Comscore Tracker

6 Cara Ini Bikin Kamu Jadi Morning Person, Jangan Malas Bangun Pagi!

Yuk, praktikkan mulai besok

Rutinitas menuntutmu untuk jadi morning person, namun kamu susah-payah mewujudkannya? Kamu pun lantas bertanya-tanya, resep ampuh apa agar dapat menjadi morning person?

Selain tuntutan aktivitas, menjadi morning person sebenarnya memiliki banyak keuntungan tersendiri. Kamu tak perlu risau lagi karena enam cara berikut ini bisa bantu kamu jadi morning person

1. Tidurlah lebih awal. Waktu tidur lebih panjang membuat badan lebih segar

6 Cara Ini Bikin Kamu Jadi Morning Person, Jangan Malas Bangun Pagi!pexels/ivan-obolensky

Kebutuhan manusia tidak hanya soal pangan. Istirahat yang cukup juga dibutuhkan agar tubuh dalam kondisi fit. Durasi waktu tidur remaja dan dewasa yang rata-rata mencapai 7 hingga 9 jam ini dapat dipenuhi saat tidur malam. Menerapkan jadwal tidur malam lebih awal bisa kamu coba karena beragam manfaat.

Selain membuat badan lebih segar di pagi hari, sistem kekebalan tubuh juga akan diperbarui sehingga tidak mudah terserang penyakit. Adapun sel melatonin yang membantu memperkuat sel imun bekerja dengan efektif saat malam hari atau dalam kondisi gelap.

2. Hindari menekan snooze pada alarm karena itu sama saja menunda waktu bangun di pagi hari

6 Cara Ini Bikin Kamu Jadi Morning Person, Jangan Malas Bangun Pagi!pexels/feelartfeelant

Memasang alarm untuk bangun lebih awal memang jadi opsi yang sering dipakai. Apalagi, sekarang kita dengan mudah mengatur alarm lewat gadget masing-masing. Tapi sering kali ketika alarm telah berbunyi, kita malah menekan tombol snooze untuk memperpanjang waktu tidur.

Jika hal ini dibiasakan, ternyata berakibat kurang baik. Kita jadi terus menunda aktivitas di pagi hari dan dapat mengganggu siklus tidur. Sebagai langkah antisipasi, kamu bisa menggunakan jam analog sebagai alarm. Atau, kamu bisa tetap mengatur alarm lewat gadget, tetapi jauhkan dari jangkauan sehingga saat berbunyi, kamu perlu beranjak dari tempat tidur untuk mematikannya.

3. Minum air mineral beberapa jam sebelum tidur untuk mengangkat mood dan konsentrasi saat bangun

6 Cara Ini Bikin Kamu Jadi Morning Person, Jangan Malas Bangun Pagi!pixabay/congerdesign

Asupan air mineral hingga delapan gelas per hari amatlah berguna untuk tubuh. Selain mencegah dehidrasi, menerapkan kebiasaan minum air mineral sesuai anjuran juga ampuh menjaga metabolisme tubuh. Anjuran ini sifatnya fleksibel dan bisa diterapkan kapan saja, termasuk ketika akan beranjak tidur.

Minum satu atau dua gelas air mineral beberapa jam sebelum tidur akan membantu tubuh tidak mengalami dehidrasi dan membersihkan tubuh dari racun. Selain itu, minum air mineral sebelum tidur mencegah rasa lapar di malam hari yang dapat mengganggu waktu istirahat serta mood dan konsentrasi ketika bangun tidur. 

Baca Juga: 5 Kesulitan yang Cuma Dipahami oleh Si Morning Person, Kamu Juga?

4. Lakukan aktivitas ringan setelah bangun tidur. Cegah kamu kembali rebahan di kasur

6 Cara Ini Bikin Kamu Jadi Morning Person, Jangan Malas Bangun Pagi!unsplash/brucemars

Ketika sudah bangun dari lelapnya tidur semalaman, hal yang kamu perlu lakukan adalah segera beranjak dari kasur. Ini dimaksudkan agar kamu tidak rebahan lagi dan kembali ke alam mimpi. Agar tidak terjadi hal semacam itu, kamu dapat melakukan hal-hal ringan seperti meregangkan tubuh atau melihat jadwal kegiatan yang sudah kamu susun pada malam sebelumnya.

5. Jangan lewatkan sarapan. Beri asupan pada tubuh agar tidak kelaparan

6 Cara Ini Bikin Kamu Jadi Morning Person, Jangan Malas Bangun Pagi!unsplash/ivantimov

Selain melakukan aktivitas ringan, kamu bisa memulai pagi dengan sarapan karena sarapan berfungsi untuk memberi asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh di pagi hari, juga membuat konsentrasi menjadi lebih tinggi. Manfaat lain dari sarapan ialah dapat meningkatkan mood sehingga berpengaruh pada produktivitas.

Jika tak sempat menyiapkan sarapan dengan menu yang tergolong besar, kamu bisa menyiapkan makanan yang simpel. Kamu bisa membuat roti lapis yang diisi dengan telur mata sapi.

6. Hindari penggunaan gadget di atas kasur. Hambat kamu untuk segera beristirahat

6 Cara Ini Bikin Kamu Jadi Morning Person, Jangan Malas Bangun Pagi!pixabay/StockSnap

Di era teknologi seperti saat ini, penggunaan gadget sulit dilepaskan dalam keseharian. Bahkan, sebelum tidur kita tak jarang masih menatap layar smartphone hanya untuk sekadar melihat postingan teman-teman di media sosial. Padahal, penggunaan gadget sebelum tidur memiliki efek yang tidak baik.

Kebiasaan menggunakan gadget sebelum tidur dapat mempengaruhi pola tidur yang membuat kerja otak menurun karena istirahat yang tidak cukup tersebut. Dalam jangka panjang, fungsi otak bahkan akan mengalami degradasi terus-menerus.

Menjadi morning person sejatinya tidak sulit. Namun, semuanya kembali pada diri masing-masing. Yuk, mulai dibiasakan agar manfaat baik dapat dirasakan!

Baca Juga: Ini Lho 7 Pelajaran yang Kita Peroleh dari Morning Person

Topic:

  • Dewa Putu Ardita Darma Putera
  • Elfida

Just For You