Comscore Tracker

Duh, Ini 5 Tanda Kamu Terlalu Berlebihan Yakin pada Diri Sendiri!

Sombong banget dan tinggi hati!

Memiliki keyakinan pada diri sendiri tentu sangat disarankan. Yang menjadi masalah adalah ketika rasa yakin diri ini mulai berlebihan dan di luar batas kewajaran. Semua itu akan terpancar dari sikap dan cara kita berinteraksi dengan orang lain. 

Sebelum terlambat, yuk introspeksi diri agar gak jadi orang yang terlalu yakin pada diri sendiri. Karena, efek negatifnya akan berimbas ke dirimu juga lho. Ini nih lima tanda kamu berlebihan dalam yakin pada diri sendiri. 

1. Sombong dan senang menceritakan pencapaian diri

Duh, Ini 5 Tanda Kamu Terlalu Berlebihan Yakin pada Diri Sendiri!unsplash/Eliott Reyna

Berlebihan dalam yakin pada diri sendiri akan menciptakan sikap sombong dalam diri. Sehingga, di manapun dan dengan siapapun kita bicara, ujung-ujungnya kita selalu menceritakan diri sendiri. Jangan marah kalau orang-orang mulai menghindari kamu karena kebiasaan burukmu yang satu ini ya.

2. Gak percaya pada orang lain

Duh, Ini 5 Tanda Kamu Terlalu Berlebihan Yakin pada Diri Sendiri!unsplash/Alexis Mora Angelo

Ketika satu-satunya orang yang kita yakini adalah diri sendiri, maka pastinya kita akan kesulitan menaruh kepercayaan pada orang lain. Kalau diteruskan, kamu akan menjadi pribadi yang susah bekerja dalam tim, lho. Terus-terusan mengandalkan diri sendiri juga akan membuat kamu kesusahan pada akhirnya.

Baca Juga: 5 Tanda Nyata Kamu Orang yang Berlebihan dalam Bersikap Realistis

3. Suka ngotot dan gak mau mengakui kesalahan

Duh, Ini 5 Tanda Kamu Terlalu Berlebihan Yakin pada Diri Sendiri!pexels/cottonbro

Duh, paling malas kan sama orang yang suka ngotot dan gak mau mengaku salah? Baginya dia selalu benar gak peduli apapun pendapat orang lain. Begini nih kalau orang sudah terlalu yakin pada dirinya sendiri.

4. Gak bisa menerima kritik dan maunya menang sendiri!

Duh, Ini 5 Tanda Kamu Terlalu Berlebihan Yakin pada Diri Sendiri!unsplash/Mike Von

Keyakinan yang berlebihan terhadap diri sendiri juga mendatangkan rasa egois yang tinggi. Seiring dengan ego yang semakin meningkat, pastinya kritik yang datang dari siapapun rasanya gak mau didengar. Hati-hati juga nih, orang yang begini susah banget untuk berkembang dan maju. Maunya menang sendiri, sih!

5. Beberapa orang mulai menjauh dan menghindarimu

Duh, Ini 5 Tanda Kamu Terlalu Berlebihan Yakin pada Diri Sendiri!unsplash/Gabriel Gonzalez

Efek paling buruk dari menjadi terlalu yakin pada diri sendiri adalah dihindari oleh orang sekitar. Meski sudah berpindah ke tempat baru, jika sifat satu ini gak kamu hilangkan, ujung-ujungnya gak akan ada yang mau berteman dekat denganmu. Karena, yang bermasalah bukan orang lain, tapi dirimu sendiri.

Jadi, coba deh mulai sekarang lebih berbenah diri. Lebih terbuka terhadap pendapat orang lain dan jangan terus-terusan merasa terlalu berlebihan dalam yakin pada diri sendiri. Setuju gak?

Baca Juga: 5 Cara Melatih Sifat Perfeksionis agar Gak Berlebihan, Kadarnya Pas!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya