Comscore Tracker

5 Tips Ampuh Biar Gak Ngantuk Saat Salat Tarawih, Semangat yuk!

#RamadhanMasaKini Ibadah harus tetap nomor satu

Menjalani ibadah selama bulan Ramadan memang pasti menghadapi suka dan duka yang gak bisa dijelaskan dengan kata-kata. Lapar dan haus membuat energi kita berkurang. Belum lagi buat yang masih harus beraktivitas di siang harinya. Ditambah, malam harinya harus menjalankan ibadah tarawih berjamaah di masjid.

Gak bisa dipungkiri, rasa lelah yang menghinggapi kadang memang membuat rasa kantuk datang menyerang saat sedang salat tarawih.

Ada beberapa tips, nih biar ibadah tarawihmu gak terganggu dengan rasa kantuk.

1. Jangan makan berlebih saat buka puasa

5 Tips Ampuh Biar Gak Ngantuk Saat Salat Tarawih, Semangat yuk!unsplash/Herson Rodriguez

Buka puasa bukan saat balas dendam, lho. Makan banyak saat berbuka bukan hanya gak baik untuk kesehatanmu tapi juga akan membuat kamu lebih mudah merasa ngantuk saat tarawih nanti. Jika ingin badan tetap bugar untuk tarawih, makanlah secukupnya saat berbuka. Gak perlu berlebihan.

2. Sempatkan tidur di siang hari

5 Tips Ampuh Biar Gak Ngantuk Saat Salat Tarawih, Semangat yuk!unsplash/Kalegin Michail

Bagaimana pun juga, jam tidur saat berpuasa memang berubah total. Bangun dini hari untuk sahur pasti akan membuat kamu ngantuk di siang harinya. Jika memungkinkan, sempatkanlah untuk tidur dan beristirahat sejenak agar saat tarawih nanti malam bisa tetap semangat.

Baca Juga: 5 Kebaikan Spiritual yang Bisa Didapat dari Salat Tarawih 

3. Hayati ayat-ayat yang dibacakan imam

5 Tips Ampuh Biar Gak Ngantuk Saat Salat Tarawih, Semangat yuk!unsplash/Masjid Pogung Dalangan

Ngantuk saat salat biasanya datang karena kita gak sungguh-sungguh mendengarkan, dan menerjemahkan ayat-ayat yang kita dengar. Kita malah membiarkan diri hanyut dengan lantunan bacaan imam dan merasa seperti di-ninabobo. Padahal, jika kita lebih mendalami tafsir dan makna ayat tersebut, kita pasti akan bisa merasakan nikmat salat yang sesungguhnya.

4. Bawa air putih sebagai penawar kantuk

5 Tips Ampuh Biar Gak Ngantuk Saat Salat Tarawih, Semangat yuk!unsplash/Rifky Nur Setyadi

Membawa segelas atau sebotol air mineral untuk bekal saat mengantuk bukan hal yang dilarang kok. Jika terasa kantuk mulai datang, d ipertengahan istirahat salat, kamu bisa minum beberapa teguk untuk menyegarkan kembali pikiranmu.

5. Berwudu kembali juga diperbolehkan kok

5 Tips Ampuh Biar Gak Ngantuk Saat Salat Tarawih, Semangat yuk!unsplash/David Monje

Ngantuk bisa dikurangi dengan membasuh wajah. Daripada ke belakang hanya untuk membasuh wajah saja, kamu bisa kok berwudu kembali untuk menyegarkan wajahmu. Dijamin kantuk pasti akan berkurang. Walaupun mungkin gak hilang seutuhnya.

Perbanyak ibadah saat bulan Ramadan karena ganjaran pahalanya juga sangat besar. Semangat terus menjemput kemenangan, ya.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Desy Damay Photo Community Writer Desy Damay

part time writer, half time teacher, and full time daughter. you can kindly send me an email to: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You