Comscore Tracker

Gak Perlu Nunggu Kaya, 7 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Bantu Sesama

Menolong lah selagi kamu bisa

Sebagai makhluk sosial, manusia tak bisa hidup tanpa kehadiran orang lain. Hubungan antara satu orang dengan lainnya menjadikan hidup semakin berwarna. Salah satu cara untuk berinteraksi adalah dengan membantu mereka yang sedang kesusahan.

Namun, kadang kala ada saja hambatan yang membuat kita urung menolong, salah satunya karena uang yang tidak memadai. Padahal, kita bisa lho menolong sesama tanpa perlu mengeluarkan uang banyak. Berikut ini ada tujuh hal yang bisa dilakukan untuk meringankan beban orang lain tanpa harus keluarkan uang banyak.

1. Mendonasikan barang layak pakai

Gak Perlu Nunggu Kaya, 7 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Bantu Sesamapexels/paggiarofrancesco

Ketika sedang berada di rumah coba luangkan waktu untuk mengecek lemari pakaian. Adakah diantara seabrek baju atau celana yang kamu punya masih layak pakai tapi jarang dikenakan?

Jika ada maka tak ada salahnya untuk menyumbangkannya pada yang membutuhkan. Manfaatkan organisasi-organisasi kemanusiaan sebagai sarana untuk memberikan donasi pakaian agar dapat diterima secara tepat sasaran.

2. Menjadi relawan untuk sebuah organisasi

Gak Perlu Nunggu Kaya, 7 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Bantu Sesamaunsplash/rawpixel

Punya waktu luang kadang bikin kita bingung mau mengisinya dengan aktivitas seperti apa. Daripada dipakai hanya untuk bermalasan atau ke hal yang negatif lebih baik ikutlah menjadi relawan di sebuah organisasi.

Ada banyak organisasi yang punya program untuk membantu sesama di berbagai bidang. Kamu bisa pilih organisasi serta posisi sesuai dengan keterampilanmu. Jadi, waktu dan tenagamu tak terbuang sia-sia untuk hal tak perlu. 

3. Donor darah

Gak Perlu Nunggu Kaya, 7 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Bantu Sesamapixabay/rdelarosa0

Menolong orang lain juga bisa dilakukan dengan menyumbangkan darah kita. Selain menyelamatkan nyawa orang lain, ada banyak manfaat yang bisa didapat dari donor darah.

Tubuhmu akan menjadi sehat serta menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan kanker. Memang tak semua orang bisa mendonorkan darah maka disarankan untuk menghubungi Palang Merah Indonesia (PMI) untuk info lebih lanjut terkait syarat menjadi pendonor. 

Baca Juga: 5 Tips Ini Mantapkan Langkahmu Menjadi Relawan, Berani Coba Gak?

4. Donasi rambut untuk penderita kanker

Gak Perlu Nunggu Kaya, 7 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Bantu Sesamapexels/lorentzworks

Rambut adalah mahkota manusia yang membuat seseorang terlihat menarik. Tapi, dari rambut pula kamu bisa mendonasikannya pada mereka yang butuh. Yup, kamu bisa menyumbangkan rambut yang telah dicukur untuk dijadikan sebagai rambut palsu bagi penderita kanker.

Saat ini sudah banyak organisasi dalam maupun luar negeri yang mau menerima donasi rambut kita yang nantinya diolah menjadi rambut palsu. Kamu bisa memilih ke organisasi mana rambutmu akan disumbang dan pastikan memenuhi syarat yang ditetapkan agar tidak sia-sia.

5. Mengajar untuk anak-anak kurang mampu

Gak Perlu Nunggu Kaya, 7 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Bantu Sesamaunsplash/tribeshk

Berbuat baik juga bisa dilakukan dengan berbagi ilmu kepada orang lain utamanya pada anak-anak yang putus sekolah. Kamu bisa meluangkan waktu bergabung dalam sebuah komunitas untuk menjadi guru bagi anak-anak kurang mampu. Atau, kamu juga bisa lho membangun komunitas sendiri dan mengajak teman serta saudara untuk terlibat dalam kegiatan ini. 

6. Ikut serta dalam acara charity

Gak Perlu Nunggu Kaya, 7 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Bantu Sesamapixabay/morzaszum

Ikut serta dalam acara charity juga bisa jadi caramu membantu orang lain. Ada banyak kegiatan yang bisa kamu ikuti seperti jalan sehat bersama, fun bike, atau konser amal. Kamu bisa terlibat menjadi pengisi acara atau peserta dari acara charity. Selain membantu sesama, kamu juga bisa mengenal lebih banyak orang dan bukan tidak mungkin ada pihak yang mengajakmu masuk komunitas atau organisasi kemanusiaan.

7. Menjadi konselor ataupun pemberi doa baik untuk orang lain

Gak Perlu Nunggu Kaya, 7 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Bantu Sesamapexels/abel-tan-jun-yang

Setiap orang pasti punya masalahnya saat menjalani kehidupan. Untuk mengurangi beban yang dipikul kamu bisa membantunya menjadi konselor bagi mereka. Kamu bisa jadi teman curhat mereka dan memberikan saran serta semangat agar bisa keluar dari rasa putus asa.

Selain itu, kamu juga bisa lho menjadi pemberi doa baik buat mereka. Kamu dan orang yang dibantu pun akan semakin tenang hati dan pikirannya berkat doa baik yang kamu panjatkan kepada Sang Pencipta.

Menjadi pahlawan tak perlu membutuhkan uang yang banyak. Kamu bisa melakukannya dari hal yang kecil. Selama ada niat dan usaha kamu pasti bisa menolong sesama. Yuk, lakukan dari sekarang!

Baca Juga: Siapa Orang Paling Gak Disangka yang Akan Menolongmu?

Topic:

  • Dewa Putu Ardita Darma Putera
  • Pinka Wima

Just For You