Comscore Tracker

Bukan Fisik, Ini 5 Tanda Kamu Mengalami Kelelahan secara Psikis!

Mentalmu juga perlu istirahat!

Mengantuk, badan pegal, dan kepala pusing berkunang-kunang, mungkin bisa didefinisikan dengan mudah sebagai tanda kelelahan secara fisik. Tingkat kelelahan yang paling tinggi bisa menyebabkan kita hilang kesadaran atau pingsan. Tapi, bagaimana dengan lelah yang gak bisa dirasakan secara jasmani? Memang ada?

Eits, jangan salah guys. Gak cuma fisik kita yang bisa merasa lelah akibat kegiatan yang dilakukan. Psikis kita pun juga bisa merasa lelah jika terus menerus kita paksa untuk memikirkan hal-hal berat. Meski sulit terdeteksi, tapi kita bisa melihat beberapa tanda-tandanya seperti pada poin berikut nih.

1. Kamu tetap merasa capek meski sudah tidur cukup

Bukan Fisik, Ini 5 Tanda Kamu Mengalami Kelelahan secara Psikis!unsplash/Zohre Nemati

Sudah tidur sepanjang malam bahkan hingga delapan jam dan saat terbangun kamu bukannya merasa segar bugar tapi malah tetap kelelahan? Ini bisa jadi pertanda awal bahwa gak cuma fisikmu aja yang sedang lelah, tapi psikismu juga. Mungkin, ada beban yang selama ini kamu coba untuk pendam sendiri yang kemudian membuat kamu tidur dalam keadaan gak nyenyak. Iya gak?

2. Kamu sering mendadak emosi karena sesuatu, bahkan pada hal-hal yang kecil sekali pun

Bukan Fisik, Ini 5 Tanda Kamu Mengalami Kelelahan secara Psikis!pexels/Craig Adderley

Entah kenapa, kamu merasa begitu tertekan dan gampang meledak marah. Emosi mu juga sangat gak stabil dan hal-hal kecil bisa banget memicu amarah atau tangisanmu. Wah, ini sih fix banget kamu sedang lelah secara psikis. Berikan mentalmu waktu untuk beristirahat atau temukan seseorang yang bisa jadi tempat berbagi, ya.

3. Banyak melamun dan merasa ingin lari dari kenyataan

Bukan Fisik, Ini 5 Tanda Kamu Mengalami Kelelahan secara Psikis!pexels/Polina Sirotina

Padahal kerjaan lagi banyak-banyaknya tapi kamu selalu kembali termenung dan melamun tanpa sebab. Ini juga jadi salah satu tanda bahwa psikismu kelelahan. Selain itu, kamu juga gampang merasa terbebani karena sesuatu dan merasa ingin lari dari kenyataan yang ada. Hayo, segera temukan penyebabnya dan sembuhkan dirimu sebelum lelah ini semakin menjadi ya.

Baca Juga: 6 Dampak Negatif Bagi Psikis Anak yang Sering Dimarahi

4. Takut bertemu orang banyak karena merasa akan dihakimi

Bukan Fisik, Ini 5 Tanda Kamu Mengalami Kelelahan secara Psikis!unsplash/Kipras streimikis

Kamu yang sadar bahwa dirimu sedang sedih mungkin sudah menyadari bahwa secara psikis kamu sebenarnya merasa kelelahan. Tapi kamu mencoba mengabaikannya. Alhasil, kamu malas jika harus bertemu dengan orang banyak karena itu membuat kamu merasa akan dihakimi atas perasaan yang kamu rasakan. 

5. Merasa bahwa kebahagiaanmu palsu

Bukan Fisik, Ini 5 Tanda Kamu Mengalami Kelelahan secara Psikis!Pexels.com/AustinGuevara

Tertawa lepas sudah gak bisa kamu lakukan? Ini sih sudah jadi alarm tanda bahaya bahwa mentalmu kelelahan. Pasalnya, kebahagiaan apa pun yang kamu rasakan terasa palsu dan gak nyata. Jika diteruskan, kamu akan benar-benar jadi seperti robot yang gak bisa merasakan apa-apa lagi, lho. 

Mental yang kelelahan perlu untuk diistirahatkan. Semua masalah yang menimpa bisa kok kamu bagikan pada seseorang yang benar-benar peduli padamu. Percayalah, pasti ada orang yang menyayangimu dengan tulus dan mengharapkan kebahagiaanmu. Setuju gak?

Baca Juga: 7 Ciri Gangguan Perutmu Itu Akibat Faktor Psikis, Kurangi Overthinking

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya