Comscore Tracker

Terlalu Cuek Dalam Hidup, Kamu Mungkin Akan Mengalami 6 Kerugian Ini

Santai boleh, tapi jangan terlalu cuek juga ya

Pernah, kan, mendengar nasihat untuk lebih santai menjalani hidup? Maksud santai di sini yaitu kurangi sedikit sikapmu yang terlalu serius ketika menghadapi masalah. Tapi, santai bukan berarti kamu jadi terlalu cuek dan mengabaikan kejadian dalam hidupmu begitu saja. 

Sikap terlalu cuek ternyata juga gak baik buat kamu lho. Ada beberapa kerugian nih yang akan kamu rasakan jika selama ini kamu terlalu cuek menjalani hidup.

1. Melewatkan kesempatan

Terlalu Cuek Dalam Hidup, Kamu Mungkin Akan Mengalami 6 Kerugian Iniunsplash/Fransisco Gonzalez

Kesempatan hanya datang sekali, dan hanya orang yang siaplah yang bisa mengambil dan menggunakan kesempatan tersebut. Nah, jika kamu terlalu cuek, otomatis kamu akan melewatkan kesempatan yang datang padamu. Jangan salahkan orang lain jika hal ini sampai terjadi, yang salah justru dirimu sendiri karena sudah terlalu santai dan cuek.

2. Terlambat dan tertinggal dibanding orang lain yang seusiamu

Terlalu Cuek Dalam Hidup, Kamu Mungkin Akan Mengalami 6 Kerugian Iniunsplash/Joshua Rawson-Harris

Ketika kamu terlalu cuek, tanpa sadar waktu akan berlalu begitu saja. Karena sudah melewatkan banyak kesempatan, tentu kamu akan tertinggal dibanding orang lain yang seusiamu. Memang sih membandingkan diri dengan orang lain juga bukan tindakan yang bijak, tapi jika itu semua merupakan akibat dari kesalahanmu sendiri, maka kamu perlu lebih introspeksi diri lagi.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Bersahabat dengan Orang Cuek Itu Asyik dan No Drama!

3. Menyesal di kemudian hari

Terlalu Cuek Dalam Hidup, Kamu Mungkin Akan Mengalami 6 Kerugian Iniunsplash/Gift Habeshaw

Gak mau kan jadi orang yang menyesal di kemudian hari? Makanya, kurangi sedikit sikap cuekmu. Sesekali bersikaplah lebih serius dan miliki target yang ingin kamu raih. Jika terus-menerus cuek, akan lebih banyak penyesalan yang akan kamu rasakan, lho.

4. Dipandang sebelah mata oleh lingkungan sekitar

Terlalu Cuek Dalam Hidup, Kamu Mungkin Akan Mengalami 6 Kerugian Iniunsplash/Luke Porter

Saat sudah menjalani hidup dengan benar saja ada banyak orang yang nyinyir, apalagi saat kamu melakukan sesuatu yang salah. Orang-orang sekitar akan memojokkanmu dan membuatmu kehilangan kepercayaan diri. Selagi belum terlambat, perbaiki dari sekarang ya.

5. Kehilangan rasa tanggung jawab

Terlalu Cuek Dalam Hidup, Kamu Mungkin Akan Mengalami 6 Kerugian Iniunsplash/Ben White

Semakin kamu cuek menjalani hidup, semakin hilang lah rasa tanggung jawab dari dirimu. Kamu akan menjadi pribadi yang gak bertanggung jawab bahkan terhadap tindakanmu sendiri. Jika diteruskan hal ini gak hanya merugikan diri sendiri tapi juga orang lain, lho.

6. Bahkan, kehilangan rasa empati dan peduli

Terlalu Cuek Dalam Hidup, Kamu Mungkin Akan Mengalami 6 Kerugian Iniunsplash/@elliot_drew

Bukan cuma rasa tanggung jawab yang hilang, ketika terlalu cuek dan gak peduli pada apa yang terjadi di sekitarmu, kamu juga akan kehilangan empati. Jangan sampai kita dicap sebagai orang yang gak punya hati karena hilangnya kepedulian kepada orang lain ini, ya.

Semua yang kita lakukan dalam hidup ini haruslah seimbang. Serius memikirkan target masa depan, tapi juga jangan terlalu serius. Begitupun ketika bersikap santai, jangan sampai kamu jadi terlalu cuek ya.

Baca Juga: 6 Kerugian yang Bakal Kamu Derita Kalau Terus Pura-pura Bahagia

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya