Comscore Tracker

Jangan Urungkan Niat, 7 Kiat Ini Bantu Kamu Wujudkan Impian Hidup

Kejarlah impianmu selagi masih muda

Menjalani kehidupan sesuai dengan apa yang diinginkan memang menyenangkan. Namun, untuk mewujudkannya tak semudah membayangkan di angan-angan. Terkadang rasa lelah datang mendera membuatmu berniat mengurungkan niat menggapai harapan yang dirimu impikan.

Jika kamu saat ini mulai meletakkan mimpi di ujung jalan kepasrahan ada baiknya kamu menyimak tujuh kiat ini agar dirimu semakin terpacu menggapai impian hidup.

1. Kenali dirimu terlebih dahulu

Jangan Urungkan Niat, 7 Kiat Ini Bantu Kamu Wujudkan Impian Hiduppixabay/DanaTentis

Ketika ingin mewujudkan impian hidup hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah kenali dirimu. Kamu tak akan bisa menapaki jalan hidup yang ingin dirimu rintis kalau kamu sendiri tak ada niatan untuk menggali dirimu siapa.

Cobalah luangkan waktu sejenak untuk bertanya apa hobimu, kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki, apa yang menjadi keahlianmu selama ini, serta apa yang bisa membuatmu bahagia. Ini sangat berguna bagimu sebagai napak tilas awalmu menggapai impian hidup yang sudah diidamkan.

2. Perjelas pandangan hidup yang kamu jalani

Jangan Urungkan Niat, 7 Kiat Ini Bantu Kamu Wujudkan Impian Hidupunsplash/ewan121

Setelah kamu menggali tentang siapa dirimu, pijakan selanjutnya yang tak boleh dilewatkan adalah perjelas pandangan hidup. Pada tahap ini, kamu perlu kembali bertanya pada diri sendiri impian seperti apa yang ingin kamu wujudkan.

Jangan ragu menanyakan apa impianmu, bagaimana kamu melihat dirimu di masa depan, dengan siapa kamu ingin mewujudkan impian, dan apa yang kelak ingin kamu dapatkan dari mengikuti impian hidup yang telah kamu rangkai. Pertanyaan-pertanyaan semacam itu layak kamu utarakan sebagai penguat bahwa kamu tak main-main dengan impian yang sedang kamu bangun. Jika perlu, tuliskan semua jawaban itu pada sebuah buku yang kelak akan terus mengiringi perjalananmu menuju impian.

3. Buatlah peta hidup ala dirimu

Jangan Urungkan Niat, 7 Kiat Ini Bantu Kamu Wujudkan Impian Hiduppixabay/DariuszSankowski

Mengenali diri sendiri dan memperjelas pandangan hidup telah berhasil dilalui. Sampai di sini kamu tak boleh berhenti pada dua tahap itu. Kamu tak boleh ketinggalan merancang peta hidup yang disesuaikan pada apa yang telah dirimu peroleh di fase sebelumnya.

Layaknya merencanakan sebuah perjalanan ke tempat wisata, kamu perlu merunut tujuan mana yang perlu kamu realisasikan terlebih dahulu. Tak lupa kamu juga bisa menulis perihal keperluan yang dibutuhkan agar bisa mewujudkan impian-impian itu, berapa lama waktu yang diperlukan serta apa langkah selanjutnya setelah impian demi impian sudah berhasil terlampaui.

4. Selalu haus untuk tahu hal-hal baru

Jangan Urungkan Niat, 7 Kiat Ini Bantu Kamu Wujudkan Impian Hidupunsplash/anniespratt

Dalam pengembaraan menuju impian hidup pasti ada hal-hal baru dan menarik yang bisa dijumpai. Untuk itu, kamu perlu memaksimalkan dan berusaha mencari tahu hal-hal yang masih asing dalam hidupmu.

Selagi positif dan punya andil dalam kesuksesanmu di hari esok tak ada salahnya kamu menyerap serta mengaplikasikannya dalam keseharian. Siapa tahu, hal baru itu akan memudahkanmu menapaki impian hidupmu.

Baca Juga: 7 Resep Ini Jadi Rahasia Sukses Meniti Karier di Usia 23 Tahun

5. Tak kenal lelah mencoba dan mencoba

Jangan Urungkan Niat, 7 Kiat Ini Bantu Kamu Wujudkan Impian Hidupunsplash/josealjovin

Hidup tak lengkap rasanya bila tidak melakukan sesuatu. Kamu perlu mencoba apa yang sudah didapat selama penjelajahan hidupmu selama ini. Kalau masih berjumpa dengan kesalahan dan kegagalan tak perlu bermuram durja.

Kamu perlu terus mencoba dan mencoba tanpa kenal letih. Dengan begitu, kemampuan dan daya tahan semangatmu akan makin terasah walau waktu semakin bertambah usianya.

6. Ciptakan kata motivasi untuk diri sendiri

Jangan Urungkan Niat, 7 Kiat Ini Bantu Kamu Wujudkan Impian Hiduppixabay/rawpixel

Siapa bilang hanya motivator atau orang terkenal saja yang bisa menciptakan kata motivasi? Kamu sendiri pun juga bisa membuatnya. Kata motivasi yang kamu ciptakan sendiri jauh lebih bermakna karena didasarkan pada kejadian yang telah dilewati.

Kata motivasi ini akan menjadi bahan bakar buatmu jika pada satu waktu dirimu kehabisan semangat menggapai impian. Kamu bisa tempatkan kata motivasi itu di dinding kamar, buku harian atau jadi wallpaper gadget yang kamu punya.

7. Selalu ingat pada mereka yang kamu kasihi

Jangan Urungkan Niat, 7 Kiat Ini Bantu Kamu Wujudkan Impian Hiduppixabay/trevoykellyphotography

Pengembaraan hidup yang kamu jalani ini tak hanya melibatkan dirimu seorang. Ada banyak orang yang pasti mengiringi dalam setiap langkah suksesmu. Orang tua, saudara dan para sahabat jadi pendukung setiamu di kala senang atau susah. Jangan pernah sekalipun kamu lupa atas pemberian cinta kasih mereka pada dirimu.

Kamu juga tak boleh lupa pada nikmat yang diberikan oleh Sang Pencipta. TanpaNya, kamu tak akan bisa menempuh penjejalahan hidup seperti saat ini.

Penjelajahan hidup memang menghadirkan banyak lika-liku. Namun, jangan sampai kamu urungkan niat hanya karena ada kesusahan di tengah perjalanan. Tetaplah selalu bersemangat dan bergembira menggapai impian hidup.

Baca Juga: Bahagia Itu Sederhana, Ini 7 Keuntungan Rajin Menulis Catatan Harian

Topic:

  • Dewa Putu Ardita Darma Putera
  • Pinka Wima

Just For You