Comscore Tracker

5 Keuntungan saat Kamu Mengerjakan Tugas Lebih Awal

Semangat dan jangan menunda tugas, ya! #IDNTimesLife

Sering merasa dikejar deadline? Hal ini bisa disebabkan oleh kamu yang sering menunda untuk mengerjakan tugas. Padahal, kebiasaan tersebut tidak boleh kamu lakukan karena akan berdampak buruk.

Lantas, bagaimana cara mengatasi tugas yang seakan menumpuk? Mengerjakan tugas di waktu yang lebih awal adalah solusinya. Selain tugas tidak menumpuk dan cepat selesai, lima keuntungan ini akan kamu peroleh ketika terbiasa mengerjakan tugas di waktu yang lebih awal. Yuk, simak!

1. Tidak terburu-buru

5 Keuntungan saat Kamu Mengerjakan Tugas Lebih Awalilustrasi mengerjakan tugas (pexels.com/Vlada Karpovich)

Sedikitnya waktu yang tersisa untuk mengerjakan tugas membuat kamu terburu-buru. Kamu pun akan rentan untuk membuat kesalahan, lho! Sudah buru-buru, malah banyak kesalahan yang harus direvisi.

Sebaliknya, ketika mengerjakan tugas lebih awal kamu akan memiliki banyak waktu. Tugas yang kamu kerjakan pun menjadi lebih maksimal. Bahkan, kamu masih mempunyai banyak waktu untuk memperbaikinya ketika terjadi kesalahan. 

2. Melatih kedisiplinan

5 Keuntungan saat Kamu Mengerjakan Tugas Lebih Awalilustrasi mengerjakan tugas (pexels.com/Artem Podrez)

Melakukan sesuatu sesuai jadwal yang ditentukan dapat melatih kedisiplinanmu. Contohnya, kerjakanlah setiap tugas tanpa melewati batas waktu yang ditentukan. Namun, memang benar hal seperti ini tak mudah untuk dilakukan setiap orang.

Mungkin, kamu belum terbiasa pada awalnya. Namun, kamu harus memaksakan diri untuk menyelesaikan tugas tepat waktu. Hal yang dilakukan dengan rutin, pasti lama-lama akan membuatmu terbiasa.

3. Mempunyai banyak waktu untuk melakukan hal lain

5 Keuntungan saat Kamu Mengerjakan Tugas Lebih Awalilustrasi melakukan hobi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kamu pasti merasa suntuk dan stres ketika masih ada tugas yang belum terselesaikan. Kamu mungkin ingin menyelesaikannya, tetapi rasa malas selalu hadir. Tak ada solusi lain selain melawan rasa malas tersebut.

Berpikirlah bahwa kamu akan bebas melakukan apapun yang kamu suka, setelah tugas tersebut selesai. Dengan begitu, akan ada semangat untuk menuntaskan tugas itu. Waktu yang tersisa pun dapat kamu manfaatkan untuk sekedar melakukan hobi atau beristirahat.

Baca Juga: 10 Lagu SHINee yang Pas Didengar Sambil Mengerjakan Tugas Daring 

4. Tugas selesai dengan baik

5 Keuntungan saat Kamu Mengerjakan Tugas Lebih Awalilustrasi mengerjakan tugas (pexels.com/Artem Podrez)

Banyaknya waktu yang ada dapat membuatmu lebih maksimal untuk mengerjakan tugas. Dengan tugas yang maksimal, kamu tidak akan khawatir akan adanya kesalahan. Kamu pun akan lebih puas dengan hasil kerjamu.

Sebaliknya, tugas yang tidak maksimal dapat membawa kerugian padamu. Contohnya, nilai yang jelek atau karier yang merosot untuk kamu yang sudah bekerja. Duh, jangan sampai deh!

5. Mempunyai banyak waktu dengan keluarga 

5 Keuntungan saat Kamu Mengerjakan Tugas Lebih Awalilustrasi bersama keluarga (pexels.com/August de Richelieu)

Tidak ada hal yang lebih menyenangkan selain berkumpul dengan orang yang kita sayangi. Bayangkan, karena suka menunda tugas, kamu jadi tidak bisa berkumpul dengan keluarga. Sebab masih sibuk dengan tugasmu yang menumpuk. Duh, sayang banget kan?

Maka dari itu, kerjakanlah tugas sesuai jangka waktu agar tidak menumpuk. Sehingga kamu dapat memiliki banyak waktu luang. Khususnya, untuk berkumpul dengan keluarga.

Bagaimana? Banyak sekali bukan, keuntungan yang kamu dapatkan ketika tidak menunda tugas? Yuk, terapkan kebiasaan baik ini agar kamu tidak mendapat dampak yang buruk. Tetap semangat dan jangan menunda tugas, ya!

Desti Ani Photo Writer Desti Ani

Berbagi pengetahuan, motivasi, dan hal yang saya suka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya