Comscore Tracker

6 Kegiatan Bermanfaat saat Sendirian di Rumah, Tak Melulu Main HP

Dijamin lebih seru dan berfaedah!

Ketika hari libur telah tiba dan kamu sedang sendirian di rumah, mungkin bermain handphone merupakan kegiatan yang kamu lakukan untuk mengisi waktu kesendirianmu. Kamu bisa bermain games sepuasnya dan bermain sosmed seharian.

Padahal masih banyak kegiatan lain yang lebih berfaedah daripada bermain handphone terus-menerus. Lagipula bermain handphone juga gak baik lho untuk kesehatan mata kamu. Nah, biar harimu lebih seru dan bermanfaat saat sendirian di rumah. Yuk, lakukan enam kegiatan di bawah ini!

1. Membaca buku

6 Kegiatan Bermanfaat saat Sendirian di Rumah, Tak Melulu Main HPilustrasi seorang wanita membaca buku (unsplash.com/Marga Santoso)

Kegiatan pertama yang bisa kamu lakukan saat di rumah sendirian, yaitu membaca buku. Jika beberapa waktu lalu kamu pernah membeli sebuah buku dan belum sempat untuk membacanya, ini adalah waktu yang tepat untuk membaca.

Tapi, kalau tak punya buku baru, kamu juga bisa lho membaca kembali buku-buku lama kesukaanmu. Tak hanya buku, bahan bacaan lainnya tentu saja dapat kamu baca, misalnya majalah dan koran.

2. Belajar memasak

6 Kegiatan Bermanfaat saat Sendirian di Rumah, Tak Melulu Main HPilustrasi seseorang belajar membuat kue (pexels.com/Nicole Michalou)

Supaya harimu lebih berfaedah, memasak menjadi salah satu kegiatan yang bisa kamu coba. Kamu cukup memikirkan satu makanan, lalu carilah resep dan cara membuatnya di situs internet atau di buku kumpulan resep makanan.

Kemudian, masaklah sesuai dengan prosedur yang diberikan. Selain menyenangkan, belajar memasak juga bisa menambah pengalaman.

3. Membersihkan rumah

6 Kegiatan Bermanfaat saat Sendirian di Rumah, Tak Melulu Main HPilustrasi seorang wanita menyapu lantai (pexels.com/RODNAE Productions)

Saat orang tuamu sedang pergi keluar, mungkin saja ada beberapa pekerjaan rumah yang belum selesai dikerjakan. Tidak ada salahnya jika kamu menyelesaikan pekerjaan rumah yang belum selesai itu, misalnya mencuci baju, menyapu lantai, dan menyiram tanaman.

Selain dapat mengisi waktu luang, rumahmu akan terlihat jauh lebih bersih, sehingga kamu semakin betah berada di rumah.

Baca Juga: 5 Kegiatan Bermanfaat bagi Mahasiswa untuk Mengisi Liburan, Coba, yuk!

4. Mengerjakan tugas sekolah atau kuliah

6 Kegiatan Bermanfaat saat Sendirian di Rumah, Tak Melulu Main HPilustrasi seorang wanita mengerjakan tugas kuliah (pexels.com/MART PRODUCTION)

Bermain games di handphone memang mengasyikkan, tapi masih ada hal lain yang lebih bermanfaat dan penting untuk kamu lakukan, yaitu mengerjakan tugas sekolah atau kuliah.

Sendirian di rumah merupakan momen yang pas untuk menyelesaikan tugas sekolah atau tugas kuliah karena suasana rumah yang sepi membuat kamu lebih mudah untuk konsentrasi. Coba bayangkan, jika tugas sekolah atau tugas kuliahmu selesai lebih awal tentu hatimu akan merasa lega dan lebih tenang bukan?

5. Olahraga ringan

6 Kegiatan Bermanfaat saat Sendirian di Rumah, Tak Melulu Main HPilustrasi seorang wanita sedang olahraga yoga di rumah (unsplash.com/Zen Bear Yoga)

Meski kamu sedang sendirian di rumah, bukan berarti kamu terus bermalas-malasan sambil bermain sosmed berjam-jam.

Cobalah untuk lebih memperhatikan kesehatan tubuhmu dengan melakukan olahraga ringan, misalnya yoga, naik-turun tangga, lari di tempat, push-up, dan jumping jack.

Olahraga tidak hanya dapat menyehatkan tubuh, tetapi juga mampu meredakan stres dan meningkatkan semangat.

6. Berkaraoke dengan lagu favorit

6 Kegiatan Bermanfaat saat Sendirian di Rumah, Tak Melulu Main HPilustrasi seorang wanita sedang bernyanyi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Momen sendirian di rumah juga bisa kamu manfaatkan untuk melakukan kegiatan seru lho, yakni berkaraoke. Jika sebelumnya, kamu lebih sering mendengarkan lagu kesukaan hanya lewat earphone.

Ini merupakan momen yang tepat untuk kamu bisa mendengarkan lagu favorit sambil bernyanyi sesuka hati tanpa gangguan. Kamu bisa menyalakan lagu favorit lewat pengeras suara dengan volume secukupnya, lalu bernyanyilah dengan percaya diri.

Wah, ternyata banyak juga ya kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan saat sendirian di rumah. Jadi, tunggu apa lagi? Mulai sekarang, coba terapkan beberapa kegiatan di atas dalam kehidupanmu, ya!

Baca Juga: Gunakan Waktu Sendirimu dengan 5 Kegiatan Bermanfaat Ini

Delvi Ayuning Photo Verified Writer Delvi Ayuning

Menulis bukan hanya menuangkan kata-kata lewat tulisan, tapi lebih dari itu.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya