Comscore Tracker

Jaga Jarak, Ini 5 Tipe Teman yang Bisa Bikin Kita Merasa Insecure!

#IDNTimesLife Punya teman yang suka pamer?

Semakin banyak teman yang kita miliki, tentu semakin beragam pula karakter dan kepribadian orang yang kita ketahui. Pasalnya, semua orang tentu membawa kebiasaan dan memiliki ciri khasnya masing-masing. Di satu sisi, hal ini bisa jadi sangat menarik dan menyenangkan. Namun, di sisi lain, ini juga bisa menimbulkan pergolakan batin dan mempengaruhi kesehatan mental kita lho.

Terutama, jika teman yang kita miliki justru membuat kita merasakan perasaan-perasaan negatif seperti rasa insecure dan kehilangan kepercayaan diri. Ada lima karakter teman yang bisa bikin kita merasa insecure nih, yuk simak poinnya berikut ini.

1. Seseorang yang suka banget body shamming

Jaga Jarak, Ini 5 Tipe Teman yang Bisa Bikin Kita Merasa Insecure!unsplash.com/Victor Forgacs

Apa kamu punya teman yang suka banget body shamming? Seakan-akan mulutnya bakal gatel banget kalau gak mengomentari fisik orang lain. Meski dia tau badannya sendiri gak sempurna, tapi entah kenapa dia senang sekali menjatuhkan kepercayaan diri orang lain dengan mengomentari fisik mereka. Wah, teman begini sih fix banget harus kamu jauhi ya.

2. Mereka yang gampang nyinyir

Jaga Jarak, Ini 5 Tipe Teman yang Bisa Bikin Kita Merasa Insecure!pexels.com/Armin Rimoldi

Gampang banget nyinyir entah karena keberhasilan orang lain, dan juga kegagalan orang lain, adalah ciri teman yang gak akan membuat kamu bahagia bersama mereka. Alih-alih mendapat dukungan, ketika ingin memutuskan sesuatu hal baik besar maupun kecil dalam hidupmu, teman semacam ini akan menjatuhkanmu lho. Yakin mau terus menjalin pertemanan dengan orang begini?

3. Tukang pamer dan merasa paling hebat

Jaga Jarak, Ini 5 Tipe Teman yang Bisa Bikin Kita Merasa Insecure!pexels.com/Andrea Piacquadio

Punya teman sukses sih pasti bikin kita bangga ya. Tapi gimana jadinya jika temanmu ini suka banget pamer akan keberhasilannya dan merasa sebagai yang paling hebat? Bukannya bikin termotivasi, kamu malah jadi insecure dan eneg banget sama semua cerita-ceritanya. Hayo, daripada kesehatan mental terganggu, mending jaga jarak aja ya. 

Baca Juga: Inilah 6 Tanda Kamu Diam-diam Merasa Insecure, Harus Waspada!

4. Teman yang manipulatif

Jaga Jarak, Ini 5 Tipe Teman yang Bisa Bikin Kita Merasa Insecure!pexels.com/Pixabay

Ada juga nih tipe teman yang manipulatif abis. Mereka selalu punya cara untuk membuat kamu melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang berbeda. Misal, saat kamu mulai merasa percaya diri akan kemampuan yang dimiliki, eh kamu malah diajak melihat sisi negatifnya dan jadi kehilangan kepercayaan diri tersebut deh. 

5. Teman yang suka bercanda tanpa direm

Jaga Jarak, Ini 5 Tipe Teman yang Bisa Bikin Kita Merasa Insecure!unsplash.com/Heidi Walley

Teman yang humoris dan senang becanda pasti bikin happy, sih. Tapi kalau bercandanya suka kelewatan dan gak direm, itu sih bisa nyakitin hati banget kan. Meskipun memang hanya bercanda, namun jika sudah sampai menimbulkan rasa gak nyaman lebih baik kamu menegurnya. Atau, kalau gak mempan juga, sebaiknya hindari berteman dekat dengan orang begini, guys.

Orang yang ada di sekitar kita bisa menentukan bagaimana cara kita memandang hidup ini. Termasuk juga bikin kita semakin tangguh atau malah sebaliknya, bikin kita insecure abis. Kamu punya kendali lho untuk menentukan jenis teman seperti apa yang ingin dipertahankan. Kalau bisa menghindar, kenapa gak? 

Baca Juga: Gak Disadari, 5 Hal Sepele Ini Justru Penyebab Insecure Paling Besar

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya