Comscore Tracker

5 Cara Jitu Lawan Kantuk Agar Lancar Jalani Ibadah Tarawih 

Kan gak lucu, waktu rakaat kedelapan malah ketiduran

Tak terasa akhirnya Ramadan telah tiba. Di bulan yang penuh ampunan ini tentu orang-orang saling berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala. Salah satunya dengan melaksanakan salat tarawih.

Yap, salat tarawih merupakan salat sunah yang khusus dilakukan di saat bulan Ramadan. Namun permasalahannya mungkin sebagian dari kita ketika melakukan salat tarawih rasa kantuk terkadang datang menghampiri.

Tentu demikian timbul pertanyaan, bagaimana sih cara melawan kantuk tersebut?

1. Atur porsi makan saat berbuka

5 Cara Jitu Lawan Kantuk Agar Lancar Jalani Ibadah Tarawih Unsplash/Dan Gold

Ketika berbuka tentu disarankan agar tidak terlalu berlebih-lebihan. Selain kekenyangan apabila terlalu berlebihan takutnya nanti akan dapat membuat kamu mager serta tentu pada saat melaksanakan tarawih akan mudah merasa ngantuk.

So, pandai-pandai ya untuk mengatur porsi makan kamu. Sebaiknya khusus makanan berat di konsumsi setelah melaksanakan tarawih.

2. Perbanyak minum air putih

5 Cara Jitu Lawan Kantuk Agar Lancar Jalani Ibadah Tarawih Pexels/Daria Shevtsova

Menjalani puasa seharian penuh membuat tubuh memang banyak kehilangan cairan. Seperti diketahui dengan konsumsi air putih tentu dapat membantu kita terhindar dari rasa kantuk. Minum air dalam jumlah cukup saat buka puasa agar tidak mengantuk saat tarawih.

Baca Juga: 4 Tips Merawat Mukena, Biar Ibadah Tarawih Kamu Selalu Nyaman

3. Tidur yang cukup

5 Cara Jitu Lawan Kantuk Agar Lancar Jalani Ibadah Tarawih Pexels/Ivan Obelensky

Kita tahu bahwa sebelum melaksanakan puasa tentunya harus bangun untuk melakukan sahur. Apabila kamu terlalu larut malam tidur tentu istirahat akan kurang bukan.

Sehingga tanpa kita sadari hal itu akan berdampak hingga sampai masuknya tarawih. Nah, untuk itu coba tidur lebih awal lagi ya.

4. Hindari stres

5 Cara Jitu Lawan Kantuk Agar Lancar Jalani Ibadah Tarawih Pexels/Janko Ferlic

Ternyata hormon dari stres menyebabkan tubuh di penuhi dengan adrenalin yang menyisakan rasa kantuk loh. Untuk itu usahakan hindari stres selama bulan puasa ini ya, terutama menjelang melakukan tarawih.

5. Konsumsi multivitamin

5 Cara Jitu Lawan Kantuk Agar Lancar Jalani Ibadah Tarawih Pexels/Jeshoots.com

Kenali tentang kondisi tubuh kamu. Apabila selama tarawih kamu masih merasakan lemas atau kurang bersemangat bisa jadi karena kekurangan vitamin dan mineral.

Cara alternatif yang dapat kamu ambil coba konsumsi multivitamin, dengan catatan harus sesuai dosis ya.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Deka Apriansyah Photo Verified Writer Deka Apriansyah

TEP, Universitas Andalas

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya