Comscore Tracker

5 Hal Menyentuh yang Selalu Bikin Anak Rantau Rindu pada Ibu

Rasa rindu ini untukmu, Ibu.

“Oh bunda ada dan tiada dirimu kan selalu ada di dalam hatiku”. Petikan lirik lagu Bunda dari Melly Goeslaw ini pasti bikin kamu sedih dan langsung teringat akan sosok ibu. Apalagi, kalau diantara kamu saat ini sedang merantau di daerah atau bahkan negara lain.

Terpisah dengan ibu memang terasa menyedihkan. Sosok yang merawat kita sedari kecil ini tak bisa lagi bersamamu di tanah rantau. Kerinduan akan berbagai hal tentang ibu pun membuat ingatan seolah kembali ke masa saat bersamanya

Dari sekian banyak kenangan bersama, lima hal ini yang paling dirindukan dari ibu ketika di tanah rantau.

1. Masakan buatan ibu

5 Hal Menyentuh yang Selalu Bikin Anak Rantau Rindu pada Ibupixabay/severyanka

Sebelum merantau biasanya dirimu selalu makan masakan buatan ibu ketika berada di rumah. Tapi, itu semua jadi hal yang bikin kamu rindu di tanah rantau. Apalagi, kamu terpaksa harus masak sendiri karena ibu tak ada disisi saat merantau.

”Masakan ibu itu enak banget. Ketika merantau itu rasanya usah banget menyessuaikan dengan makanan baru. Udah teranjur suka makanan buatan ibu,” curhat Dina Saren (20). 

Kerinduan dengan masakan ibu ternyata juga dirasakan Ria Setiawati. Cewek asal Lombok ini bahkan pernah sampai minta ibunya kirim makanan ke tempat dia merantau. “Waktu itu belum terbiasa sama masakan Jawa makanya suka minta mama kirim makanan dari Lombok biar doyan makan,” ungkapnya.

2. Nasihat baik dari ibu

5 Hal Menyentuh yang Selalu Bikin Anak Rantau Rindu pada Ibupixabay/edsavi30

Selain makanan, nasihat dari ibu jadi hal yang dirindukan oleh kamu yang merantau ke daerah lain. Petuah-petuah yang selalu didengar setiap bersamanya kerap terngiang di pikiran. “Aku diingatkan sama mama jangan pacaran dulu,” ujar Faiza Nur Sabrina (20). Wah ada yang dapat nasihat seperti ini gak dari ibu?

3. Omelan-omelan khas

5 Hal Menyentuh yang Selalu Bikin Anak Rantau Rindu pada Ibupixabay/858625

Ternyata gak hanya nasehat aja lho yang sering bikin anak rantau kangen sosok ibu. Omelan-omelan yang terlontar dari mereka pun kerap sukses buat perantau bertambah kadar rindunya. “Aku kalo sama mama sering dicerewetin kalo bangun kesiangan,” cerita Made Agung Krisna (23). 

Sama halnya dengan Krisna, Indah Ayu juga merasakan omelan dari ibu karena bangun kesiangan ataupun malas mandi. “Aku kangen omelan ibuku karena ngomelnya sambil guyon. Ekspresi muka sama suara pas ngomel itu klop banget,” ujar cewek asal Lumajang itu.

Baca Juga: Renungkan Sejenak, Sudahkah Lakukan 5 Hal Ini untuk Ibumu?

4. Berbincang bersama ibu

5 Hal Menyentuh yang Selalu Bikin Anak Rantau Rindu pada Ibuimdb.com

Di era yang serba cangih seperti saat ini kendala untuk tetap berkomunikasi dengan keluarga utamanya ibu memang bisa teratasi. Rasa rindu pun bisa terbayar dengan berkomunikasi dengan bertelepon atau sekedar mengirim chat.

Namun, dapat berbincang langsung dengan ibu adalah satu hal yang tak bisa tergantikan oleh apa pun. Itulah yang dirasakan Bayu Mahardika (22). “Paling rindu itu bisa ngobrol dari hati ke hati sama ibu. Memang dengan adanya teknologi mau telponan sama ibu bisa kapan aja. Tapi, rasa yang ingin disampaikan jadi nggak sampai. Makanya, bisa bertatap muka langsung sama ibu itu hal yang berharga buatku,” cerita cowok asal Malang itu. 

5. Melakukan aktivitas bersama

5 Hal Menyentuh yang Selalu Bikin Anak Rantau Rindu pada Ibupixabay/MabelAmber

Ketika sedang diperantauan rasa kangen bisa beraktivitas bersama ibu langsung terbayang dalam benak. Apalagi, di tanah rantau tak ada sosoknya yang kerap menenamimu ketika berada di rumah. Manik Madyni (21) mengaku rindu bisa beraktivitas bersama dengan ibu. “Aku rindu disuruh ibuku. Kalo sekarang di tempat kos gak ada kerjaan bisa tidur seharian tapi kalo sudah sama mama pasti dikasih kerjaan sama ibu,” curhat cewek asal Bali itu.

Senada dengan Manik, Robbyan Abel juga merasakan kerinduan bisa melakukan kegiatan bersama ibu. “Biasanya aku nganter ibuku ke pasar. Gak ikutan belanja sih cuma nunggu di parkiran,” ujar cowok yang akrab disapa Robby itu.

Kerinduan akan sosok ibu di tanah rantau memang tak bisa terhindarkan. Sosok wanita yang membesarkan diri kita sejak kecil akan selalu terbayang meski harus terpisah jarak. Jadi, apa kamu sudah ucapkan rasa sayang dan terima kasihmu pada ibu?

Baca Juga: 7 Makanan yang Bisa Disajikan di Hari Ibu, Biar Makin Akrab!

Topic:

  • Dewa Putu Ardita Darma Putera
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya