Comscore Tracker

Ulang Tahun tapi Dirayakan Sendirian? Lakukan 7 Hal Ini Saja! 

#ANGPOIN Tetap bahagia walau hanya dirayakan sendiri

Merayakan ulang tahun kerap identik dengan pesta ramai. Ingar bingar bertambahnya usia seolah tak lengkap jika tak menghadirkan banyak orang. Entah itu keluarga, saudara, sahabat atau kolega di tempat kerja.

Namun, ada juga yang merasakan ulang tahun dengan rasa sepi. Mereka, atau bahkan kita, merayakan momen sekali setiap tahun itu hanya dengan diri sendiri. Faktornya beragam seperti tak begitu suka dengan perayaan besar-besaran, mengalami social anxiety disorder (SAD) atau tak ingin mengumpulkan banyak orang demi menaati protokol kesehatan di tengah pandemi.

Lantas, bagaimana cara melalui hari spesial meski hanya dengan diri sendiri saja? Berikut ini tujuh aktivitas yang bisa jadi referensi buat kalian.

1. Berolahraga di dalam atau luar ruangan 

Ulang Tahun tapi Dirayakan Sendirian? Lakukan 7 Hal Ini Saja! pexels.com/Tirachard Kumtanom

Berolahraga jadi cara mudah dalam memberi hadiah bagi diri sendiri di hari ulang tahun. Walau tak bisa berolahraga dengan orang-orang tersayang setidaknya tak menghentikan niat kita untuk melakukannya.

Selain membuat tubuh sehat, berolahraga di dalam mau pun di luar ruangan juga bisa membuat pikiran menjadi lebih segar. Sebab, mencintai diri sendiri salah satu bentuknya adalah dengan tetap menjaga kebugaran tubuh.

2. Baca buku-buku favorit 

Ulang Tahun tapi Dirayakan Sendirian? Lakukan 7 Hal Ini Saja! pexels.com/cottonbro

Coba cek lemari buku kamu saat hari ulang tahun tiba. Apakah ada buku yang belum tuntas dibaca? Atau, bahkan ada buku yang benar-benar belum tersentuh sejak pertama kali beli?

Di momen bertambahnya usia kita bisa manfaatkan waktu yang ada untuk membaca buku. Meski sendiri, kita masih bisa merasa bahagia menikmati waktu sembari tenggelam pada tulisan di buku yang dibaca.

Tanpa disadari, karena asyik membaca buku waktu akan berlalu begitu cepat dan rasa sepi tak lagi menyeruak di hati. Jangan lupa, baca bukunya sambil ditemani teh atau cokelat hangat ya!

3. Streaming film atau drama di internet

Ulang Tahun tapi Dirayakan Sendirian? Lakukan 7 Hal Ini Saja! pexels.com/cottonbro

Buat kamu yang hobi nonton film atau serial drama, opsi streaming konten-konten semacam itu layak masuk daftar kegiatan saat rayakan ulang tahun seorang diri. Tak perlu keluar rumah, cukup nyalakan laptop atau smartphone dan pastikan tersambung ke internet.

Streaming film atau serial drama setidaknya dapat mengobati rasa sepi yang muncul saat hari ulang tahun. Kita bisa pilih judul-judul film atau drama favorit yang sudah lama ingin ditonton. Saat sudah larut dalam jalan cerita, kita tak lagi memikirkan hal-hal lain termasuk kesepian di hari pertambahan usia. So, relax and chill.

Baca Juga: 5 Beda Kamu Memang Produktif atau Cuma Sekadar Sibuk

4. Buat kerajinan tangan kreasi sendiri atau merakit suatu benda

Ulang Tahun tapi Dirayakan Sendirian? Lakukan 7 Hal Ini Saja! pexels.com/Caroline Feelgood

Suka merajut pakaian atau membuat pernak-pernik unik dari barang bekas? Jika iya maka lakukan aktivitas seperti itu saat sendirian di hari ulang tahun. Sebab, hal ini bisa mengusir kebosanan saat harus sendirian melalui satu hari khusus di dalam hidup.

Selain membuat kerajinan tangan kita bisa memilih opsi merakit sebuah benda. Kalau kamu baru saja beli beberapa elemen untuk merakit mobil mainan atau bahkan PC baru maka rakitlah saat hari ulang tahun. Jadi, 'mending rakit PC' atau melamun sendirian nih?

5. Membantu orang lain secara sukarela 

Ulang Tahun tapi Dirayakan Sendirian? Lakukan 7 Hal Ini Saja! pexels.com/RODNAE Productions

Salah satu cara agar hari ulang tahun lebih bermakna adalah dapat membantu orang lain. Meski tak rayakan ulang tahun dengan orang-orang terdekat, kita bisa menebarkan kebaikan dan cinta kasih dengan membantu sesama yang belum kita kenal sebelumnya dengan sukarela.

Kita bisa menjadi relawan guna membantu mengasuh anak-anak yang ditelantarkan atau jadi juru masak di rumah asuh untuk para lansia. Kalau tak bisa membantu secara fisik kita bisa memberi sumbangan berupa uang atau barang layak pakai kepada yang membutuhkan.

Secara garis besar, membantu sesama perlu menyesuaikan dengan kemampuan masing-masing tanpa perlu memaksakan diri sendiri. Sedikit bantuan yang kita berikan dapat memberi dampak kepada orang lain.

6. Makan santapan kesukaan atau makanan yang belum pernah dicoba sebelumnya

Ulang Tahun tapi Dirayakan Sendirian? Lakukan 7 Hal Ini Saja! pexels.com/ Lisa Fotios

Dalam pesta ulang tahun selalu ada kue atau hidangan lainnya yang disuguhkan untuk mereka yang ada di dalam pesta. Tapi, apakah makanan atau kue masih perlu ada jika sendirian merayakan ulang tahun? Jawabannya adalah iya.

Kita bisa tetap menghadiahi diri sendiri dengan membeli hidangan favorit yang ingin disantap tersebut meski tak bersama orang lain. Akan sangat bagus jika kita membuat sendiri makanan atau minuman favorit kita di rumah.

Atau, kalau ingin menyantap makanan atau minuman yang belum pernah dicoba sebelumnya tak salahnya untuk dilakukan pada saat hari ulang tahun tiba. Intinya, semua tergantung pada kita masing-masing. Perut kenyang, hati senang!

7. Menulis tentang apa pun yang terlintas di pikiran, termasuk pengalaman pribadi

Ulang Tahun tapi Dirayakan Sendirian? Lakukan 7 Hal Ini Saja! pexels.com/ Julia M Cameron

Aktivitas menulis juga bisa dilakukan guna mengusir rasa sepi saat harus merayakan ulang tahun seorang diri. Kita bisa menuliskan kata demi kata dari berbagai macam hal yang terlintas di pikiran. Termasuk soal pengalaman pribadi yang sedang dialami.

Setelah menuliskannya di secarik kertas atau mengetiknya di laptop tak ada salahnya untuk kita mencoba mengunggahnya di media sosial atau mengirimkannya ke media massa. IDN Times dapat jadi pilihan tepat untuk mengirimkan tulisan bertemakan isi hati kamu.

Selain berkesempatan terbit dan dibaca banyak orang, kamu bisa dapat kumpulan poin yang nantinya dicairkan dalam bentuk uang. Wah, galau kita bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah ya!

Ketujuh aktivitas tadi setidaknya bisa mengusir kesepian manakala tak ada orang lain yang merayakan ulang tahun bersama kita. Ingat, sendiri di hari ulang tahun bukanlah sebuah hal buruk.

Setidaknya ada banyak hal lain yang bisa dilakukan di hari spesial asal kita bahagia dan tak merugikan siapa pun. Selamat ulang tahun untuk kamu yang sedang sendiri ya!

Baca Juga: Selain Menambah Cuan, Ini 7 Keuntungan Menulis di IDN Times Community

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya