Comscore Tracker

5 Tips agar Kita Bisa Lebih Menikmati Setiap Momen yang Dialami

Bikin hidupmu lebih 'hidup'!

Pernah gak sih kamu berada di momen di mana rasanya semua serba hambar dan membosankan? Seakan-akan kamu sudah melakukan berbagai hal tapi gak pernah benar-benar merasa bahagia? Ketika kamu merasa terjebak dalam pola yang sama dan gak bisa keluar?

Jika itu adalah apa yang kamu rasakan saat ini, bisa jadi penyebabnya adalah kurangnya momen yang benar-benar kamu nikmati. Kamu berada di suatu kejadian membahagiakan tapi pikiranmu sedang gak di sana. Kamu harusnya bisa tertawa lepas bersama teman-temanmu tapi bahkan suara tawamu sendiri terdengar palsu.

Mulai saat ini, coba deh mulai terapkan lima hal berikut agar hidupmu terasa lebih hidup dan semua yang kamu alami bisa terasa lebih nyata. Yuk simak dan dicoba bareng-bareng ya!

1. 'Hadir' dalam momen tersebut

5 Tips agar Kita Bisa Lebih Menikmati Setiap Momen yang Dialamipexels.com/Pixabay

Saat sedang bersama keluarga, teman, pasangan, dan lain sebagainya, cobalah untuk lebih 'hadir' pada momen tersebut. Jangan biarkan pikiranmu berkelana kemana-mana. Tapi, fokuslah pada apa yang sedang terjadi di sekitarmu. Buka matamu lebih lebar dan rasakan betapa menyenangkan dan mendamaikannya momen itu.

2. Mensyukuri setiap kesempatan yang dimiliki

5 Tips agar Kita Bisa Lebih Menikmati Setiap Momen yang Dialamipexels.com/Clem Onojeghuo

Bersyukur juga merupakan cara lain yang bisa kita coba. Sayangnya, hal satu ini seringkali dilupakan banyak orang dan dianggap sepele. Padahal, dari mensyukuri keberadaan kita saat ini, kita jadi bisa menghargai dan mengetahui bahwa apa yang dialami saat ini, gak akan bisa terulang lagi di lain waktu.

Baca Juga: 5 Pelajaran Film Soul, Pentingnya Bersyukur dan Menikmati Hidup 

3. Melihat segala hal dari sudut pandang positif

5 Tips agar Kita Bisa Lebih Menikmati Setiap Momen yang Dialamipexels.com/bruce mars

Merasa semua orang begitu menyebalkan dan kamu adalah pihak yang selalu dirugikan? Hayo, coba deh untuk melihat segalanya dari sudut pandang positif. Tiba-tiba dilanda kesialan? Carilah sisi menarik atau hikmah dari musibah tersebut. Kalau masih belum terlihat juga, tetaplah berpikir positif dan yakinkan dirimu bahwa itu adalah jalan terbaik bagimu saat ini.

4. Meluangkan waktu untuk mengaktifkan semua indera pada momen tersebut

5 Tips agar Kita Bisa Lebih Menikmati Setiap Momen yang DialamiPexels.com/pixabay

Agar bisa lebih 'hadir' pada suatu momen, coba deh aktifkan semua inderamu. Buka matamu lebih lebar, hirup aroma yang ada di sekitarmu, dengarkan suara yang bisa ditangkap telingamu, rasakan sesuatu yang bisa kamu sentuh. Setelah itu, tariklah nafas panjang dan nikmati perasaan yang muncul di hatimu.

5. Menikmati setiap saat dengan senyuman

5 Tips agar Kita Bisa Lebih Menikmati Setiap Momen yang Dialamipexels/Andrea Piacquadio

Cemberut akan membuat hati kita merasa kesal, sebaliknya, sebuah senyuman akan sangat ampuh untuk memperbaiki mood yang kita rasakan. Dalam setiap hari-hari yang kita lalui, dan setiap momen yang kita alami, pastikan kita menghiasinya dengan senyuman. Maka dengan begini, perasaan kita pun akan bahagia dan energi positif siap menghampiri.

Kurang menikmati momen akan membuat kita mudah merasa bosan atas apa yang dilakukan, bahkan saat kita sedang liburan atau bersenang-senang sekalipun. Jangan sampai kita melewatkan momen indah dengan sibuk merutuk atau menyesali yang sudah terjadi, ya. Setuju?

Baca Juga: Jangan Abaikan 5 Nasihat Orangtua Ini, Jika Tak Ingin Menyesal!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya