Comscore Tracker

Selain Bikin Haru, Ini 5 Pesan Moral dari KDrama "Hi Bye, Mama"

Salah satunya, jangan menilai sesuatu hanya karena stereotip

Hi Bye, Mama menjadi drama Korea yang layak ditunggu setiap minggu. Drama yang tayang di saluran tvN ini mengangkat tema keluarga yang patut diresapi setiap makna di balik kisahnya.

Tak hanya bikin haru, drama yang dibintangi Kim Tae Hee dan Lee Kyu Hyung ini juga menyelipkan beberapa pesan moral untuk para penonton, lho. Mengajarkan kita agar lebih banyak menghargai arti kehidupan, yuk, simak ulasan mengenai beberapa pesan moral KDrama Hi Bye, Mama.

1. Memaknai setiap kehidupan sebelum terlambat dan menyesalinya

Selain Bikin Haru, Ini 5 Pesan Moral dari KDrama Hi Bye, Mamainstagram.com/@tvndrama.official

Lewat karakter Cha Yu Ri yang diperankan Kim Tae Hee, kita belajar agar lebih menghargai setiap kehidupan yang kita miliki. Cha Yu Ri (Kim Tae Hee) mendadak tewas karena sebuah kecelakaan tragis saat sedang mengandung anak pertamanya. Padahal selama ini ia mengira hidupnya akan tetap sama di tahun-tahun setelah pernikahannya dengan Cho Gang Hwa (Lee Kyu Hyung).

Setelah meninggal, Cha Yu Ri bangkit kembali sebagai sosok arwah. Setelah menjadi arwah tersebut, ia baru menyadari bermacam hal yang masih ingin dilakukannya. Terutama melihat anaknya (yang untungnya bisa diselamatkan) tumbuh menjadi anak yang lucu. Cha Yu Ri sangat putus asa dan menyesal karena tak bisa lagi menyentuh putri kecilnya.

2. Sibuk memikirkan ego hanya akan menghilangkan waktu bersama orang yang kita sayang

Selain Bikin Haru, Ini 5 Pesan Moral dari KDrama Hi Bye, Mamainstagram.com/@tvndrama.official

Setelah menjelma menjadi hantu gentayangan, Cha Yu Ri juga mendatangi sahabatnya, Go Hyun Jung (Shin Dong Mi). Pada saat itu, Go Hyun Jung sedang menyuapi salah seorang pelanggannya yang baru saja putus cinta. Tapi sang pelanggan menolak karena lebih mementingkan emosi serta egonya akibat putus cinta tersebut.

Cha Yu Ri yang tentunya hanya dapat memerhatikan, mencoba menerima suapan sahabatnya itu. Ia menyesal karena semasa hidup ia pun selalu mementingkan ego sendiri saat menghadapi masalah. Padahal menghabiskan waktu dengan orang yang dikasihi jauh lebih penting dari sekadar bertengkar karena hal sepele.

Baca Juga: 5 Pelajaran Hidup yang Bisa Dipetik dari KDrama Hi Bye Mama

3. Akan selalu ada hal baik di saat tersulit sekalipun

Selain Bikin Haru, Ini 5 Pesan Moral dari KDrama Hi Bye, Mamainstagram.com/@tvndrama.official

Cha Yu Ri yang berkeliaran sebagai hantu ada kalanya merasa bersyukur karena dapat melihat dan mengikuti ke mana pun anaknya berada. Ia juga bisa bertemu kedua orangtuanya dan mengetahui kabar mereka tanpa susah payah, meski rasa sedih tetap meliputi seluruh hatinya. 

Suatu ketika, saat akhirnya Yu Ri hidup kembali sebagai manusia seutuhnya, Yu Ri sedih karena harus memiliki beberapa alasan agar dapat bertemu dengan anaknya. Dan kesulitan bertemu dengan orangtuanya kembali, bahkan untuk sekadar mengetahui kabar mereka. 

Hal ini mengajarkan kita bahwa saat menghadapi hal tersulit sekalipun, akan selalu ada hikmah di baliknya. Sama seperti yang Yu Ri rasakan dalam KDrama Hi Bye, Mama ini. 

4. Apa pun hal terburuk yang terjadi padamu, kamu harus bertahan demi orang-orang yang ada di sekitarmu

Selain Bikin Haru, Ini 5 Pesan Moral dari KDrama Hi Bye, Mamainstagram.com/@tvndrama.official

Sosok yang paling kehilangan atas kepergian Cha Yu Ri adalah suaminya, Cho Gang Hwa (Lee Kyu Hyung). Cho Gang Hwa sangat terpukul hingga mengalami trauma, beberapa kali bahkan ia mencoba untuk mengakhiri hidupnya. Namun, sang ibu mertua memintanya agar bertahan demi putri semata wayangnya yang baru lahir. Jika Cho Gang Hwa pergi mengikuti Yu Ri, lalu siapa yang akan mengurus dan menemani putri mereka?

Atas alasan tersebut, dengan hati yang hancur Cho Gang Hwa mulai melupakan keinginannya untuk bunuh diri. Perlahan ia mencoba bangkit dari rasa sedihnya dengan mengurus Cho Seo Woo, putri kecilnya yang tumbuh menggemaskan.

Itulah mengapa kita harus bertahan di saat keadaan tersulit sekali pun, hanya demi orang-orang yang kita sayangi di sekitar kita. Ketahuilah bahwa mereka pun ingin menghadapi seluruh kesulitan bersama-sama.

5. Jangan menilai sesuatu karena stereotip semata

Selain Bikin Haru, Ini 5 Pesan Moral dari KDrama Hi Bye, Mamainstagram.com/@tvndrama.official

Cho Gang Hwa yang akhirnya menikahi Oh Min Jung (Go Bo Gyeol), adik angkatannya sewaktu kuliah mulai menjalani hidupnya seperti orang normal. Tak salah memilih, Oh Min Jung ternyata sosok ibu yang sangat menyayangi putri Cho Gang Hwa. Oh Min Jung bahkan rela berhenti dari profesinya sebagai perawat, hanya demi fokus mengurus bayi Cho Seo Woo. Ia juga tak pernah terlewat mengantar dan menjemput putri tirinya tersebut dari TK.

Namun Oh Min Jung diam-diam sedih karena dirinya dinilai jahat karena status sebagai ibu tiri. Seperti kita tahu, gambaran mengenai ibu tiri selama ini memang selalu menjadi sosok antagonis. Namun lewat karakter Oh Min Jung, kita belajar bahwa menilai sesuatu karena stereotip semata merupakan hal yang sama sekali tidak benar.

Nah, itulah beberapa pesan moral yang bisa kamu petik dari KDrama Hi Bye, Mama. Atau mungkin bagi kamu ada pesan moral lain yang kamu bisa ceritakan di kolom komentar dari KDrama ini?

Baca Juga: Bikin Ambyar, 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Nonton KDrama "Hi Bye, Mama!"

Devi Latifah Photo Verified Writer Devi Latifah

Menulis adalah cara lain menggapai cita-cita.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya