Comscore Tracker

6 Alasan Tak Perlu Takut Konsultasi ke Psikolog, Jangan Ragu-Ragu!

Bukan aib yang perlu ditutupi kok

Adanya gangguan psikis seperti cemas atau stress sebetulnya memerlukan penanganan agar dapat teratasi. Salah satu caranya ialah dengan berkonsultasi ke psikolog. Kalau masih ragu-ragu, enam hal ini bisa meyakinkan kamu agar tak perlu takut berkonsultasi ke psikolog terkait masalah psikis yang sedang dialami.

1. Pergi ke psikolog bukanlah sebuah aib. Ingatlah bahwa kamu melakukannya demi kebaikan diri sendiri

6 Alasan Tak Perlu Takut Konsultasi ke Psikolog, Jangan Ragu-Ragu!pexels/mentatdgt

Tak bisa dielakkan bila masih ada suara sumbang di sekitar kita terkait konsultasi ke psikolog. Anggapan yang paling umum kita dengar adalah orang yang datang ke psikolog adalah mereka yang gila. Padahal, pandangan seperti itu sama sekali tidak benar.

Berkonsultasi ke psikolog bukanlah sebuah aib. Malah, dengan berkonsultasi permasalahan psikis yang sedang dihadapi kita akan mendapat sejumlah saran bagaimana kita bisa keluar dari kondisi tersebut. Ingat, ini semua demi kebaikan dan kesehatan mental kita.

2. Ada beberapa layanan konsultasi dengan harga terjangkau. Manfaatkanlah selagi ada waktu luang

6 Alasan Tak Perlu Takut Konsultasi ke Psikolog, Jangan Ragu-Ragu!pexels/jopwell

Bagi sebagian orang layanan konsultasi ke psikolog menelan biaya yang mahal. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Sebab, ada beberapa layanan yang memberikan dengan harga yang terjangkau. Bahkan, kini sudah mulai muncul layanan konseling secara online yang menerapkan tarif mulai dari Rp75 ribu rupiah per sesi. Bila masih berstatus mahasiswa dapat memanfaatkan fasilitas klinik kesehatan yang disediakan oleh pihak universitas.

Murah atau mahal tarif konsultasi ke psikolog tergantung individu masing-masing. Setiap orang pasti memiliki preferensi masing-masing dalam menentukan layanan konsultasi. Jadi, pilih dan manfaatkan sebaik mungkin layanan-layanan konsultasi yang ada di sekitar kita.

3. Konsultasi ke psikolog bukan pertanda seseorang lemah. Justru, ini meredakan luka di hati dan meningkatkan motivasi yang hilang

6 Alasan Tak Perlu Takut Konsultasi ke Psikolog, Jangan Ragu-Ragu!pixabay/EliasSch

Selain dianggap gila, masih muncul stigma bahwa orang yang meluangkan waktu konsultasi ke psikolog adalah pribadi yang lemah. Mereka dipandang tak bisa atasi kesulitan dalam hidup dan hanya mengandalkan emosi saja. Nyatanya, mengambil sesi konsultasi justru bisa meringankan beban yang dirasakan.

Tak semua permasalahan dalam kehidupan bisa diselesaikan sendiri. Kita pasti membutuhkan bantuan orang lain termasuk ketika menghadapi masalah kesehatan psikis. Dengan berkonsultasi pada ahli luka di hati yang kita rasakan bisa sedikit teratasi. Selain itu, kita bisa memperoleh motivasi untuk kembali beraktivitas seperti semula.

Baca Juga: 5 Sifat yang Dapat Menggambarkan Kondisi Psikologis Seseorang

4. Psikolog akan mendengar keluh kesah kita, jangan khawatir cerita bocor ke orang lain

6 Alasan Tak Perlu Takut Konsultasi ke Psikolog, Jangan Ragu-Ragu!pexels/fauxels

Salah satu ketakutan ketika berkonsultasi dengan psikolog ialah khawatir keluh kesah kita tak didengar dengan baik. Keresahan ini bisa jadi karena kita baru pertama kali melakukan hal tersebut. Pengalaman bahwa cerita kita tak didengar atau ditanggapi remeh orang lain adalah penyebab lain yang memengaruhi.

Keresahan ini tak akan muncul sebab psikolog akan mendengar cerita yang kita sampaikan. Selama bercerita kita mungkin akan mengalami kejanggalan terkait sikap psikolog yang tidak merespons apa yang kita utarakan.

Itu semua dimaksudkan agar kita menuntaskan cerita kita sembari memberi waktu bagi psikolog untuk menyampaikan saran. Selain itu, psikolog juga tak akan membocorkan cerita ini pada siapa pun sehingga kerahasiaannya dapat terjamin.

5. Psikolog bersikap objektif pada permasalahan yang kita alami. Mereka memberikan petuah yang tak terkesan menggurui

6 Alasan Tak Perlu Takut Konsultasi ke Psikolog, Jangan Ragu-Ragu!pixabay/jamesoladujoye

Sebagai seseorang yang baru ditemui, seorang psikolog akan memandang diri kita lengkap dengan permasalahan yang ada sebagai sebuah hal baru. Meski dalam beberapa kesempatan memperoleh problem yang sama, psikolog berusaha objektif dalam memberikan saran kepada pasien.

Psikolog akan berupaya menyampaikan hal-hal yang diperlukan pasien untuk mengurangi persoalan psikis yang dialami. Cara menyampaikannya pun dilakukan dengan memerhatikan kondisi kita saat berkonsultasi. Selain itu, saran-saran yang diberikan jauh dari kesan menggurui.

6. Tak perlu sungkan mengeluarkan emosi yang terpendam. Daripada ditahan lebih baik dikeluarkan saja sembari bercerita kepada psikolog

6 Alasan Tak Perlu Takut Konsultasi ke Psikolog, Jangan Ragu-Ragu!pexels/divinetechygirl

Menangis atau marah saat menceritakan keresahan kita pada teman atau orang terdekat adalah sebuah hal wajar. Tetapi, bagaimana bila kita menceritakannya pada orang yang baru kita kenal seperti psikolog? Mungkin rasanya tidak nyaman sehingga kita justru menutupi masalah saat bercerita.

Membentengi diri dengan membohongi perasaan yang sedang dirasakan saat berkonsultasi justru akan membuat hati kita tersiksa. Untuk itu, tak ada salahnya bila kita menumpahkan semua perasaan kita ketika bercerita di hadapan psikolog. Mereka akan memaklumi gejolak perasaan yang sedang terjadi sembari berusaha menenangkan.

Berkonsultasi ke psikolog dapat dijadikan pertimbangan ketika merasa sulit mengatasi permasalahan yang mengganggu psikis kita. Jangan ragu untuk meminta bantuan agar kesehatan mental tetap terjaga. Ingat! Kesehatan itu mahal harganya.

Baca Juga: Menurut Psikolog, 5 Mimpi Ini Jadi Indikasi Nyata Kamu Sedang Stres 

Topic:

  • Dewa Putu Ardita Darma Putera
  • Pinka Wima

Just For You