Comscore Tracker

5 Cara untuk Mengolah Ide, Biar Gak Cuma Berhenti di Kepala

Jangan sia-siakan ide yang datang!

Banyak orang bilang kalau ide itu berputar di sekeliling kita. Hal tersebut memang benar adanya. Tapi, acap kali kita mudah mengabaikan inspirasi yang datang. Sekalinya sudah dapat kita malah bingung harus mengolah ide seperti apa.

Mungkin di antara kita menganggap mengolah ide sangatlah mudah. Namun, belum tentu ide bisa dikelola dengan baik karena berbagai sebab. Nah, agar gak jadi mubazir yuk terapkan lima cara berikut ini.

1. Lihatlah apa yang ada di sekitar kita. Hal kecil yang terkesan remeh bisa jadi ide berharga

5 Cara untuk Mengolah Ide, Biar Gak Cuma Berhenti di Kepalapexels/mentatdgt

Proses mengolah ide diawali dengan mencari terlebih dahulu. Mencari ide bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Ketika sedang sendiri, cobalah tanya ke diri sendiri apa yang sedang dipikirkan. Atau, ketika sedang minum kopi di sebuah kedai coba perhatikan hal-hal di sekeliling.

Mempertanyakan diri sendiri atau mengamati lingkungan sekeliling membantu proses pencarian ide. Bila nantinya hanya menemukan sesuatu yang terkesan remeh janganlah patah arang. Sebab, hal remeh bisa jadi sesuatu yang bernilai di kemudian hari.

2. Jangan terpaku pada satu ide. Cari ide lain dan tulislah dalam daftar ketika berhasil ditemukan

5 Cara untuk Mengolah Ide, Biar Gak Cuma Berhenti di Kepalapexels/ree

Ketika telah memperoleh satu ide, kita cenderung pasif dan terpaku pada ide yang ada. Sulitnya menemukan satu ide jadi sebab kita enggan mencari lebih banyak ide. Padahal, inspirasi bertebaran di sekitar kita dan menanti untuk dieksplorasi.

Agar tidak terjebak pada satu ide, cobalah isi waktu luang dengan membaca buku atau sekadar berjalan-jalan di luar rumah. Dari aktivitas sederhana inilah akan banyak ide baru bermunculan. Jangan lupa mencatat ide-ide yang sudah berhasil didapat agar tidak lupa.

3. Pilah dan pilih ide yang cocok, jangan takut membandingkan satu ide dengan ide lainnya

5 Cara untuk Mengolah Ide, Biar Gak Cuma Berhenti di Kepalapexels/startup-stock-photos

Setelah dapat ide yang banyak lalu muncul satu dilema, mau diapakan semua itu? Kita jadi takut mengolahnya lebih jauh lagi. Padahal, di titik seperti inilah kita perlu memilah ide yang cocok diterapkan.

Saat memilih jangan ragu membandingkan satu ide dengan yang lainnya. Dengan membandingkan ide-ide yang ada kita dapat menentukan yang sesuai. Bukan tidak mungkin dari yang awalnya membandingkan berujung pada peleburan ide yang punya nilai kuat.

Baca Juga: 5 Buku untuk Calon Millennials Preneur, Wajib Baca Sekali Seumur Hidup

4. Diskusikan ide dengan orang lain, saran dari mereka amatlah berarti

5 Cara untuk Mengolah Ide, Biar Gak Cuma Berhenti di Kepalapexels/cottonbro

Punya banyak ide kadang bikin serba salah. Selain takut ambil keputusan, kebanyakan ide juga bikin kita bingung harus pilih yang mana untuk dieksekusi. Daripada pusing sendiri ada baiknya meminta saran orang lain.

Kita dapat meminta pendapat dari teman, orang tua atau rekan kerja di kantor. Saran dari mereka bisa masuk pertimbangan dalam memutuskan ide yang perlu diterapkan. Kalau pun belum ada ide, pendapat mereka bisa kamu kembangkan sebagai sebuah ide yang layak diolah. Ingat, ide bisa didapat dari diskusi lho!

5. Mulai realisasikan ide dalam bentuk nyata. Kerjakanlah sedikit demi sedikit!

5 Cara untuk Mengolah Ide, Biar Gak Cuma Berhenti di Kepalapexels/kevinmenajang

Langkah selanjutnya setelah memilih ide yang tepat adalah merealisasikannya. Ini menjadi klimaks dari proses mengolah ide. Jangan tunda lagi supaya ide tidak terbuang sia-sia. Lakunkan dari hal-hal yang sederhana dahulu agar kita tetap konsisten dalam mengerjakannya.

Contohnya, kalau sudah mendapat ide menulis maka tahapan selanjutnya adalah mencatat beberapa poin yang hendak ditulis. Lalu, carilah sumber referensi untuk memperkuat tulisan. Barulah setelah itu kita menuliskan paragraf demi paragraf hingga menjadi karya yang dapat dimuat melalui media-media terpercaya, salah satunya lewat IDN Times.

Mengolah ide memang butuh waktu. Diperlukan kesabaran agar gagasan berbuah menjadi kesuksesan. Jangan pernah lelah berproses, kawan!

Baca Juga: Ide Kreatif dan Konsistensi Jadi Kunci Keberhasilan Penulis Sukses

Topic:

  • Dewa Putu Ardita Darma Putera
  • Pinka Wima

Just For You