Comscore Tracker

5 Tanda Nyata Kamu Sudah Menemukan Passion yang Tepat, Rela Capek!

Kamu bahkan rela kalaupun tidak mendapat bayaran

Setiap orang tentu punya hal yang ia sukai. Dari sanalah nanti akhirnya passion pun akan terbentuk. Namun, terkadang gak semua orang berhasil menemukan passion yang tepat di waktu yang diinginkan. Justru, passion tersebut akan berhasil ditemukan disaat yang gak terduga. 

Gak sedikit juga yang malah gak sadar bahwa dia sudah menemukan passion-nya. Sebab, ia terlalu menikmati mengerjakan hal tersebut dan melewatkan kesempatan untuk mengetahui bahwa itulah passion-nya yang sebenarnya. Padahal, tanda bahwa seseorang sudah menemukan passion yang tepat bisa dilihat dari lima hal berikut ini.

1. Rela mengerjakannya, bahkan tanpa mendapatkan bayaran

5 Tanda Nyata Kamu Sudah Menemukan Passion yang Tepat, Rela Capek!ilustrasi membuat video (pexels.com/Julia M Cameron)

Meski sebenarnya bisa memperoleh penghasilan jika mengerjakan hal itu, tapi kamu rela gak dibayar. Sebab, kamu merasa senang saat mengerjakannya. Nah, itulah tanda bahwa kamu sudah menemukan passion-mu yang sesungguhnya.

Kamu gak pernah mempermasalahkan soal berapa uang yang bisa diperoleh, jika melakukan hal tersebut. Bagimu, mengerjakannya saja merupakan sebuah hal yang indah dan menyenangkan. Tentu, itu juga sudah lebih dari cukup sebagai bayarannya. Jika ada uang yang diperoleh, kamu akan menganggapnya sebagai bonus tambahan. 

2. Selalu berusaha meluangkan waktu untuk mengerjakan hal tersebut sesibuk apa pun dirimu

5 Tanda Nyata Kamu Sudah Menemukan Passion yang Tepat, Rela Capek!ilustrasi membaca majala (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sesibuk apa pun dirimu, kamu akan berusaha meluangkan waktu untuk mengerjakan hal itu. Kesibukan yang membuat kamu lupa untuk mengerjakan hal lain, nyatanya gak membuatmu melupakan sebuah passion. Sebab, kamu benar-benar menyukai kegiatan tersebut. 

Mengerjakan suatu hal sesuai passion merupakan cara healing terbaik di tengah kesibukan yang bikin lupa banyak hal. Bahkan waktu beristirahat aja bisa kamu potong demi bisa mengerjakan passion tersebut. 

Baca Juga: 5 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Ubah Passion Jadi Ladang Bisnis

3. Gak dipaksa, kamu mengerjakannya dengan sukarela dan selalu antusias

5 Tanda Nyata Kamu Sudah Menemukan Passion yang Tepat, Rela Capek!ilustrasi orang menulis (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Tanpa paksaan, deadline, atau perintah dari siapa pun, ketika kamu mengerjakan sesuatu dengan sukarela. Kamu juga terlihat selalu antusias dalam melakukannya.

Kamu bahkan gak pernah merasa ingin berhenti atau menyerah meski hasilnya belum memuaskan. Kamu juga gak mau didikte karena tau bahwa dirimu bisa melakukan hal itu dengan gayamu sendiri. 
Sesekali, kamu juga belajar lagi untuk meng-upgrade kemampuan. Itupun kamu lakukan dengan senang hati dan tanpa paksaan. 

4. Kamu selalu mengusahakan yang terbaik untuk hal tersebut

5 Tanda Nyata Kamu Sudah Menemukan Passion yang Tepat, Rela Capek!ilustrasi fotografer (pexels.com/JESHOOTS)

Bukan untuk siapa-siapa atau memperoleh apa pun, kamu selalu mengusahakan yang terbaik untuk hal tersebut. Usaha terbaik yang kamu lakukan itu semata-mata untuk sekedar memuaskan dirimu sendiri. Juga, karena kamu merasa senang melakukannya sehingga gak ingin hasilnya setengah-setengah. 

Jika sudah sampai tahap ini, kamu harus menyadari bahwa sudah menemukan passion dalam dirimu. Kini, giliran menekuninya dan konsisten. Suatu saat nanti kamu mungkin akan menuai hasil yang memuaskan dari passion tersebut. 

5. Meski gak berharap, tapi selalu ada yang memuji dan mengapresiasi usahamu itu

5 Tanda Nyata Kamu Sudah Menemukan Passion yang Tepat, Rela Capek!ilustrasi support system (pexels.com/Artem Beliaikin)

Walaupun gak pernah mengharapkannya, tapi pujian selalu kamu terima dari hasil kerjamu itu. Sesuatu yang dikerjakan karena passion memang memiliki hasil yang berbeda. Sebab, kamu dengan senang hati dan sukarela berusaha melakukan yang terbaik. 

Orang-orang justru bisa lebih dulu melihat, bahwa kamu berbakat dalam hal tersebut sebelum kamu menyadarinya. Jadi, jika ada pujian yang kamu terima, jadikanlah itu sebagai motivasi untuk melakukan yang lebih baik ke depannya. 

Terkadang, kehadiran passion dalam diri memang gak bisa disadari begitu saja. Meski begitu, jika sudah merasakan lima tanda di atas, bisa jadi kamu telah menemukan passion-mu. Selamat!

Baca Juga: 5 Plus Minus Bekerja Sesuai Passion, Gak Seindah yang Dikira!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya