Comscore Tracker

Tidak Perlu Berlebihan, 5 Kegiatan Ini Juga Merupakan Self Reward, lho

Mudah untuk dilakukan, kok

Seringkali kepenatan saat bekerja membuat kita tidak bersemangat menjalani hari. Hal tersebut bisa kita atasi dengan melakukan self reward. Istilah self reward sedang ramai menjadi perbincangan saat ini. Self reward sendiri adalah kegiatan mengapresiasi diri kita, setelah berkelut dengan berbagai tugas atau persoalan. Dengan begitu, kita seakan mendapat energi dan bersemangat lagi.

Self reward penting dilakukan. Bahkan, banyak orang yang rela merogoh kocek yang dalam untuk sekedar self reward lho! Contohnya shopping dan jalan-jalan ke luar negeri. Namun, kalian bisa melakukan self reward dengan 5 hal sederhana berikut ini lho! Tak perlu berlebihan dan mudah untuk dilakukan.

1. Melakukan hal yang menjadi hobimu

Tidak Perlu Berlebihan, 5 Kegiatan Ini Juga Merupakan Self Reward, lhoilustrasi melukis (pexels.com/Jadson Thomas)

Melakukan hal yang menjadi hobimu dapat mengembalikan mood dan semangat. Seperti bersepeda, melukis, ataupun memasak. Kamu bisa melakukannya seminggu sekali di akhir pekan. 

Setelah lelah bekerja, melakukan hal yang kamu senangi dapat me refresh pikiran. Kamu pun menjadi semangat lagi untuk menjalani rutinitas sehari-hari.

2. Membaca buku atau novel

Tidak Perlu Berlebihan, 5 Kegiatan Ini Juga Merupakan Self Reward, lhoilustrasi membaca buku (pexels.com/Yaroslav Shuraev)

Siapa disini yang suka membaca? Membaca mungkin menjadi hal yang simpel untuk self reward. Kamu bisa melakukan me time di akhir pekan dengan membaca buku. 

Dengan membaca, pikiran menjadi lebih rileks lho! Apalagi membaca cerita yang kamu gemari. Bikin mood langsung naik!

Baca Juga: 5 Tips agar Self Reward Tak Bikin Buntung, Harus Dikalkulasi Dulu

3. Mendengarkan musik favoritmu

Tidak Perlu Berlebihan, 5 Kegiatan Ini Juga Merupakan Self Reward, lhoilustrasi mendengarkan musik (pexels.com/Tirachard Kumtanom)

Duduk santai untuk sekedar mendengarkan musik dapat menjadi alternatif melakukan self reward. Kamu bisa mendengarkan musik sepulang kerja, atau saat libur di akhir pekan. Setelah suntuk dengan pekerjaan, alunan musik favoritmu pasti membuat mood balik lagi. 

Tak perlu mahal-mahal, hal kecil seperti ini dapat kamu lakukan untuk mengapresiasi dirimu sendiri.

4. Menulis buku harian

Tidak Perlu Berlebihan, 5 Kegiatan Ini Juga Merupakan Self Reward, lhoilustrasi menulis di buku (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Mencurahkan isi hati dalam sebuah buku dapat kamu lakukan untuk self reward lho! Apalagi, kita selalu sibuk dengan pekerjaan sehingga tidak ada waktu untuk berbincang dengan seseorang. Menulis buku harian juga dapat mencegah stres. 

Kamu bisa menuangkan isi pikiran dalam buku, entah kebahagiaan, kesedihan, ataupun hanya menulis hal yang kamu lalui sehari-hari. Dengan menulis, hati dan pikiran menjadi lebih tenang dan lega. 

5. Tidur dengan waktu yang cukup

Tidak Perlu Berlebihan, 5 Kegiatan Ini Juga Merupakan Self Reward, lhoilustrasi tidur (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Karena banyaknya pekerjaan, sebagian orang tidak dapat tidur dengan waktu yang cukup. Padahal, kurangnga waktu tidur dapat memberi dampak yang buruk. Selain mengganggu kesehatan, kurang tidur juga membuat kita tidak bersemangat menjalani hari. 

Agar tubuh kembali segar lagi, kamu dapat menghabiskan waktu untuk tidur dengan cukup nyenyak saat weekend tiba. Namun, jangan sampai hanya bermalas-malasan ya. 

5 hal di atas dapat kamu contoh untuk melakukan self reward. Bagaimana? Mudah dan simpel bukan? Tak perlu mengikuti tren self reward yang memerlukan banyak uang. Hal-hal kecil di atas juga dapat membuat kita semangat lagi untuk menjalani hari. Setuju?

Baca Juga: 5 Alasan Self Reward Itu Penting, Kerja Kerasmu Patut Diapresiasi!

Desti Ani Photo Verified Writer Desti Ani

Berbagi pengetahuan, motivasi, dan hal yang saya suka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya