Comscore Tracker

7 Quote dari Novel 'Hujan' Karya Tere Liye, Menampar Hatimu!

Kalimatnya mengena di hati

Novel berjudul "Hujan" yang ditulis oleh Tere Liye ini bercerita tentang persahabatan, cinta, melupakan, perpisahan, dan tentu saja tentang hujan. Banyak kalimat di novel ini yang akan membuatmu baper lho. Salah satu yang menarik dari tulisan Tere Liye adalah penggunaan bahasanya yang mudah dipahami dan cukup mengena di hati. Berikut quote dari novel "Hujan" karya Tere Liye.

1. "Bukan melupakan yang jadi masalahnya, tapi menerima. Barang siapa yang bisa menerima, maka dia akan bisa melupakan, hidup bahagia. Tapi jika dia tidak bisa menerima, dia tidak akan pernah bisa melupakan."

7 Quote dari Novel 'Hujan' Karya Tere Liye, Menampar Hatimu!Ilustrasi seseorang di ayunan (pexels.com/Asad Photo Maldives)

Bicara soal melupakan tentu saja itu bukan perkara yang mudah untuk dilakukan. Namun, menurut sang penulis novel ini, bukan melupakan yang menjadi masalahnya tapi menerima. Jika kamu sudah bisa menerima kenyataannya, maka kamu akan mudah untuk melupakannya. Sebelum berusaha melupakan berarti kamu harus belajar menerima apa yang terjadi padamu terlebih dahulu.

2. "Bukan seberapa lama umat manusia bisa bertahan hidup sebagai ukuran kebahagiaan, tapi seberapa besar kemampuan mereka memeluk erat-erat semua hal menyakitkan yang mereka alami."

7 Quote dari Novel 'Hujan' Karya Tere Liye, Menampar Hatimu!Ilustrasi orang berpelukan (pexels.com/Helena Lopes)

Sudahkan kamu merasa disakiti oleh takdir? Tidak semua yang terjadi dalam hidup kita itu menyenangkan bukan? Saat kamu disakiti oleh takdir berusahalah perlahan untuk menerima dan memeluknya erat-erat. Kamu akan merasa bahagia jika sudah berdamai dengan takdir itu.

3. "Karena kenangan sama seperti hujan. Ketika dia datang kita tidak bisa menghentikannya. Bagaimana kita akan menghentikan tetes air yang turun dari langit? Hanya bisa ditunggu hingga selesai dengan sendirinya."

7 Quote dari Novel 'Hujan' Karya Tere Liye, Menampar Hatimu!Ilustasi seseorang dibawah payung (pexels.com/Aline Nadai)

Pernahkan kamu berusaha melupakan kenangan buruk? Atau saat ini kamu sedang berusaha melupakan kenangan itu. Seberapa keras pun kamu berusaha melupakan kenangan buruk itu, pasti akan sulit terlupakan bukan? Karena seburuk atau sebaik apa pun, kenangan itu tetap menjadi bagian dari hidupmu. Nanti, bila hatimu sudah benar-benar ikhlas, kamu pasti bisa berdamai dengan kenangan itu, tunggu saja.

Baca Juga: 10 Quotes Romantis dari Novel yang Bisa Jadi Ide Status Media Sosialmu

4. "Hidup ini juga memang tentang menunggu. Menunggu kita untuk menyadari kapan kita akan berhenti menunggu."

7 Quote dari Novel 'Hujan' Karya Tere Liye, Menampar Hatimu!Ilustrasi seseorang yang sedang menunggu (pexels.com/Fabrizio Verrecchia)

Tidak semua hal yang kita tunggu akan berakhir dengan indah. Tak peduli sehebat apa pun kamu bisa menunggu, jika itu terlalu lama, kamu pasti akan lelah juga. Di saat lelah itu lah mungkin kamu akan memutuskan untuk berhenti menunggu. Apalagi jika yang ditunggu itu tidak pasti.

5. "Orang kuat itu bukan karena dia memang kuat, melainkan karena dia bisa lapang melepaskan."

7 Quote dari Novel 'Hujan' Karya Tere Liye, Menampar Hatimu!Ilustrasi seseorang melepaskan balon (pexels.com/Anna Baranova)

Melepaskan itu pasti bukan hal yang mudah. Apalagi jika kita dipaksa melepaskan yang tidak ingin kita lepaskan, lebih parahnya lagi bila kita dipaksa untuk merelakan itu, di saat kita lagi sayang-sayangnya. Namun, jika takdir sudah berkata demikian, mau tidak mau, suka tidak suka, tentu kamu harus tetap melepasnya. Biasanya semakin kamu berusaha mempertahankan hal yang seharusnya dilepaskan, justru akan membuat dirimu sendiri semakin menderita.

6. "Jangan pernah jatuh cinta saat hujan. Karena ketika besok lusa kamu patah hati, setiap kali hujan turun, kamu akan terkenang dengan kejadian menyakitkan itu."

7 Quote dari Novel 'Hujan' Karya Tere Liye, Menampar Hatimu!Ilustrasi hujan (pexels.com/Burak Kabapci)

Sebenarnya bukan hujan yang jadi masalahnya, tapi hatimu sendiri. Tapi, di saat kita sedang merasa patah hati, kita pasti akan mencari kambing hitam untuk disalahkan. Biasanya hal-hal yang mengingatkanmu kepada orang yang membuatmu patah hati itulah yang akan kamu jadikan kambing hitam. Karena, hal itu bisa mengingatkanmu tentang dia yang sudah menyakitimu. Contohnya di novel ini adalah hujan.

7. "Ada orang-orang yang kemungkinan sebaiknya cukup menetap dalam hati kita saja, tapi tidak bisa tinggal dalam hidup kita. Maka biarlah begitu adanya, biar menetap di hati, diterima dengan lapang."

7 Quote dari Novel 'Hujan' Karya Tere Liye, Menampar Hatimu!Ilustrasi kesendirian (pexels.com/Anthony)

Tidak semua hal yang kita cintai bisa kita miliki. Karena, belum tentu yang kamu cintai itu adalah takdirmu. Ya.... begitulah takdir. Orang yang kamu cintai itu kebahagiaannya belum tentu bersamamu. Jika kamu ingin bahagia, sesulit apa pun kamu menerima takdir itu, kamu harus tetap menerimanya.

Walaupun di novel ini banyak kutipan tentang cinta namun novel ini juga membahas teknologi canggih di masa depan karena setting waktu pada novel ini terjadi pada tahun 2042-2050 dan juga menceritakan dampak dari perubahan iklim yang mengancam kehidupan dunia.

Selain akan membuatmu baper novel ini juga pasti akan menambah wawasanmu tentang perubahan iklim dan teknologi di masa depan. Novel berjudul "Hujan" karya Tere Liye ini pasti akan mengajakmu menjelajahi masa depan.

Baca Juga: 9 Quotes Bijak Seo Yi Gang Tentang Gunung dan Ranger di Jirisan

Desi Satiyaningsih Photo Writer Desi Satiyaningsih

Seseorang yang sangat menyukai kucing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya