Comscore Tracker

#GreenBeauty 5 Cara Ampuh Untuk Mengurangi Carbon Footprint  

Emisi karbon berlebihan bisa merusak lingkungan kita lho

Apa itu carbon footprint? Carbon footprint atau jejak karbon adalah jumlah karbon (biasanya berupa gas) yang dihasilkan dari berbagai aktivitas yang kita lakukan. Carbon footprint yang kita hasilkan akan memberikan efek negatif bagi lingkungan hidup kita, seperti kekeringan, cuaca ekstrim, hingga bencana alam.

Semakin banyak carbon footprint  yang dihasilkan maka semakin besar pula dampak negatif yang kita rasakan. Untuk itu sebuah usaha untuk mengurangi carbon footprint ini terus digencarkan salah satunya adalah dengan cara menganut green lifestye dalam kehidupan kita sehari-hari. 

Untuk memberikan kamu inspirasi agar kita dapat mengurangi carbon footprint yang kita hasilkan, maka pada artikel kali ini akan membahas cara-cara untuk mengurangi carbon footprint. 

1. Biasakan menggunakan kendaraan umum

#GreenBeauty 5 Cara Ampuh Untuk Mengurangi Carbon Footprint  Pexel.com/ Laura James

Salah satu kegiatan yang mengasilkan banyak carbon footprint adalah penggunaan kendaraan bermotor, terutama kendaraan pribadi. Hal ini disebabkan kendaraan bermotor membutuhkan bahan bakar seperti bensin dan solar yang menghasilkan gas buangan berupa karbondioksida.

Dengan menggunakan kendaraan umum, kita dapat menghemat penggunaan bahan bakar yang dibutuhkan untuk mengangkut seseorang ke tempat tujuannya. Bayangkan jika ada 100 orang yang beralih menggunakan kendaraan umum, artinya ada 100 kendaraan pribadi yang menghemat bahan bakarnya. Jika semakin banyak orang yang menggunakan kendaraan umum, maka carbon footprint dari kendaraan pun pastinya akan berkurang jauh.

Baca Juga: #GreenBeauty 5 Kebiasaan Sederhana yang Bantu Bumi agar Lebih Sehat

2. Hemat listrik 

#GreenBeauty 5 Cara Ampuh Untuk Mengurangi Carbon Footprint  ilustrasi Save energy (Pixabay/ PIRO4D)

Penggunaan peralatan elektronik membutuhkan listrik, sedangkan proses produksi listrik menggunakan bahan bakar fosil seperti batu bara yang juga akan menghasilkan gas emisi buangan berupa karbon. Sehingga dengan menghemat listrik kamu juga turut membantu mengurangi carbon footprint lho.

3. Gunakan air secukupnya

#GreenBeauty 5 Cara Ampuh Untuk Mengurangi Carbon Footprint  ilistrasi hemat air (Pixabay.com/ balouriarajesh)

Tahukah kamu bahwa proses pengolahan air bersih juga menghasilkan cukup banyak carbon footprint lho. Hal ini karena digunakannya berbagai peralatan seperti filter, pompa, dll sehingga setiap air bersih yang dihasilkan juga menghasilkan carbon footprint.

Oleh karena itu, usahakan agar kamu dapat menggunakan air seefisien mungkin terutama untuk penggunaan di luar konsumsi seperti mencuci baju dan mandi. Kalau kamu punya kebiasaan galau di bawah shower menyala, lebih baik kamu berganti lokasi saja ya,dan kalau bisa dilakukan di ruangan gelap agar galaumu menjadi lebih khidmat dan hemat energi.

4. Kurangi makanan impor dan konsumsi makanan lokal

#GreenBeauty 5 Cara Ampuh Untuk Mengurangi Carbon Footprint  ilustrasi supermarket (Pexels.com/ Anna Shvets)

Apakah ada hubungan antara makanan impor dengan carbon footprint ? Jawabannya adalah ada, karena makanan yang diimpor artinya membutuhkan moda transportasi yang lebih banyak. Hal ini secara otomatis akan membuat emisi karbon yang dihasilkan dari makanan impor akan lebih tinggi ketimbang makanan lokal.

Apakah itu artinya makanan lokal bebas dari carbon footprint ? Jawabannya adalah tidak, karena proses produksi makanan hingga bisa sampai di depan kita tetap membutuhkan energi dan artinya menghasilkan emisi karbon. Namun, jumlahnya lebih sedikit dibanding makanan impor karena tidak perlu menempuh jarak yang terlalu jauh. 

5. Gunakan produk rendah carbon footprint

#GreenBeauty 5 Cara Ampuh Untuk Mengurangi Carbon Footprint  ilustrasi aplikasi daur ulang (pexels.com/ready made)

Semakin meningkatnya kesadaran akan bahayanya peningkatan carbon footprint membuat banyak produsen berusaha mencari cara untuk membantu mengurangi carbon footprint ini. Mulai dari penggunaan bahan baku yang rendah emisi karbon hingga penggunaan teknologi agar emisi karbon yang dihasilkan dapat ditekan.

Salah satunya adalah Garnier yang merupakan salah satu produsen produk kecantikan terkemuka di dunia. Dalam kampanye #GarnierGreenBeauty, Garnier tidak hanya berkomitmen menjaga kita agar tetap cantik tetapi juga menjaga kecantikan Bumi kita. Dalam produksi produknya, Garnier menggunakan teknologi canggih bernama mini hydro power system yang mampu mengurangi 64% penggunaan air dan 84% emisi karbon.

Sehingga setiap produk Garnier yang kamu beli dipastikan memiliki carbon footprint yang kecil. Apabila kamu ingin mencari produk kecantikan yang ramah lingkungan dan carbon footprint rendah maka Garnier sangat direkomendasikan untuk kamu. Informasi lengkap produk Garnier serta kampanye #GarnierGreenBeauty dapat kamu lihat di https://www.garnier.co.id/green-beauty.

Nah, jadi itulah 5 hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu mengurangi carbon footprint. Mungkin tindakan-tindakan kecil ini tidak memberikan efek signifikan, tetapi apabila gerakan #onegreenstep ini dilakukan oleh banyak orang tentu efeknya akan besar juga bukan? #GarnierxIDNTimes 

Baca Juga: #GreenBeauty 6 Tips Manfaatkan Wadah Bekas Kosmetik, Gak Asal Buang!

Deny Hung Photo Verified Writer Deny Hung

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya