Comscore Tracker

Jakarta PSBB, 12 Aktivitas Seru Ini Bisa Ceriakan Hari di Rumah!

Dijamin gak bakal bosen lagi!

Pandemi belum berakhir, Jakarta mengumumkan bahwa akan kembali melakukan PSBB kembali. Melakukan segala aktivitas dari rumah akan menjadi pilihan terbaik banyak orang untuk menghadapi pandemi ini bersama.

Tentunya beraktivitas dari rumah setiap hari, terkadang dapat menimbulkan kebosanan hingga kesepian. Berikut 12 aktivitas seru yang bisa dilakukan dari rumah!

1. Merawat tanaman  

Jakarta PSBB, 12 Aktivitas Seru Ini Bisa Ceriakan Hari di Rumah!pexels.com/Maggie My Photo Album

Kegiatan menanam tanaman dan merawat tanaman dapat membuatmu lebih dekat dengan alam dan mengenal kehidupan bersama tumbuh-tumbuhan. Bahkan apabila mencoba menanam tanaman sayur-sayuran, kemungkinan besar kebutuhan membeli sayur mayur akan lebih berkurang karena dapat memanen langsung dari kebun sendiri. Alam sejatinya telah memberi banyak hadiah terhadap manusia. Setuju?

2. Mengikuti webinar atau kursus online 

Jakarta PSBB, 12 Aktivitas Seru Ini Bisa Ceriakan Hari di Rumah!pexels.com/Vlada Karpovich

Mengikuti webinar atau kursus online akan menambah ilmu dan mengisi waktu luang yang ada dengan lebih bermanfaat. Banyak informasi di internet mengenai webinar, pelatihan online yang diberikan secara gratis. Bahkan beberapa universitas ternama luar negeri membuka kelasnya secara gratis dan dapat diakses mudah secara online.

Siapa tahu ilmu dapat dipelajari dari webinar, pelatihan online, ataupun kursus online akan memberikan skill set dan membuka kesempatan yang baru.

3. Melakukan volunteering online 

Jakarta PSBB, 12 Aktivitas Seru Ini Bisa Ceriakan Hari di Rumah!pexels.com/Anthony Shkraba

Memiliki keahlian tertentu atau memiliki jiwa sosial yang tinggi bisa mencoba volunteering online. Beberapa organisasi sosial, lembaga kemasyarakatan, platform pendidikan, dan lainnya membuka kesempatan untuk melakukan kegiatan volunteering secara daring.

Adapun kegiatan volunteering juga akan menambah pengalaman kerja, berorganisasi, bahkan menambah relasi walaupun hanya dilakukan dari rumah. Salah satu platform yang bisa dicoba adalah United Nation Online Volunteering.

Baca Juga: 5 Hobi yang Juga Bikin Kamu Bahagia Meski di Rumah Aja, Stres Ngacir!

4. Memelihara ikan 

Jakarta PSBB, 12 Aktivitas Seru Ini Bisa Ceriakan Hari di Rumah!unsplash.com/Ahmed Zayan

Kehadiran berbagai ikan hias di masa pandemi ini telah banyak meningkatkan rasa bahagia untuk tinggal di rumah saja. Memelihara ikan hias yang memiliki bentuk unik, warna yang cantik dapat memberikan rasa senang dalam melihat dan memeliharanya. Selain itu, banyak orang juga memulai bisnis ikan hias untuk menambah pundi-pundi pemasukan, salah satunya jual beli ikan cupang yang sedang hits akhir-akhir ini.

5. Membaca buku dan menulis 

Jakarta PSBB, 12 Aktivitas Seru Ini Bisa Ceriakan Hari di Rumah!pexels.com/Andrea Piacquadio

Buku merupakan jendela dunia, melakukan kegiatan membaca buku dapat meningkatkan imajinasi, menambah pengetahuan, dan tentunya melatih otak. Dari banyak membaca buku  dapat memicu untuk memiliki referensi berbagai kosakata untuk menulis. Menulis dapat menjadi sebuah terapi untuk melatih otak dan mengeluarkan apa yang ada di pikiran dan jiwa dalam bentuk kata-kata.

6. Membereskan rumah atau kamar 

Jakarta PSBB, 12 Aktivitas Seru Ini Bisa Ceriakan Hari di Rumah!pexels.com/Ketut Subiyanto

Mumpung di rumah saja, kegiatan beres-beres rumah yang dulunya under rated sekarang bisa mulai dilakukan. Salah satu pencetus seni beres-beres dari Jepang, Maria Kondo juga menyatakan bahkan kegiatan membereskan barang-barang juga baik dilakukan untuk lebih memahami barang mana yang diperlukan ataupun tidak. Bisa saja, setelah merapikan rumah atau kamar akan menemukan harta karun yang tak terduga karena terselip bertahun-tahun.

7. Memasak resep makanan baru

Jakarta PSBB, 12 Aktivitas Seru Ini Bisa Ceriakan Hari di Rumah!pexels.com/Maarten van den Heuvel

Mengolah makananmu sendiri akan menjadi kegiatan yang melatih kemandirian dan juga skill baru dalam bertahan hidup. Memasak makanan dengan resep baru bisa membuat harimu lebih seru dan menyenangkan.

8. Melukis atau menggambar 

Jakarta PSBB, 12 Aktivitas Seru Ini Bisa Ceriakan Hari di Rumah!pexels.com/Andrea Piacquadio

Melukis atau menggambar juga bagian dari mengekspresikan diri. Aktivitas ini dapat menjadi terapi untuk otak dan tentunya juga memberikan rasa bahagia serta mengeluarkan kreativitas.

9. Mencari side job online 

Jakarta PSBB, 12 Aktivitas Seru Ini Bisa Ceriakan Hari di Rumah!pexels.com/Andrea Piacquadio

Mencoba hal baru yang tidak biasa dilakukan bisa jadi kegiatan yang menyenangkan apalagi dapat menghasilkan sumber pendapatan baru. Dengan banyak waktu yang hanya dilakukan di rumah, ekplorasi kemampuan diri untuk mencari side job  bisa dilakukan dari mulai reseller, jasa ilustrasi, freelance menulis, dan masih banyak lainnya. Siapa tahu berawal dari hobi bisa mendapatkan cuan!

10. Menonton film atau series 

Jakarta PSBB, 12 Aktivitas Seru Ini Bisa Ceriakan Hari di Rumah!pexels.com/Taryn Elliott

Jika sudah jenuh dengan aktivitas monoton di rumah saja, cintai diri sendiri dengan menghibur diri dengan menonton film atau series yang disukai. Dengan menonton film atau video yang disukai dapat melepaskan penat.

11. Bermain musik 

Jakarta PSBB, 12 Aktivitas Seru Ini Bisa Ceriakan Hari di Rumah!pexels.com/42 North

Memainkan musik bisa jadi pilihanmu untuk mengisi kegiatan di rumah. Menghabiskan waktu dengan memainkan alat musik dapat melatih otak dan juga mengekspresikan apa yang ada di dalam diri dengan alunan musik. Suara alunan musik juga dapat meningkatnya kebahagiaan dan sebagai sarana menyalurkan kreativitas.

12. Melakukan karaoke 

Jakarta PSBB, 12 Aktivitas Seru Ini Bisa Ceriakan Hari di Rumah!pexels.com/Andrea Piacquadio

Menyanyikan lagu-lagu juga dapat menjadi pilihan kegiatan yang dapat dilakukan saat di rumah saja. Sebuah lagu yang didendangkan dapat membuat pikiran lebih rileks dan menghasilkan hormon kebahagiaan. Patut dicoba!

Banyak kegiatan positif yang dapat dilakukan, jadi mana yang ingin kamu lakukan nih?

Baca Juga: 12 Ide Bikin Backdrop Kece untuk Pemotretan di Rumah Aja

Devi Marietta Photo Writer Devi Marietta

menulis untuk berdampak positif, aktif menulis tentang perjalanan tak biasa di Korea di devimarietta.wordpress.com, follow Instagram @devimarietta

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya