Comscore Tracker

5 Tips Fokus Memaksimalkan Apa yang Dimiliki saat Ini, Kamu Istimewa!

Jangan ada iri dalam hati, ya

Setiap dari kita pasti punya kelebihan atau bakat dalam bidang tertentu. Setiap bakat tersebut pasti bisa diasah dan dikembangkan selama kita memiliki tekad yang kuat.

Namun, tak semua orang bisa dan mau fokus mengembangkan bakatnya. Apalagi, jika kelebihan yang dimiliki itu terasa seperti bukan apa-apa dibanding kelebihan yang dimiliki orang lain.

Padahal, kamu gak akan tahu apa yang menanti di depan sana. Bisa saja bakat yang saat ini kamu anggap sepele ternyata adalah hal yang luar biasa berguna suatu saat nanti. Terutama jika kamu mau fokus mengembangkan dan menekuninya. Ini dia lima tips agar kamu bisa memaksimalkan apa yang dimiliki saat ini. 

1. Gak memandang rendah diri sendiri

5 Tips Fokus Memaksimalkan Apa yang Dimiliki saat Ini, Kamu Istimewa!ilustrasi orang bekerja (pexels.com/Jopwell)

Pertama dan yang paling utama tentunya adalah memperbaiki caramu memandang diri sendiri terlebih dahulu. Kamu harus percaya diri dan yakin bahwa bakat yang kamu miliki itu spesial. Jangan sampai termakan hasutan orang lain yang berusaha merendahkan. 

Sebab, jika bukan kamu yang percaya pada dirimu, lalu siapa lagi? Yakinlah bahwa bukan tanpa alasan kamu diberikan bakat yang dimiliki saat ini. 

2. Hindari membandingkan dirimu dengan orang lain

5 Tips Fokus Memaksimalkan Apa yang Dimiliki saat Ini, Kamu Istimewa!ilustrasi merenung sendiri (unsplash.com/Joshua Rawson Haris)

Membandingkan diri dengan orang lain itu gak akan pernah ada habisnya. Selalu ada orang yang lebih hebat, lebih berbakat, dan juga lebih beruntung darimu. Terus melakukan perbandingan hanya akan membuat kamu menyerah atas bakat yang dimiliki. 

Ujung-ujungnya, kamu hanya akan jadi orang yang mengagumi orang lain tanpa pernah bisa membuat diri sendiri bangga. Yuk, lebih sering mengeksplor keahlian diri dari sekarang.

Baca Juga: 7 Hal di Media Sosial yang Dapat Memicu Rasa Iri, Pernah Ngerasain? 

3. Jauhkan diri dari rasa iri dengki

5 Tips Fokus Memaksimalkan Apa yang Dimiliki saat Ini, Kamu Istimewa!ilustrasi orang ngobrol (Pexels.com/Jorge Alvarez Lecaros)

Tahukah kamu, jika sebuah penyakit hati bisa membuat kita gagal sukses? Contohnya adalah munculnya rasa iri atau dengki dalam benakmu.

Melihat si A yang berhasil lulus kuliah dengan nilai memuaskan, kamu sibuk menaruh rasa iri dan mencari kekurangannya. Begitu juga ketika si B berhasil memperoleh pekerjaan, kamu malah menggunjingkan kesalahannya di masa lalu. 

Itu namanya kamu sedang iri karena gak bisa mendapatkan dan meraih pencapaian seperti mereka. Mau sampai kapan terus mengurusi hidup orang? 

4. Sering melakukan evaluasi diri

5 Tips Fokus Memaksimalkan Apa yang Dimiliki saat Ini, Kamu Istimewa!ilustrasi orang menulis (Pexels.com/Kaboompics. com)

Penting banget, tapi jarang dilakukan adalah kegiatan mengevaluasi diri. Kamu seringkali masih hidup dengan hanya mengikuti arus kehidupan yang ada. Padahal, perlu sesekali lebih serius dan berkaca dari apa yang sudah kamu lewati. 

Kira-kira, di mana letak kesalahan kita hingga dulu pernah gagal. Mungkin, kamu juga bisa memikirkan bagaimana caranya agar bakat kita bisa bermanfaat bagi orang lain. 

5. Konsisten dalam menekuni apa yang saat ini dijalani

5 Tips Fokus Memaksimalkan Apa yang Dimiliki saat Ini, Kamu Istimewa!ilustrasi fotografer (Pexels.com/JESHOOTS)

Untuk bisa fokus memaksimalkan potensi diri, pastinya gak hanya sekedar niat dan tekad yang kamu perlukan. Konsistensi juga sangat penting, agar kamu gak jadi orang yang gampang menyerah dan berbalik arah. 

Segala hal yang ditekuni dengan konsisten pasti akan membuahkan hasil, kok. Memang gak instan dan butuh proses, tapi hasilnya akan sepadan dengan perjuangannya. 
Apa pun bakat dan keahlian yang kamu miliki saat ini, cobalah untuk serius menekuninya.

Seiring berjalannya waktu, mungkin kamu akan bisa menciptakan masa depan yang cerah lewat bakat tersebut. Kira-kira, keahlianmu apa, nih?

Baca Juga: 5 Tips Fokus Kembangkan Keahlian Diri agar Semakin Maksimal

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya