnya bagi dia untuk terlihat lebih baik, lebih mulia, dan lebih tinggi dibanding orang lain. Mindset keliru semacam ini bisa bikin kita menjadi orang yang jahat, lho.

Seberapa pun kita merasa penilaian orang lain itu penting, semua itu hanyalah bersifat sementara. Seribu kebaikan yang kita lakukan, bisa dengan mudah berganti jadi keburukan di mata orang lain hanya karena kita melakukan satu kesalahan.

Jadi, lebih baik mulai sekarang fokuslah pada diri sendiri dan jangan terlalu berlebihan dalam menanggapi penilaian orang sekitar. Setuju kan, guys?

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Sering Merasa Insecure dalam Hubungan, Waspada!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya