Comscore Tracker

6 Tips Jitu Bikin Dompetmu Tetap Aman Saat Harbolnas

Belanja senang, isi dompet tetap terjaga

12 Desember jadi waktu yang dinanti oleh sebagian besar orang. Yup, di tanggal itu adalah peringatan Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional. Pada saat itulah semua e-commerce memberikan diskon besar-besaran serta promo menarik lain.

Nah, kamu yang sedang ingin membeli sesuatu bisa memanfaatkan momen ini. Tapi, jangan sampai karena ada banyak diskon serta promo dirimu jadi lupa diri dan bikin duit di dompet habis. Untuk itu, berikut ini ada enam tips yang bisa kamu terapkan agar tetap hemat saat Harbolnas.

1. Pilih barang sesuai prioritas

6 Tips Jitu Bikin Dompetmu Tetap Aman Saat Harbolnaspexels/rawpixel.com

Banyaknya diskon yang bertebaran memang bikin kamu tergoda untuk membeli berbagai barang yang dijual di e-commerce. Nah, kalau kamu sampai terjebak dalam situasi ini maka siap-siap saja duitmu bakal ludes. Pastinya gak mau kan seperti itu?

Biar uang didompet tetap aman terkendali saat belanja di waktu Harbolnas ada baiknya dirimu mencatat barang apa saja yang prioritaskan untuk dibeli terlebih dahulu. Kalau kamu butuh membeli tas untuk sekolah atau kerja maka belilah barang tersebut. Jangan sampai niatnya hanya mau beli tas malah melebar beli barang lain yang tidak perlu.

2. Lihat review barang dan toko e-commerce

6 Tips Jitu Bikin Dompetmu Tetap Aman Saat Harbolnasunsplash/brookelark

Selain mencatat barang yang ingin dibeli, kamu juga harus cermat pada barang yang dipilih. Perhatikan reivew barang yang dijual dan juga toko yang memasang produk tersebut di e-commerce. Jangan sampai hanya karena tergoda diskon besar dan harga murah dirimu menggadaikan kualitas barang dan pelayanan. 

3. Kroscek harga barang sebelum beli

6 Tips Jitu Bikin Dompetmu Tetap Aman Saat Harbolnaspexels/olly

Ketika Harbolnas tiba, harga barang-barang yang dijual pun terlihat lebih murah dari biasanya. Namun, dirimu jangan langsung mengasumsikan demikian. Ada baiknya kamu meriset harga barang yang diincar dengan membandingkannya dengan harga yang ada di pasaran.

Tak ada salahnya juga kamu membandingkan harga barang yang ingin dibeli pada e-commerce lain. Siapa tahu ada yang lebih murah dan berkualitas dari segi produk dan pelayanan.

Baca Juga: Lagi Harbolnas, Cari Tahu 5 Cara Jitu Tembus Promo Menarik

4. Manfaatkan promo yang diberikan e-commerce

6 Tips Jitu Bikin Dompetmu Tetap Aman Saat Harbolnaspixabay/geralt

Promo beragam dari e-commerce jangan sampai disia-siakan. Mulai dari potongan harga hingga flash sale perlu kamu manfaatkan selama Harbolnas. Tak ada salahnya mengaktifkan notifikasi di smartphone agar tetap mendapatkan info dari e-commerce tentang promo dan flash sale yang mereka adakan. 

5. Jangan sia-siakan voucher yang dipunya

6 Tips Jitu Bikin Dompetmu Tetap Aman Saat Harbolnaspexels/negativespace

Selain promo diskon atau flash sale biasanya e-commerce juga bagi-bagi kupon yang bisa dimanfaatkan ketika berbelanja. Nah, kalau kamu mendapatkannya maka pergunakanlah sebaik mungkin. Umumnya, kupon yang diberikan bisa dalam bentuk potongan harga, cashback hingga potongan biaya ongkos kirim.

6. Pilih metode pembayaran yang mudah dan cepat

6 Tips Jitu Bikin Dompetmu Tetap Aman Saat Harbolnaspexels/Pixabay

Setelah barang sudah dipilih pastinya kamu dihadapkan pada metode pembayaran yang harus dipilih. Sebelum memilih, ada baiknya kamu mempertimbangkan metode pembayaran mana yang mudah dan cepat untuk transaksi. Survei yang dilakukan Blog.jakpat.net menunjukkan bahwa 49% dari 255 responden memilih metode pembayaran transfer bank saat Harbolnas 2017. 

Keenam tips tadi bisa dirimu pakai sebagai siasat selama berbelanja Harbolnas. Belanja tetap lancar, dompet pun tetap aman terkendali. Selamat berburu barang incaran ya!

Baca Juga: [INFOGRAFIS] Promo Makan Murah Harbolnas & Desember, Hemat Beb!

Topic:

  • Dewa Putu Ardita Darma Putera
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya