Comscore Tracker

7 Hal Ini Bikin Mentalmu Lebih Kokoh Hadapi Tantangan di Tahun Baru

Pasti bisa jadi yang terbaik

Tahun 2018 sudah berhasil dilalui. Nah, sekarang segenap harapan dan asa kita rencanakan untuk tahun 2019. Namun, terkadang ada banyak hal yang membuatmu ragu apakah bisa merealisasikan rencana itu.

Mental yang kokoh diperlukan untuk bisa mewujudkan harapan yang ingin dirajut. Agar mental dalam dirimu makin kuat menjalani tantangan di depan mata kamu perlu perhatikan tujuh hal ini.

1. Mau beradaptasi

7 Hal Ini Bikin Mentalmu Lebih Kokoh Hadapi Tantangan di Tahun Barupexels/rawpixel

Kehidupan yang kita jalani berjalan begitu dinamis. Sewaktu-waktu perubahan bisa datang kapan saja tanpa kenal waktu. Kamu yang ingin mewujudkan impian juga perlu beradaptasi dengan keadaan sekitar.

Selain untuk meraih impian, adaptasi perlu dilakukan untuk dapat bertahan di tengah persaingan yang kini makin sengit. Kita harus dapat membaca perkembangan kehidupan di sekitar kita. Mampu memanfaatkan celah yang tak dilihat oleh siapapun bisa jadi kunci yang mengantarkanmu lebih dekat ke tangga kegeilangan.

Sebaliknya, jika kamu masih berkutat pada hal yang itu-itu saja dan cenderung membuatmu tidak produktif maka ucapkan saja selamat tinggal pada impianmu.

2. Tak gampang menyerah

7 Hal Ini Bikin Mentalmu Lebih Kokoh Hadapi Tantangan di Tahun Barupixabay/Free-Photos

Jalan menuju asa memang tak semulus yang dilihat. Persis seperti jalan tol yang juga tak mulus. Itulah yang mesti kamu hadapi jika ingin mengejar impian. Jangan mengharapkan sesuatu selalu berjalan sesuai kehendakmu. Ingat, sukses tidak hadir dengan instan.

Adakalanya kamu menemui batu sandungan yang sedikit banyak menghambat dirimu melangkah maju. Namun, orang bermental kokoh tak mengenal kata menyerah. Justru, hambatan jadi pijakan untuk terus melaju mencapai tujuan yang diinginkan.

3. Selalu konsisten

7 Hal Ini Bikin Mentalmu Lebih Kokoh Hadapi Tantangan di Tahun Barupixabay/skeeze

Sesuatu yang ada di dunia bisa dilakukan asalkan ada konsistensi di dalamnya. Seorang atlet bisa mencapai prestasi karena konsisten dalam berlatih. Begitu pula halnya dengan orang sukses lain diluar sana yang meraih tujuan mereka lewat konsistensi.

Kamu pun juga perlu membangun konsistensi agar harapan yang dirimu coba hidupkan tetap menyala. Dari konsistensi yang kamu jalani, mental dan kemampuanmu akan semakin terasah menghadapi ribuan bahkan jutaan tantangan di depan mata.

Baca Juga: 5 Tantangan Passion dalam Bekerja yang Harus Kamu Lalui!

4. Tak takut coba hal baru

7 Hal Ini Bikin Mentalmu Lebih Kokoh Hadapi Tantangan di Tahun Barupexels/david-bartus

”Biarkan ku mencoba menjadi milikmu. Jangan tutup dirimu,”. Mungkin lirik lagu milik grup band lawas, Stinky, ini seperti rayuan seseorang pada pujaan hatinya. Tapi, sebetulnya ada makna lain yang tersirat dalam lirik tersebut. Yups, tak takut mencoba banyak hal baru.

Ada banyak hal di sekitar kita yang bisa kita coba. Selagi itu positif tak ada salahnya kamu untuk mencoba. Dengan begitu, dirimu akan mendapatkan banyak pelajaran serta inspirasi yang membuatmu semakin yakin akan tujuan hidupmu.

5. Belajar dari kegagalan

7 Hal Ini Bikin Mentalmu Lebih Kokoh Hadapi Tantangan di Tahun Barupexels/tirachard-kumtanom

”Hidup penuh liku-liku. Ada suka ada duka. Semua insan pasti pernah merasakannya”. Lirik lagu dangdut ini jelas sekali menggambarkan proses hidup kita yang punya banyak cobaan. Kegagalan demi kegagalan pasti dihadapi semua insan di hidup ini.

Namun, hal yang membedakan antara orang bermental baja dan tidak ada pada usaha mereka belajar dari kegagalan. Kegagalan bukanlah momok menakutkan bagi mereka yang kokoh semangatnya. Kegagalan justru adalah kawan mereka untuk meraih satu demi satu anak tangga kesuksesan.

6. Jauh dari rasa iri hati

7 Hal Ini Bikin Mentalmu Lebih Kokoh Hadapi Tantangan di Tahun Barupexels/rawpixel

Orang bermental kokoh tak pernah punya sikap iri hati. Justru, mereka bahagia melihat orang di sekitarnya bisa sukses dengan jalan masing-masing. Malah, kesuksesan orang lain jadi bahan bakar mereka untuk terus berupaya bergerak meraih asa yang jadi tujuan hidupnya.

7. Punya kepercayaan diri

7 Hal Ini Bikin Mentalmu Lebih Kokoh Hadapi Tantangan di Tahun Barupexels/snapwire

Orang yang mampu mencapai setiap harapannya adalah mereka yang percaya diri. Mereka sadar akan kekurangan dan kelebihan yang dipunya. Rasa sadar itulah yang membuatnya percaya bahwa tak ada yang tak mungkin diwujudkan.

Bagi orang yang bermental kuat, tak ada orang lain yang percaya pada dirinya selain diri sendiri. Jika tidak percaya pada apa yang dipunya diri, maka bersiaplah kamu menjemput kegagalan dan kekecewaan yang begitu dalam.

Tujuh hal ini layak kamu ingat dan tanamkan pada diri masing-masing. Selagi ada waktu dan tenaga rangkailah selalu asa kalian. Perkokoh pula mentalmu agar semua dapat terwujud. Semangat berjuang di tahun yang baru!

Baca Juga: Ikuti 6 Cara Ini Agar Resolusi 2019 Bukan Sekedar Wacana Lagi

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya