Comscore Tracker

Gak Melulu Bikin Bosan, Ini 6 Kebaikan yang Bisa Didapat dari Menunggu

Menunggu tapi tak selamanya

Bagi sebagian orang menunggu adalah satu hal menjemukan. Ada banyak waktu terbuang menanti sesuatu yang bisa jadi tak datang pada kita. Rasa bosan pun mendera saat kita menunggu. Apalagi, bila hal yang ditunggu benar-benar tak jadi tiba hanya rasa sesal dan kecewa yang hadir setelahnya. Pastinya kamu sering mengalaminya dalam keseharian.

Namun, tak selamanya menunggu menghadirkan dampak buruk bagi kita. Ada beberapa kebaikan yang bisa dipetik dari kondisi seperti itu. Berikut ini ada enam kebaikan yang kamu bisa peroleh dari menunggu.

1. Melatih kesabaran

Gak Melulu Bikin Bosan, Ini 6 Kebaikan yang Bisa Didapat dari Menungguunsplash/landis_brown

Saat menunggu, waktu serta pikiran kita seolah fokus pada apa yang sedang dinanti. Tak jarang, jika waktu berlalu sangat cepat dan kita masih pada posisi menanti maka rasa resah pun muncul. Kita pun dibuat bimbang apakah tetap menunggu atau pergi berlalu. 

Kondisi bimbang yang dirasakan itulah yang sebenarnya mencoba menguji kita seberapa sabar diri menanti bahkan pada hal yang tak pasti. Jika kita memilih menanti bukan tidak mungkin kita akan mendapatkan apa yang diinginkan. Selain itu, dengan memilih menanti dirimu juga melatih sedikit demi sedikit rasa sabar meskipun mungkin hasil di depan mata tak sesuai dengan angan.

2. Menguji kesetiaan

Gak Melulu Bikin Bosan, Ini 6 Kebaikan yang Bisa Didapat dari Menungguunsplash/mihaisurdu

Selain kesabaran, menanti juga menguji seberapa setia kamu pada satu hal yang sedang dirimu tunggu. Rasa bosan yang makin menjadi adalah tantangan yang berupaya mengoyak kesetiaan yang dirimu telah pupuk. Jika tak mampu bertahan dari kebosanan itu bukan tak mungkin impian, asa atau bahkan cinta yang kamu harap gugur di tengah jalan.

3. Waktu untuk lakukan hal lain

Gak Melulu Bikin Bosan, Ini 6 Kebaikan yang Bisa Didapat dari Menunggupexels/olly

Menunggu bukan berarti kamu tak boleh melakukan aktivitas lain. Selagi menanti sesuatu yang akan hadir dalam hidup kamu bisa mengisi waktu yang kosong dengan aktivitas lain. Jika kamu sedang menunggu antrean belanja maka tak ada salahnya kamu mengisi waktu luang itu dengan membaca berita.

Atau, ketika menunggu waktu masuk sekolah maupun kuliah dirimu bisa menghabiskan waktu libur dengan berkunjung ke tempat-tempat wisata. Jadi, tak ada yang tersia-siakan selama kamu menunggu.

Baca Juga: Bosan, Hidup Kok Gitu Melulu? Ternyata 7 Kesalahan Ini Sebabnya

4. Beri kesempatan diri untuk merenung

Gak Melulu Bikin Bosan, Ini 6 Kebaikan yang Bisa Didapat dari Menunggupexels/minan1398

Waktu yang kamu habiskan untuk menunggu sejatinya juga jadi momen tepat untuk merenung. Dirimu dapat memikirkan kembali apa yang sudah kamu lakukan di waktu sebelumnya. Renungan-renungan yang hilir mudik dalam pikiranmu bisa jadi jawaban atas kegundahan yang belum sempat terjawab. Selain itu, lewat renungan dirimu bisa memperoleh cara untuk menyelesaikan masalah yang belum tuntas.

5. Celah untuk melihat sekitar

Gak Melulu Bikin Bosan, Ini 6 Kebaikan yang Bisa Didapat dari Menungguunsplash/williamrouse

Hidup manusia yang penuh sesak dengan kesibukan membuat kita seolah lupa bahwa ada banyak realita yang terus muncul di sekitar kita. Menunggu seolah membuka celah bagi diri untuk melihat apa yang sejatinya terjadi dan terus bergelut di sekitar kita.

Waktu yang dipergunakan untuk menunggu dapat kamu manfaatkan untuk melihat kejadian-kejadian di sekitar yang tak pernah terlihat bahkan terpikirkan. Dengan begitu, setidaknya rasa peka yang ada dalam diri bisa tumbuh dan bukan tidak mungkin dirimu bisa memberikan solusi atas masalah yang terlihat ketika menunggu.

6. Sumber datangnya inspirasi

Gak Melulu Bikin Bosan, Ini 6 Kebaikan yang Bisa Didapat dari Menunggupixabay/Pexels

Siapa bilang menunggu hanya soal rasa bosan dan melelahkan? Dari menunggu, kamu sebetulnya bisa menangkap banyak inspirasi. Hadirnya inspirasi dikala menanti bisa datang dari dalam dirimu yang memikirkan sesuatu. Tak hanya datang dari diri sendiri, inspirasi bisa kamu tangkap dari kondisi di sekitarmu selagi asyik menunggu.

Untuk itulah jangan sia-siakan kesempatan itu dengan mencatat inspirasi yang muncul. Bawalah selalu catatan kecil atau setidaknya manfaatkan fitur catatan yang tersemat di smartphone yang kamu punya. 

Ada banyak kebaikan yang ternyata bisa didapatkan selagi menunggu. Namun, perlu diingat bahwa setiap orang punya batasan untuk menunggu. Sama seperti lirik lagu milik Raisa, “Ku kan menunggu tapi tak selamanya,”.

Baca Juga: 6 Kesalahan yang Banyak Dilakukan Saat Menunggu Jodoh Tiba

Topic:

  • Dewa Putu Ardita Darma Putera
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya