Comscore Tracker

5 Manfaat Konten Evergreen, Tingkatkan Traffic Secara Organik!

Jenis konten yang tak lekang oleh waktu

Bagi kamu yang memiliki website, blog, atau gemar menulis artikel, sudahkah mendengar tentang konten evergreen? Pengertian evergreen di sini bukanlah konten yang membahas tentang isu lingkungan, ya.

Konten evergreen adalah konten informatif yang tidak memiliki batas kedaluwarsa dan relevan sepanjang masa. Konten jenis ini tidak terpaku pada tren dan isu tertentu. Bisa dibilang bukan konten musiman.

Konten trending memang dapat menarik banyak viewers dalam jangka waktu tertentu. Namun, ternyata konten evergreen juga memiliki banyak keunggulan, lho. Inilah beberapa manfaat membuat konten evergreen.

1. Timeless dan tidak tergantung pada tren

5 Manfaat Konten Evergreen, Tingkatkan Traffic Secara Organik!ilustrasi jam pasir (pexels.com/Pixabay)

Kamu sering mencari artikel tentang tips kecantikan atau testimoni produk? itu adalah beberapa contoh dari konten evergreen. Pada dasarnya, konten evergreen tidak bergantung pada tren dan bisa diterapkan kapan saja. Informasi yang diberikan biasanya juga relevan dengan kehidupan sehari-hari.

Membuat konten yang sedang trending memang bisa menarik banyak viewers. Namun, konten tersebut tidak akan dilihat lagi ketika trennya sudah usai. Misalnya, kamu membuat artikel tentang ramalan zodiak bulan Maret 2022, maka orang-orang tidak akan melihat artikel tersebut di bulan-bulan berikutnya. Oleh karena itu, sangat penting membuat konten evergreen yang bisa dikonsumsi kapan saja oleh orang-orang.

2. Bertahan cukup lama di mesin pencarian

5 Manfaat Konten Evergreen, Tingkatkan Traffic Secara Organik!ilustrasi search engine (pexels.com/Caio)

Dilansir Digital Success, konten evergreen memiliki peluang besar untuk bertahan lebih lama di mesin pencarian. Kata kunci dari konten evergreen lebih sering dicari oleh pengguna internet karena sifatnya yang informatif, relevan, dan tak lekang oleh waktu.

Namun untuk tetap bertahan di halaman pencarian, kamu harus membuat artikel yang SEO friendly dengan riset kata kunci terlebih dahulu. Setelah artikel terbit di website atau blog perlu dilakukan update dan pembaharuan informasi agar tetap bisa bersaing dengan artikel lainnya.

Baca Juga: 7 Cara Mudah Membuat Tulisan yang SEO Friendly

3. Menjadi sumber refrensi atau backlink

5 Manfaat Konten Evergreen, Tingkatkan Traffic Secara Organik!ilustrasi menulis artikel (pexels.com/Vlada Karpovich)

Salah satu kelebihan konten evergreen adalah informasinya yang bermanfaat dan dibutuhkan banyak orang. Oleh karena itu, jika kamu membuat konten yang berkualitas, orang-orang akan dengan senang hati menyebarkan dan menjadikan kontenmu sebagai refrensi.

Misalnya, jika banyak situs yang mencantumkan link artikel kita sebagai sumber refrensi untuk artikel mereka. maka ranking situs kita akan semakin tinggi di mesin pencarian, karena situsmu dinilai terpercaya dan sangat berkualitas.

4. Meningkatkan traffic website

5 Manfaat Konten Evergreen, Tingkatkan Traffic Secara Organik!ilustrasi traffic website (pexels.com/Mikael Blomkvist)

Membangun website atau blog yang berkualitas bukanlah hal mudah dan sebentar, butuh waktu berbulan-bulan dan kesabaran yang ekstra. Selain konsisten membuat, isi dari konten tersebut juga harus berkualitas dan berguna untuk banyak orang.

Misalnya, kamu membuat artikel tentang rekomendasi hadiah untuk hari guru. Views artikel tersebut akan meningkat setiap tahun saat menjelang hari guru. Oleh karena itu, konten evergreen sangat penting dibuat untuk meningkatkan traffic website secara "organik" dari waktu ke waktu.

5. Ide konten lebih mudah didapatkan

5 Manfaat Konten Evergreen, Tingkatkan Traffic Secara Organik!ilustrasi mencari ide (pexels.com/cottonbro)

Mencari topik konten evergreen sebenarnya cukup mudah, kamu tidak perlu menunggu tren untuk membuat konten. Namun, kamu tetap harus mencari tau seberapa ketat persaingan untuk menulis artikel di topik tersebut. Jika sudah banyak situs yang menulis artikel tentang topik tersebut, kamu harus mengoptimalkan kata kunci dalam artikelmu.

Ide untuk membuat konten evergreen sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Kamu bisa membuat konten tentang review, rekomendasi, DIY, tips and trick, atau pengetahuan. Biasanya, format artikel listicle lebih disukai karena mengandung angka di judul artikel. Buatlah artikel dengan kata-kata sederhana dan mudah dimengerti semua orang.

Sudah tau kan manfaat membuat konten evergreen? Konten evergeen ataupun konten trending sebenarnya sama-sama penting dibuat, asalkan infomasinya harus bermanfaat untuk orang lain. Jangan lupa untuk selalu mengoptimalkan kontenmu, ya!

Baca Juga: IWF 2020: 5 Tips dari Segi SEO Agar Artikelmu Muncul di Google  

Delweys Octoria Photo Verified Writer Delweys Octoria

Hi, bestie! Have a great day!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya