Comscore Tracker

Jangan Sampai Kalap, Ini 5 Tips Belanja Anti Boros Jelang Lebaran

#RamadanMasaKini gak perlu berlebihan buat lebaran ya

Setelah sebulan berpuasa, momen yang ditunggu-tunggu banyak orang adalah hari kemenangan yaitu Idul Fitri. Bukan tanpa alasan, pada hari kemenangan ini semua orang Islam sangat bersemangat dan berbahagia. Selain karena sudah berhasil melalui bulan puasa, hari kemenangan juga identik dengan baju baru, makanan yang beragam, silaturahmi kepada keluarga dan kerabat, dan masih banyak kemeriahan lainnya.

Namun, menjelang lebaran sendiri, ada juga nih tradisi berbelanja yang biasanya dilakukan orang Indonesia. Baik itu belanja pakaian, bahan makanan, ataupun kue-kue khas lebaran. Sayangnya, seringkali orang-orang cenderung jadi boros nih di momen seperti ini. Padahal, kita umat Islam selalu diingatkan untuk gak berlebihan dalam hal apapun termasuk belanja.

Biar menjelang lebaran kali ini kita bisa menahan diri dan gak boros, yuk simak tipsnya berikut ini gengs.

1. Pergilah belanja sendiri

Jangan Sampai Kalap, Ini 5 Tips Belanja Anti Boros Jelang Lebaranunsplash/BBH Singapore

Pergi belanja sendirian ternyata dipercaya dapat mengurangi pengeluaran kita lho. Jika biasanya shopping bareng teman kamu jadi lebih mudah tergoda dengan barang-barang yang juga dibelinya, saat sendiri kamu akan lebih fokus pada apa yang memang ingin kamu beli saja. Makanya lebih hemat dan jadi gak berlebihan.

2. Gunakan uang tunai

Jangan Sampai Kalap, Ini 5 Tips Belanja Anti Boros Jelang Lebaranunsplash/Yuan Thirdy

Berbelanja menggunakan uang tunai akan lebih menimbulkan perasaan kehilangan yang cukup tinggi dibanding jika kita menggunakan kartu kredit. Sehingga, kita jadi lebih bisa mengurangi keinginan untuk berbelanja barang-barang yang sebenarnya tidak begitu kita perlukan. Sementara, kalau menggunakan kartu kredit, perilaku konsumtif kita akan lebih susah untuk dikontrol karena kita tidak merasa kehilangan apa-apa.

Baca Juga: 15 Ucapan Idulfitri yang Bisa Kamu Gunakan Saat Lebaran Nanti

3. Bikin list barang yang dibutuhkan sebelum mulai belanja

Jangan Sampai Kalap, Ini 5 Tips Belanja Anti Boros Jelang Lebaranunsplash/rawpixel

Membuat list barang yang kamu ingin beli merupakan trik yang tentu sudah dilakukan banyak orang. Fungsinya adalah agar kamu lebih fokus saat belanja dan gak "kehilangan arah" lalu kemudian membeli hal-hal yang sebenarnya tidak perlu.

4. Ingatlah untuk belanja sesuai kebutuhan, bukan keinginan

Jangan Sampai Kalap, Ini 5 Tips Belanja Anti Boros Jelang Lebaranpexels.com

Berbelanja, terutama untuk kaum hawa, biasanya memang mudah teralihkan fokusnya pada barang lain. Gak jarang, berangkat dengan niat membeli barang A, eh malah beli barang B hanya karena tampilannya yang cantik banget. Makanya, mindset yang kuat untuk hidup hemat sangat diperlukan nih. Salah satunya adalah selalu ingat untuk belanja sesuai kebutuhan, bukan keinginan. Setiap kali ingin membeli sesuatu, tanyakan dulu pada dirimu, apakah barang ini masuk dalam kategori kebutuhan, atau hanya keinginan sesaat?

5. Bawa uang pas sesuai list yang dibuat sebelumnya

Jangan Sampai Kalap, Ini 5 Tips Belanja Anti Boros Jelang Lebaraninstagram.com/@shireensungkar

Membuat list saja seringkali gak akan cukup untuk menekan pengeluaran yang tidak perlu. Trik lainnya yang perlu ditiru adalah membawa uang sesuai dengan total list barang yang ingin dibeli tersebut saja. Jadi, gak ada deh tuh namanya belanja barang gak penting.

Ingat nih guys, tips dan trik tadi cuma akan berhasil jika kamu memiliki tekad yang kuat untuk berhemat. Jika memang kamunya masih suka boros dan gak ada niat untuk berubah, tips seperti apapun gak akan mempan deh jadinya. Yuk biasakan hidup hemat dan gak berlebihan mulai sekarang ya.

Baca Juga: 6 Inspirasi Parsel Lebaran Selain Kue Kering, Super Kreatif dan Unik!

Desy Damay Photo Community Writer Desy Damay

part time writer, half time teacher, and full time daughter. you can kindly send me an email to: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You