Comscore Tracker

Jangan Ditunda, Ini 5 Alasan Ide yang Muncul Perlu Segera Ditulis

Kalau tidak ditulis bisa lupa lho!

Di siang hari yang cerah kamu sedang duduk di beranda rumah. Memandangi langit biru sembari merenung. Sekelebat kemudian terlintas ide bagus yang bisa diwujudkan dalam waktu dekat.

Tapi, kamu lupa menuliskannya sehingga ide itu lenyap begitu saja. Kamu akhirnya kecewa sebab bisa saja ide tersebut menghasilkan hal baik untuk diri kamu dan orang lain.

Pengalaman semacam ini pasti sering kita alami. Biar gak terulang di kemudian hari maka kamu perlu menuliskan ide sebab ada beragam manfaat dibaliknya. Apa saja sih manfaatnya? Langsung disimak ya!

1. Agar ide tidak menguap begitu saja ditelan waktu

Jangan Ditunda, Ini 5 Alasan Ide yang Muncul Perlu Segera Ditulispixabay.com/nile

Ide yang muncul sesaat setelah merenung jangan dibiarkan menggelantung lalu kabur. Kamu bisa menuliskannya pada sebuah buku catatan atau di smartphone. Ini dimaksudkan supaya kamu bisa ingat ide-ide bagus yang pernah muncul di kepala.

Tapi, gak cuma diingat saja, lho. Kamu juga bisa menjadikannya sebagai langkah awal dalam mewujudkan apa yang kamu inginkan. Ibarat petunjuk arah di jalan raya, ide adalah salah satu penuntun arah kamu saat ingin menciptakan sesuatu.

2. Sebagai motivasi bagi kita untuk merealisasikan ide-ide yang telah ditulis

Jangan Ditunda, Ini 5 Alasan Ide yang Muncul Perlu Segera Ditulispexels.com/startup-stock-photos

Deretan ide telah dituliskan. Kamu melihat ada banyak ide tersusun rapi dalam catatan. Rasanya, kamu ingin mewujudkan semua ide tersebut agar tak ada yang mubazir.

Daftar ide yang terpampang di depan mata kita memberi semangat dan energi lebih sehingga kita lebih tekun dalam merealisasikannya. Seolah ada yang mendorong kita untuk terus berupaya dari waktu ke waktu

Memang ada beberapa ide yang kita tuliskan berpeluang tak bisa terwujud. Namun, masih ada ide lain yang dapat kita kerjakan dan bukan tak mungkin memberi banyak berkah untuk kita.

3. Memberi gambaran langkah-langkah yang perlu diambil saat eksekusi ide

Jangan Ditunda, Ini 5 Alasan Ide yang Muncul Perlu Segera Ditulispexels.com/olly

Ide-ide yang sudah kamu tuliskan berfungsi sebagai fondasi saat kita sedang mengerjakan sebuah tugas. Sebab, ide yang kamu tulis dan pilih dapat memberi gambaran seperti apa nantinya kamu mengeksekusi ide tersebut.

Sebagai contoh, saat kamu ingin menulis di IDN Times pastinya kamu mencari ide tulisan seperti apa yang menarik untuk pembaca. Lantas, kamu terpikir membuat tulisan tentang potret idola dari grup favorit kamu.

Nah, dari situ muncul gambaran langkah apa saja yang perlu diperhatikan saat menuangkan ide tersebut dalam tulisan. Langkah-langkah itu antara lain mencari gambar yang sesuai hingga mencari informasi seputar idola yang ingin kamu tuliskan.

4. Dapat berfungsi sebagai opsi dalam upaya menuntaskan sebuah pekerjaan atau proyek bersama

Jangan Ditunda, Ini 5 Alasan Ide yang Muncul Perlu Segera Ditulispexels.com/artempodrez

Mungkin beragam ide yang kamu telah rekap dalam sebuah catatan belum bisa diwujudkan oleh diri sendiri. Namun, bukan berarti ide tersebut tidak berguna sama sekali. Bisa jadi ide itu lebih cocok jika dikerjakan bersama-sama dalam sebuah proyek.

Misal, kamu punya ide tentang penggarapan sebuah buku kumpulan cerpen. Kamu punya ide terkait desain sampul buku. Kamu bisa menyodorkan ide bahkan realisasi dari ide tersebut ke rekan yang juga menggarap proyek itu. Siapa tahu bisa diterima oleh mereka.

5. Mengurangi beban pikiran supaya bisa fokus pada upaya mewujudkan ide

Jangan Ditunda, Ini 5 Alasan Ide yang Muncul Perlu Segera Ditulispexels.com/olly

Ide yang ditulis dapat meringankan beban pikiran. Sebab, kita tidak perlu dihantui rasa penasaran akibat tidak sempat menuliskan ide tersebut. Kita akan berusaha mengingat ide apa yang baru saja hadir di kepala.

Akibatnya, waktu kita habis memikirkan ide yang datangnya cepat seperti mobil Formula 1 yang melibas trek lurus dengan kecepatan sampai 320 km/jam. Fokus pun teralihkan dan tugas kita yang lain terbengkalai karena rasa penasaran kita pada ide yang menguap.

Menulis ide memang hal yang sepele. Tapi, jika tak ditulis kita jadi kepikiran terus menerus pada ide tersebut. Maka, daripada dihantui rasa penasaran lebih baik ditulis saja sebelum kecewa di hari esok.

Baca Juga: Waktunya Berubah, 5 Hal yang Membuatmu Sulit Produktif 

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Pecinta K-Pop, Olahraga, dan berita teknologi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya