Comscore Tracker

Duh, Ini 5 Tanda Sepele Kamu Sosok yang Suka Bikin Repot Orang Lain

Jangan jadi beban buat orang lain!

Dalam tindakan dan sikap yang kita lakukan sehari-hari, tentu kita gak luput dari salah dan khilaf. Namun, bukan berarti kita bisa diam aja dan berpangku tangan menerima semua kekurangan serta kesalahan tersebut. Kita hari ini pastinya harus lebih baik dibanding kita di hari kemarin. 

Jadi, wajib banget bagi kita untuk terus memperbaiki diri. Terutama jika kita termasuk orang yang suka bikin repot orang lain, nih. Ada beberapa tanda sepele yang membuat kamu masuk kategori suka bikin repot orang lain, yuk dicek bareng-bareng. 

1. Sering telat saat janjian

Duh, Ini 5 Tanda Sepele Kamu Sosok yang Suka Bikin Repot Orang Lainunsplash/Eutah Mizushima

Tanpa kita sadari, kedisiplinan kita terhadap penggunaan waktu akan berimbas pada orang di sekitar kita juga, lho. Saat kita sering datang terlambat, atau berlambat-lambat dalam mengerjakan suatu tugas, semua itu bisa bikin repot orang lain. Gak mau kan dicap sebagai orang yang gak disiplin dan selalu bikin orang kerepotan?

2. Suka ngeyel dan menolak kalau diberi saran

Duh, Ini 5 Tanda Sepele Kamu Sosok yang Suka Bikin Repot Orang Lainpexels/Immortal shots

Saat diberi saran oleh orang lain, kita perlu banget lho untuk mendengar dan mengaplikasikannya. Meski gak semua, namun kebanyakan saran yang diberikan, terutama oleh mereka yang lebih berpengalaman, biasanya akan sangat membantu dan mempermudah kita. Dengan mengabaikan saran-saran tersebut, kita gak cuma merepotkan diri sendiri, namun juga orang lain.

Baca Juga: 8 Tips Mudah Jadi Orang Supel, Gak Kaku Lagi deh Ketemu Orang Baru

3. Gak mandiri dan lebih senang bergantung pada orang lain

Duh, Ini 5 Tanda Sepele Kamu Sosok yang Suka Bikin Repot Orang Lainunsplash/Toa Heftiba

Selalu bergantung pada orang lain pastinya juga bikin siapapun akan kerepotan. Orang lain jadi harus terus meluangkan waktunya untuk membantu kita bahkan ketika sebenarnya mereka sendiri punya urusan penting. Merepotkan banget kan kalau begini?

4. Ceroboh dan gak bisa berhati-hati dalam hal apapun

Duh, Ini 5 Tanda Sepele Kamu Sosok yang Suka Bikin Repot Orang Lainunsplash/Ryan Loughlin

Sifat ceroboh terbukti bisa bikin kita rugi dan yang pasti juga merepotkan orang lain. Bayangkan, karena kamu yang suka ceroboh dalam mengendarai kendaraan bermotor, misalnya, kamu jadi mencelakai orang lain di jalanan. Tuh kan, makanya sifat ceroboh harus belajar untuk kita atasi. 

5. Senang melanggar aturan yang ada di masyarakat

Duh, Ini 5 Tanda Sepele Kamu Sosok yang Suka Bikin Repot Orang Lainpexels/Ryanniel Masucol

Buat kamu yang masih suka melanggar peraturan nih, kamu bisa masuk kategori orang yang suka bikin repot orang lain, lho. Keenggananmu dalam mematuhi aturan yang berlaku akan menyebabkan orang sekitarmu terkena imbasnya. Contohnya di masa pandemi seperti saat ini. 

Jika kamu masih suka berkeliaran di tempat ramai tanpa menggunakan masker dan menjaga jarak, kamu bisa tertular virus COVID-19 dengan mudah dan kemudian menularkannya juga pada keluargamu di rumah. Aduh, bikin repot deh!

Tindakan ceroboh dan melanggar aturan serta sikap-sikap sepele seperti yang disebutkan di atas wajib banget untuk kita koreksi dan kurangi. Pasalnya, kerugian gak akan cuma kita rasakan, tapi juga berdampak pada orang sekitar. Gak mau kan jadi beban?

Baca Juga: Bedanya Orang Pintar dan Orang Bijak ala Merry Riana

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya